Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Air Tidak Keluar, Ini Solusinya

Selasa 17-09-2024,09:22 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu perangkat yang sangat membantu kita dalam mencuci pakaian sehari-hari dalam rumah tangga dengan efisien.

Tetapi, kadang kala kita mengalami sebuah masalah di mana merek mesin cuci terbaik berputar tetapi air tidak mau keluar. Hal itu bisa menjadi keadaan yang sangat membingungkan dan juga mengganggu.

Dalam mengatasi masalah pada pengering merek mesin cuci terbaik yang berputar namun air tidak keluar, penting bagi kamu untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin pada mesin cuci.

Bersihkan dengan teratur filter mesin cuci, jangan memasukkan benda asing ke dalam merek mesin cuci terbaik, dan perhatikan beberapa tanda kerusakan di komponen utama.

Dengan kamu melakukan tindakan pencegahan secara tepat, kamu bisa mempertahankan kinerja optimal dari merek mesin cuci terbaik kamu dan menghindari dari masalah semacam ini di masa mendatang.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Deterjen Cair Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Merusaknya

BACA JUGA : Cara Memasang Tali Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut beberapa penyebab pengering mesin cuci berputar tapi air tidak keluar beserta solusinya :

1. Saluran Pembuangan Tersumbat

Saluran pembuangan yang sudah tersumbat menjadi salah satu sebab mengapa air tidak mau keluar dari mesin cuci. Apabila saluran pembuangan tersumbat, air yang harusnya keluar dari mesin cuci tidak bisa mengalir secara lancar.

Hal itu bisa disebabkan karena adanya penumpukan serpihan kain, kotoran ataupun benda asing yang lainnya di dalam saluran.

Solusinya :

Cek saluran pembuangan dan bersihkan apabila ada penyumbatan. Pakai sarung tangan karet untuk menghilangkan benda asing ataupun kotoran yang kemungkinan ada di saluran.

Apabila penyumbatan terjadi di pipa yang posisinya lebih jauh, mungkin kamu perlu memakai alat pembersih pipa atau kamu bisa panggil tukang ledeng untuk membantu kamu membersihkannya.

BACA JUGA : Tips Ampuh Menghilangkan Jamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Ketika Sedang Digunakan

2. Filter Penyaring Tersumbat

Mesin cuci sudah dibekali filter penyaring yang tujuannya yaitu menangkap kotoran serta serpihan berukuran kecil yang mungkin terbawa pada saat mencuci pakaian.

Apabila filter penyaring tersebut sudah tersumbat, maka akan membuat aliran air terhambat dan tidak bisa keluar secara lancar.

Solusinya :

Cek filter penyaring dan bersihkan apabila kamu temukan adanya penyumbatan. Filter penyaring biasanya bisa kamu temukan di bagian belakang pada mesin cuci atau di bagian dalam saluran pembuangan. Lepas filter, lalu bersihkan dari kotoran, kemudian pasang kembali secara benar.

3. Pompa Air Rusak

Pompa air merupakan komponen dalam mesin cuci yang bertugas memompa air keluar dari mesin. Apabila pompa air tersebut rusak ataupun tidak dapat berfungsi dengan baik, maka air tidak akan bisa dikeluarkan meski mesin cuci bisa berputar.

Solusinya :

Cek pompa air dan Cek apakah terdapat kerusakan ataupun tanda keausan. Apabila pompa air sudah rusak, maka kamu perlu mengganti yang baru.

Penting bagi kamu untuk menghubungi teknisi berpengalaman atau pusat layanan resmi dari mesin cuci kamu untuk memperoleh bantuan lebih lanjut.

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Jika Kelebihan Muatan

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mati Total, Begini Solusinya

4. Masalah pada Klep Pengisian

Klep pengisian bertanggung jawab mengontrol aliran air yang masuk ke dalam mesin cuci. Apabila klep pengisian ini tidak dapat berfungsi dengan baik, maka akan mengakibatkan air tidak keluar ketika mesin cuci berputar.

Solusinya :

Cek klep pengisian dan pastikan bahwa tidak terdapat kerusakan ataupun penyumbatan. Apabila ada masalah pada klep pengisian, maka kamu perlu menggantinya dengan klep baru.

Lebih baik kamu minta bantuan teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman atau bantuan dari  pusat layanan resmi mesin cuci kamu.

5. Masalah pada Timer atau Kontrol Elektronik

Apabila mesin cuci berputar namun air tidak keluar, kemungkiann terdapat masalah pada timer ataupun kontrol elektronik.

Komponen ini akan mengatur berbagai macam fungsi dari merek mesin cuci terbaik, termasuk juga aliran air. Apabila terdapat kerusakan dengan timer atau kerusakan kontrol elektronik, maka aliran air bisa terganggu.

Solusinya :

Apabila kamu mencurigai adanya masalah timer atau kontrol elektronik, lebih baik kamu hubungi teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman untuk mengecek dan memperbaikinya.

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Tempat yang Terkena Sinar Matahari, Berikut Penjelasannya

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Dekat Kulkas, Berikut Ini Penjelasannya

Selain penyebab yang sudah disebutkan di atas, masalah ini juga bisa disebabkan karena beberapa faktor lain diantaranya seperti :

- Masalah katup air

- Masalah dengan listrik

- Kerusakan komponen lain di dalam mesin cuci

Apabila kamu tidak yakin dengan penyebab dari masalahnya, alangkah lebih baik kamu konsultasikan pada teknisi berpengalaman.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab pengering merek mesin cuci terbaik berputar tetapi air tidak mau keluar beserta cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Kategori :