Cara Membersihkan Tabung Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Awet Dipakai, Tanpa Dibongkar

Sabtu 21-09-2024,15:58 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang selalu dipakai untuk mencuci pakaian yang kotor.

Supaya merek mesin cuci terbaik bisa tahan lama, kamu perlu membersihkan dan merawatnya dengan rutin, termasuk juga kamu bersihkan tabung mesin cuci.

Namun, tidak sedikit orang yang tidak melakukan pembersihan pada tabung merek mesin cuci terbaik. Salah satu alasannya yaitu karena merasa tidak terlalu perlu untuk dibersihkan.

Padahal, tabung merek mesin cuci terbaik bisa menampung sangat banyak endapan kotoran dan residu dari proses pencucian, khususnya di bagian bawah tabungnya.

Maka dari itu, kamu jangan sampai lewatkan proses ini. Kamu tidak perlu sampai membongkar merek mesin cuci terbaikmu yang ada di rumah kamu untuk membersihkan tabungnya.

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Dalam Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Agar Bersih dan Awet

BACA JUGA : Cara Mencuci Jeans Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Berikut cara membersihkan tabung mesin cuci :

1. Pakai cairan pembersih khusus mesin cuci

Terdapat beberapa jenis cairan pembersih yang khusus dipakai untuk membersihkan mesin cuci yang terjual di pasaran. Pastikan kamu memilih cairan pembersih yang aman dan sesuai merek dan jenis mesin cuci kamu.

2. Bersihkan bagian dalam tabung mesin cuci menggunakan lap

Setelah kamu memilih cairan pembersih, kemudian kamu masukkan beberapa tetes ke tabung mesin cuci, kemudian lap di bagian dalam tabungnya menggunakan lap yang lembut.

3. Pakai sikat untuk membersihkan noda membandel

Apabila ada noda yang membandel yang sulit untuk dihilangkan menggunakan lap. Kamu bisa gunakan sikat yang lembut untuk membersihkannya.

4. Bersihkan pintu mesin cuci

Jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian pintu mesin cuci menggunakan lap yang lembut dan cairan pembersih. Pastikan tidak terdapat sisa - sisa cairan pembersih ataupun kotoran yang masih terjebak di pintu mesin cuci.

BACA JUGA : Cara Mencuci Tas Ransel Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Penggunaan Merek Mesin Cuci Terbaik Modern Dengan Fitur Canggih Agar Tidak Rusak

5. Bilas dengan air bersih

Setelah tabung mesin cuci selesai kamu bersihkan menggunakan lap dan cairan pembersih. Kemudian kamu bilas di bagian dalam tabungnya dengan menggunakan air yang bersih untuk menghilangkan sisa dari cairan pembersih.

6. Keringkan pakai lap atau kain bersih

Setelah kamu membilas di bagian dalam tabung merek mesin cuci terbaik, kemudian kamu keringkan dengan menggunakan lap atau kain yang bersih supaya tidak ada air yang masih tersisa di dalam tabung mesin cuci.

7. Pakai air hangat

Apabila kamu menghadapi noda yang kondisinya sangat membandel, kamu bisa gunakan air yang hangat untuk membersihkan noda tersebut. Tetapi, pastikan kamu tidak memakai air yang terlalu panas, sebab hal itu bisa merusak tabung mesin cuci.

8. Bersihkan filter

Sebelum kamu membersihkan tabung mesin cuci, kamu harus pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan filter mesin cuci. Filter mesin cuci yang kondisinya kotor bisa berpengaruh pada kinerja mesin cuci dan juga berpengaruh pada kebersihan dari pakaian yang dicuci di dalamnya.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Lemon

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Karat Di Merek Mesin Cuci Terbaik

9. Pakai sikat gigi bekas

Apabila kamu tidak mempunyai sikat yang khusus untuk dipakai membersihkan mesin cuci, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tak dipakai untuk membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci dan di bagian yang lainnya.

10. Jangan menggunakan pemutih

Hindari pemakaian pemutih ataupun produk pembersih yang berbasis klorin, sebab hal itu bisa merusak mesin cuci kamu dan membuat mesin cuci jadi cepat rusak.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan tabung merek mesin cuci terbaik agar awet digunakan tanpa perlu membongkarnya. Semoga bermanfaat.

Kategori :