Tips Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Cepat

Jumat 20-09-2024,08:05 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Meski fungsi merek mesin cuci terbaik yaitu untuk membersihkan pakaian yang kotor, bukan berarti mesin cuci itu sendiri tidak bisa kotor.

Merek mesin cuci terbaik juga bisa kotor, bahkan bisa mengandung bakteri serta kuman. Oleh karena itu, secara rutin mesin cuci kamu perlu untuk dibersihkan.

Dengan memakai bahan alami ini, kamu dapat mengatasi kotoran yang ada di mesin cuci tanpa harus membongkarnya terlebih dahulu.

Membersihkan merek mesin cuci terbaik dibedakan dari jenis mesin cucinya. Jika mesin cuci kamu model bukaan depan, maka cara pembersihannya akan berbeda dengan mesin cuci yang model bukaan atas.

BACA JUGA : Cara Mudah Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bau, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Menampung Air

Berikut tips untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan :

Mesin cuci model ini bisa kamu bersihkan tiap sebulan sekali. Berikut beberapa bahan yang dibutuhkan :

- 1/4 gelas air

- 2 gelas cuka putih 8 ons

- 1/4 cangkir soda kue

Apabila bahan-bahan tersebut sudah siap, lalu kamu campurkan soda kue ke dalam air, kemudian kamu ikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Lepaskan atau angkat paking karet yang menutup pintu bagian depan mesin cuci, kemudian kamu lap bersih menggunakan kain yang lembap.

Selanjutnya, hal yang sama kamu lakukan juga untuk pintu dan juga drum di bagian dalam mesin cuci. Langkah ini gunanya yaitu untuk menghilangkan seluruh kotoran ataupun debu di permukaan. Apabila melepas paking, pastikan kamu segera menggantinya.

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Berkancing Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengalir

2. Tuang campuran air/soda kue dalam wadah detergen mesin cuci. Ambil cuka lalu langsung tuangkan ke dalam drum mesin cuci. Lalu, mulai siklus pencucian yang normal. Air yang dipakai sebaiknya air yang panas dan bukan air dingin.

3. Sementara itu, bagian atas, depan, dan samping mesin cuci kamu bersihkan dengan menggunakan campuran cuka dan air hangat.

Cuka menjadi bahan pengganti yang sangat baik untuk pembersih yang berbahan kimia berbahaya dan bisa kamu pakai untuk membersihkan peralatan elektronik yang lainnya, seperti microwave.

4. Setelah siklus pencucian sudah selsai, lanjut untuk bersihkan pada bagian dalam mesin cuci menggunakan spons yang basah atau menggunakan sabut baja.

Jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian sudut dalam mesin cuci dan celah mesin cuci yang tidak bisa terjangkau oleh mesin cuci.

BACA JUGA : Tips Menguras Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Membersihkannya Tanpa Dibongkar

BACA JUGA : Bahaya Mematikan Merek Mesin Cuci Terbaik Secara Paksa

Kamu juga bisa membersihkan wadah deterjen. Ketika kamu sudah yakin semuanya sudah bersih, keringkan semua alat dengan menyeluruh sebelum kembali digunakan.

Berikut cara membersihkan merek mesin cuci terbaik bukaan atas :

Mesin cuci ini bisa dibersihkan menggunakan pemutih non-klorinasi sebab biasanya dibuat dari bahan pengoksidasi alternatif, seperti hidrogen peroksida.

1. Mulai dengan menyetel mesin cuci dalam suhu yang paling panas, untuk kapasitas paling tinggi dan siklus pencucian paling lama.

Berikutnya, kamu beri cuka putih sebanyak 4 cangkir atau pemutih ke dalam air yang panas ketika dituang ke dalam mesin cuci. Tutup penutupnya dan agitator dibiarkan mencampur semuanya dalam waktu beberapa menit.

2.  Apabila kamu tidak ingin mesin cuci kamu menyelesaikan semua siklus, kamu bisa membuka tutupnya dan jeda mesin sesudah beberapa menit. Kamu akan melihat kalau drum mesin cuci harusnya cukup penuh dengan air cuka panas saat ini.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Yang Salah, Begini Solusinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor Bagian Bawah, Begini Cara Mengatasinya

Campuran tersebut dibiarkan dan rendam sebentar saja sebab perlahan-lahan akan menghancurkan semua bakteri dan jamur yang terperangkap dan bersembunyi di sudut dan juga di celah mesin cuci.

3.  Setelah sekitar 1 jam,  kemudian kamu tutup dan biarkan prosesnya samapai selesai. Apabila mesin cuci masih bau setelahnya, maka jangan ragu untuk kamu jalankan siklus ynag lain atau ulangi proses tersebut hingga setiap lubang, selang, dan sudut kondisinya bersih dan kering.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik secara cepat. Semoga bermanfaat.

Kategori :