Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Menampung Air

Kamis 19-09-2024,08:51 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Mungkin kamu pernah mengalami situasi yang membingungkan saat merek mesin cuci terbaik di rumah kamu tiba-tiba tidak dapat menampung air.

Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu alat paling penting untuk kegiatan mencuci pakaian, namun saat masalah seperti itu terjadi, bisa membuat penggunanya frustrasi dan akan mengganggu rutinitas harian kamu.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan merek mesin cuci terbaik tidak mampu untuk menampung air dengan baik. Penting bgai kamu untuk mengetahu berbagai macam faktor tersebut.

Dengan kamu memahami penyebab masalahnya, kamu akan mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang kemungkinan terjadi dan langkah apa yang bisa diambil untuk memperbaiki masalah tersebut.

BACA JUGA : Penyebab Air Di Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mengalir

BACA JUGA : Tips Menguras Merek Mesin Cuci Terbaik Dan Membersihkannya Tanpa Dibongkar

Berikut hal-hal yang menyebabkan mesin cuci tidak dapat menampung air :

1. Katup Pengisian Air yang Rusak

Katup pengisian air berguna mengontrol aliran air yang masuk pada mesin cuci. Apabila katup tersebut mengalam kerusakan atau terblokir, maka akan membuat air tidak bisa masuk dalam mesin cuci dengan baik.

Kemungkinan terdapat kotoran ataupun kerak yang membuat katup ini tersumbat, atau di bagian dalam katup ada yang rusak. Jadi, katup perlu diganti supaya air dapat mengalir secara lancar ke dalam mesin cuci.

2. Selang Air Terlipat atau Terjepit

Cek selang air yang menghubungkan antara mesin cuci dan keran air. Apabila selang ini kondisinya terlipat ataupun terjepit, maka aliran air akan terhambat dan mengakibatkan adanya masalah dalam pengisian air. Pastikan kalau selang air ada di posisi yang bebas dan tidak terjadi pembatasan yang membuat aliran air terhalang.

3. Filter Air Tersumbat

Pada umumnnya mesin cuci sudah dibekali filter air yang berguna mencegah kotoran dan juga partikel - partikel yang lainnya masuk ke dalam mesin cuci.

Apabila filter tersebut tersumbat, maka akan membuat aliran air terhambat atau bisa juga terblokir sepenuhnya. Cek filter air dan bersihkan bila diperlukan atau kamu ganti yang baru.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Engsel Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Kerak Membandel Di Merek Mesin Cuci Terbaik

4. Pompa Pembuangan Air yang Rusak

Setelah kamu selesai mencuci pakaian, mesin cuci harus membuang air yang kotor lewat pompa pembuangan air. Apabila pompa ini ondisinya rusak atau ada sesuatu yang menghalanginya, maka air yang kotor tidak akan dapat keluar dari dalam mesin cuci, sehingga membuat mesin cuci tidak bisa menampung air yang baru.

Cek pompa pembuangan air dan pastikan kalau tidak terdapat kerusakan ataupun benda asing yang membuat aliran air jadi terhalangi.

5. Sensor Level Air Bermasalah

Sensor level air yang ada di mesin cuci berguna untuk mendeteksi tingkat air yang ada pada tabung mesin cuci. Apabila sensor ini rusak atau ada gangguan, maka mesin cuci kemungkinan tidak bisa mengetahui kapan waktunya harus mengisi air atau kapan berhenti mengisi air.

Pada akhirnya membuat mesin cuci tidak dapat menampung air secara benar. Coba kamu cek sensor level air dan pastikan kalau tidak ada yang rusak atau koneksi yang terlepas.

BACA JUGA : Cara Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Yang Salah, Begini Solusinya

BACA JUGA : Cara Mencuci Guling Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

6. Sistem Kontrol Elektronik Bermasalah

Di beberapa merek mesin cuci terbaik, masalah yang terjadi di dalam sistem kontrol elektronik bisa menajdi penyebab pengisian air bermasalah.

Apabila terjadi kerusakan ataupun gangguan di bagian ini, maka mungkin mesin cuci tidak akan mengirim sinyal dengan benar untuk mengisi air. Pada hal ini, dibutuhkan bantuan dari teknisi yang sudah profesional untuk menangani masalah tersebut.

7. Sumber Air Bermasalah

Terkadang masalah bukan ada pada mesin cuci itu sendiri, namun pada sumber air yang dipakai. Pastikan kalau keran air terbuka secara sempurna dan aliran airnya stabil.

Kamu cek juga tekanan air yang cukup guna mengisi mesin cuci dengan baik. Apabila tekanan airnya terlalu rendah, maka kemungkinan mesin cuci kamu tidak dapat menampung air dengan baik.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bunyi Kasar, Berikut Cara Memperbaikinya

BACA JUGA : Cara Memasang Tali Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik

Apabila kamu sudah mengecek dan mengevaluasi seluruh kemungkinan tersebut tapi masih tidak bisa menemukan penyebab dari masalahnya, disarankan kamu hubungi teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman.

Mereka bisa melakukan pemeriksaan secara lebih lanjut dan melakukan perbaikan yang dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi dari pengisian air pada mesin cuci kamu.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab merek mesin cuci terbaik tidak dapat menampung air. Semoga bermanfaat.

Kategori :