Tips Mencuci Pakaian Dalam Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Agar Bersih dan Awet

Jumat 20-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik biasa kita gunakan untuk membersihkan pakaian kotor sehari-hari, dari mulai baju, celana, jaket, sprei, hingga pakaian dalam.

Namun masing-masing dari mereka memiliki aturan pencuciannya agar tidak merusaknya. Seperti cara pencucian pakaian dalam di merek mesin cuci terbaik.

Banyak orang yang penasaran tentang cara mencuci pakaian dalam yang benar di merek mesin cuci terbaik. Sebab, jika salah teknik mencucinya bisa merusak pakaian dalam tersebut.

Jadi, penting bagi kamu untuk mengetahu dan memahami cara mencuci pakaian dalam dengan benar menggunakan merek mesin cuci terbaik.

BACA JUGA : Cara Mencuci Jeans Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

BACA JUGA : Cara Mencuci Tas Ransel Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut ini cara untuk mencuci pakaian dalam pakai mesin cuci :

1. Pisahkan pakaian berdasarkan jenisnya

Pakaian dalam dipisahkan terlebih dahulu antara yang memiliki warna terang dan pakaian dalam yang warnanya gelap atau hitam. Pakaian yang bahannya berbeda harus kamu pisahkan, seperti kain sutra dan kain katun.

2. Perhatikan label perawatan

Sebelum mencuci, bacalah label perawatan yang tertera di pakaian dalam. Beberapa pakaian mungkin harus dicuci menggunakan air dingin, sedangkan yang lainnya mungkin harus dicuci dengan air yang hangat atau bahkan air yang panas. Pastikan kamu mengikuti petunjuk di label perawatan.

3. Jangan terlalu memadati mesin cuci

Jangan terlalu banyak mencuci pakaian dalam di satu waktu. Sebab mesin cuci mungkin tidak bisa membersihkan pakaian secara benar. Hal itu bisa menyebabkan kerusakan di mesin cuci itu sendiri.

4. Gunakan deterjen yang tepat

Deterjen yang kamu gunakan harus sesuai untuk jenis dari pakaian dalam yang kamu cuci. Ikutilah petunjuk pemakaian deterjen yang ada pada kemasannya. Jangan kamu gunakan deterjen terlalu banyak sebab hal ini bisa mengakibatkan residu yang tertinggal di pakaian dalam.

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Berkancing Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Aman Mencuci Sprei Di Merek Mesin Cuci Terbaik, Dijamin Bersih Wangi

5. Hindari pemutih

Jangan memakai pemutih atau bahan pembersih berbasis klorin untuk pakaian dalam yang dicuci di merek mesin cuci terbaik. Sebab kebiasaan ini bisa merusak serat kainnya.

6. Jangan terlalu lama mengeringkan

Jangan kamu keringkan pakaian dalam dalam waktu terlalu lama sebab bisa membuat kain jadi keras atau bahkan rusak. Lebih baik kamu jemur pakaian dalam secara langsung di bawah sinar matahari atau kamu keringkan di mesin pengering pada suhu yang rendah.

7.  Bersihkan mesin cuci secara teratur

Kamu jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci dengan teratur agar mesin cuci tercegah dari timbulnya bau yang tidak sedap ataupun tumbuhnya bakteri dan jamur.

Kamu bisa bersihkan mesin cuci dengan cara mencucinya menggunakan air panas dan pakai cuka atau pakai larutan pembersih khusus untuk mesin cuci.

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Portable

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Noda Karat Di Merek Mesin Cuci Terbaik

8. Gunakan jaring pencuci

Apabila pakaian dalam kamu terbuat dari bahan kain yang sensitif atau mempunyai aksesori seperti kawat bra, kamu bisa memakai jaring pencuci khusus. Hal ini bertujuan untuk menjaga pakaian agar kondisinya tetap utuh dan tidak rusak ketika proses pencucian.

9. Periksa pakaian sebelum mencuci

Cek pakaian dalam kamu sebelum mencucinya guna memastikan tidak terdapat benda asing seperti klip atau uang koin yang masih tertinggal di dalam saku atau tersembunyi di lipatan pakaian. Sebab hal itu bisa membuat mesin cuci dan pakaian jadi rusak.

10. Jangan mengeringkan dengan suhu tinggi

Beberapa dari jenis kain pakaian dalam, seperti spandex dan sutra, bisa rusak apabila dijemur atau dikeringkan pada suhu yang tinggi.

Pastikan kamu mengikuti petunjuk di label perawatan dan memakai suhu yang rendah di mesin pengering apabila diperlukan.

11. Pakaian dalam jangan dicuci dengan pakaian lain

Pakaian dalam jangan dicuci bersamaan dengan pakaian lain, terutama pakaian yang bahannya kasar seperti handuk atau jeans. Hal itu bisa dapat membuat pakaian dalam rusak dan mengurangi usia pakainya.

BACA JUGA : Tips Mencuci Dan Mengeringkan Sepatu Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cepat

12. Gunakan penghilang noda jika diperlukan

Apabila terdapat noda di pakaian dalam, pakai penghilang noda yang sesuai jenis noda tersebut dan sesuai dengan kain pakaian dalam. Kamu dapat mencuci noda secara terpisah sebelum kamu mencuci secara menyeluruh.

Itulah beberapa tips mencuci pakaian dalam di merek mesin cuci terbaik agar bersih dan awet. Semoga bermanfaat.

Kategori :