Cara Menghilangkan Noda Karat Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Jumat 20-09-2024,08:08 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik juga bisa berisiko berkarat, meskipun terbuat dari logam yang mengandung besi. Apalagi jika mesin cuci sering terpapar dengan kelembapan dan air.

Apabila kamu melihat noda karat pada merek mesin cuci terbaik kamu, sebaiknya kamu tidak membiarkan noda karat tersebut dengan begitu saja.

Hal itu karena, noda karat yang ada di merek mesin cuci terbaik bisa bergesekan dengan pakaian yang dicuci di dalam mesin cuci dan bisa menjadi penyebab korosi yang makin parah.

Daya tahan merek mesin cuci terbaik dalam jangka waktu yang panjang juga bisa terpengaruh. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab mengatasi mesin cuci yang berkarat tidak perlu memanggil teknisi.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Menampung Air

Berikut ini cara -cara untuk menghilangkan noda karat di mesin cuci :

1.    Noda karat bagian dalam

Cara paling sederhana dan juga hemat biaya untuk mengatasi noda karat yang ada di dalam mesin cuci salah satunya yaitu dengan memakai jus lemon atau cuka.

Sebab, tingkat keasamannya, jus lemon  atau cuka bisa memecah senyawa besi oksida yang jadi penyebab munculnya karat. Cuka dan jus lemon bisa melarutkan senyawa besi yang ikut berkontribusi di proses pengaratan.

Cara menghilangkan noda tersebut yaitu cukup dengan memasukkan jus lemon sebanyak 2 cangkir ke dalam mesin cuci, lalu selesaikan siklus pencucian tanpa pakaian (kosong).

Jika kamu memakai cuka suling putih, beri sebanyak 2 cangkir. Kemudian kamu biarkan selama 1 jam, lalu kamu masukkan mesin lewat siklus pencucian yang penuh tanpa pakaian.

BACA JUGA : Penyebab Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengalir

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Berkancing Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Apabila kamu sudah mencoba kedua cara ini, tapi kamu masih menjumpai noda karat di pakaian, mungkin masalah karat tidak hanya ada di dalam mesin cuci tapi juga di pipanya.

Hal itu berlaku untuk rumah yang memakai pipa yang berbahan besi galvanis. Jika ada karat di pipa yang memasok air mesin cuci, lebih baik kamu ganti pipa tersebut.

2.   Noda karat bagian luar

Apabila tidak segera ditangani, maka karat ini bisa merusak logam yang berperan sangat penting untuk fungsi dari merek mesin cuci terbaik.

Sama halnya seperti bintik karat di mobil, kamu bisa mengikuti langkah menghilangkan noda karat ini dengan cara mengampelas, mengisi, serta melapisi karat.

BACA JUGA : Tips Menguras Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Membersihkannya Tanpa Dibongkar

BACA JUGA : Bahaya Mematikan Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Paksa

Berikut langkah-langkahnya :

1. Semprot larutan air dan cuka satu per satu pada area permukaan yang ada karat, biarkan agar karat larut dalam waktu selama 5 menit, dan bersihkan menggunakan lap atau kain. Sebagai alternatif, kamu dapat menghilangkan noda memakai campuran air dan soda kue.

2. Pakai amplas yang basah dan kering 150-grit guna mengampelas karat di bagian mesin yang terkorosi. Apabila ini tidak lagi efektif, kamu bisa pakai pelarut karat guna mengatasi sisa - sisa makanan. Ikutilah petunjuk untuk produk, kemudian bersihkan.

3. Isi area yang sudah terkikis karat.

Siapkan pengisi bodi mobil, campurkan dengan pengeras, kemudian aplikasikan secara halus dengan memakai pisau dempul plastik. Agar hasilnya lebih halus, ratakan menggunakan amplas sebelum mengeras.

4. Pakai primer penghambat karat untuk area yang terpapar, sebelum kamu melapisinya dengan enamel yang sudah disesuaikan dengan warna dari peralatan.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Yang Salah, Begini Solusinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bunyi Kasar, Berikut Cara Memperbaikinya

Pastikan kamu mengecek dengan produsen mesin cuci untuk mengetahui apakah mereka bisa memberikan enamel secara tepat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda karat di merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :