Tips Mencuci Dan Mengeringkan Sepatu Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Jumat 20-09-2024,08:09 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Mencuci sepatu di merek mesin cuci terbaik bisa menjadi solusi yang praktis dan cepat untuk membersihkan sepatu kamu yang kotor.

Tetapi, jika mencuci sepatu di merek mesin cuci terbaik tidak dilakukan dengan cara yang benar, maka mesin cuci bisa merusak sepatu kamu.

Dengan mengikuti tips yang benar, kamu bisa mencuci dan mengeringkan sepatu menggunakan merek mesin cuci terbaik secara aman dan efektif.

Pastikan kamu selalu perhatikan label perawatan yang ada di sepatu dan ikuti instruksi yang benar untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sepatu kamu.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Menampung Air

Berikut ini tips mencuci sepatu dan mengeringkannya dengan mesin cuci :

1. Cek label perawatan sepatu

Sebelum kamu melakukan pencucian sepatu dengan memakai mesin cuci, pastikan kamu untuk mengecek label perawatan yang ada di sepatu kamu.

Mungkin ada beberapa sepatu yang tidak cocok untuk dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Apabila terdapat instruksi yang khusus di label perawatan sepatu, kamu harus mengikuti instruksi tersebut.

2. Bersihkan sepatu terlebih dahulu

Sebelum sepatu kamu cuci di dalam mesin cuci, pastikan kamu untuk membersihkan sepatu yang hendak dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan sikat yang lembut atau kain yang basah.

Hal itu akan membantu kamu dalam menghilangkan kotoran yang ada di sepatu kamu, sehingga mesin cuci kamu jadi tidak perlu menggosok sepatu yang hendak dicuci dengan sangat kuat.

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Berkancing Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengalir

3. Pakai tas jaring untuk mencuci sepatu

Agar sepatu kamu terlindung dari dari goyangan yang ditimbulkan mesin cuci, kamu bisa pakai tas jaring ataupun kantong jaring yang khusus dirancang untuk dipakai mencuci sepatu.

Hal itu akan membantu kamu dalam mencegah sepatu yang tergores ataupun terlipat ketika sepatu sedang dicuci di dalam mesin cuci.

4. Pakai deterjen yang lembut

Sebaiknya kamu pilih deterjen yang lembut dan juga tidak ada kandungan pemutih atapun kandungan pewangi yang kuat. Ada banyak merek deterjen  yang ada terjual di pasaran yang khusus untuk dipakai mencuci sepatu.

Jangan sampai kamu memakai deterjen dengan jumlah yang terlalu sedikit ataupun jumlah yang terlalu banyak. Lebih baik kamu mengikuti petunjuk dosis yang ada pada kemasan deterjen.

BACA JUGA : Tips Menguras Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Membersihkannya Tanpa Dibongkar

BACA JUGA : Bahaya Mematikan Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Paksa

5. Pilih siklus cuci yang tepat

Pilihlah siklus pencucian yang tepat di merek mesin cuci terbaik kamu. Biasanya, siklus pencucian yang lembut ataupun siklus pencucian yang ringan menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan mencuci sepatu.

Jangan sampai kamu gunakan siklus pencucian yang kuat ataupun siklus panas, sebab hal itu bisa membuat sepatu kamu jadi rusak.

6. Sepatu jangan dikeringkan dalam mesin pengering

Walaupun mesin pengering pada merek mesin cuci terbaik bisa menjadi cara yang cepat untuk mengeringkan sepatu, tetapi sebaiknya kamu jangan menggunakan mesin pengering untuk sepatu.

Karena, panas dan goyangan yang dihasilkan oleh mesin pengering dapat merusak sepatu. Namun sebaliknya, sepatu lebih baik kamu biarkan mengering dengan sendirinya atau secara alami.

Setelah sepatu dicuci, taruh sepatu di tempat yang kondisinya sejuk dan kering, serta jangan sampai sepatu terkena paparan langsung oleh sinar matahari.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Yang Salah, Begini Solusinya

BACA JUGA : Cara Mencuci Guling Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Beberapa alasan sepatu harus dicuci dengan teratur :

1. Menghilangkan bau tidak sedap

2. Menjaga kesehatan kulit kaki

3. Memperbaiki tampilan sepatu

4. Membantu menjaga kualitas sepatu

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mencuci dan juga mengeringkan sepatu di merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :