Cara Membersihkan Selang Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik

Sabtu 14-09-2024,10:09 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Selang merek mesin cuci terbaik yang tersumbat ataupun kotor bisa membuat kinerja mesin cuci terganggu dan bisa menjadi penyebab munculnya masalah seperti bau tidak sedap ataupun kebocoran air.

Membersihkan selang pembuangan merek mesin cuci terbaik merupakan tugas yang penting dalam perawatan dan pemeliharaan barang elektronik rumah tangga.

Dengan kamu mengikuti panduan yang tepat, kamu bisa menjaga selang pembuangan merek mesin cuci terbaik kamu agar tetap bersih dan bisa berfungsi dengan baik.

Jangan lupa untuk selalu hati-hati dan pastikan merek mesin cuci terbaik kamu dalam keadaan mati serta jangan lupa cabut dari sumber listrik sebelum proses pembersihan dimulai.

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Tempat yang Terkena Sinar Matahari, Berikut Penjelasannya

BACA JUGA : Bolehkah Merek Mesin Cuci Terbaik Diletakkan Dekat Kulkas, Berikut Ini Penjelasannya

Berikut ini langkah-langkah membersihkan selang pembuangan di mesin cuci :

Alat yang diperlukan :

- Sikat kawat yang kecil.

- Sarung tangan berbahan karet.

- Handuk yang kering.

- Ember yang besar.

- Wadah yang kosong yang nantinya dipakai untuk menampung air yang kotor dari mesin cuci .

- Larutan cuka yang dapat dicampur dengan air.

1. Matikan dan Cabut Listrik Mesin Cuci

Sebelum kamu memulai membersihkan selang pembuangan, kamu harus pastikan mesin cuci kamu kondisi mati dan dicabut dari sumber listrik.

2. Keluarkan Selang Pembuangan

Lepas selang pembuangan dari sumber air. Hal itu biasanya terhubung pada saluran pembuangan yang ada di dinding. Pastikan kalau wadah kosong ataupun ember siap menampung air yang kemungkinan masih ada di dalam selang.

BACA JUGA : Takaran Pelembut Pakaian Yang Tepat Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Dampak Serius Merek Mesin Cuci Terbaik Jarang Dibersihkan, Jangan Disepelekan

3. Bilas Selang dengan Air

Lalu kamu bilas selang pembuangan tersebut menggunakan air dari keran atau bisa juga pancuran. Hal ini bertujuan yaitu untuk menghilangkan deterjen yang masih tersisa ataupun kotoran yang kemungkinan masih melekat di selang. Pastikan bahwa air tersebut mengalir secara lancar lewat selang.

4. Cek Selang untuk Tanda-tanda Kotoran

Setelah sudah selesai dilakukan pembilasan pertama, cek selang secara cermat. Apabila kamu menjumpai kotoran, sisa dari deterjen, atau sesuatu yang terlihat tidak biasa, maka ini waktunya untuk kamu membersihkannya.

5. Gunakan Sikat Kawat

Untuk membersihkan selang yang sudah kotor ataupun tersumbat, kamu bisa pakai sikat kawat kecil. Jangan sampai kamu pakai benda yang tajam yang dapat membuat selang rusak.

6. Rendam dalam Larutan Cuka (Opsional)

Apabila selang kamu mempunyai bau tidak sedap atau kamu ingin membersihkannya secara lebih lanjut, kamu bisa merendam selang tersebut di dalam larutan cuka dan air (campuran 1 : 1) dalam waktu beberapa jam atau selama semalaman.

BACA JUGA : Dampak Colokan Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Dicabut

BACA JUGA : Cara Mengatur Kecepatan Putaran Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Pas Ketika Dipakai

7. Bilas dan Keringkan Selang

Setelah kamu sudah merendam selang (apabila kamu memilih langkah ini), lalu kamu bilas selang tersebut menggunakan air yang bersih untuk menghilangkan sisa dari cuka.

Pastikan kalau air tersebut mengalir dengan baik melewati selang. Lalu, keringkan selang tersebut menggunakan handuk yang bersih.

8. Pasang Selang Kembali

Setelah selang pembuangan merek mesin cuci terbaikmu kondisinya sudah bersih dan kering, maka kamu bisa pasang kembali selang di mesin cuci dan saluran pembuangan pada dinding. Pastikan kalau selang tersebut dipasang dengan aman dan tidak terdapat kebocoran.

9. Uji Kinerja

Setelah selang kembali terpasang, hidupkan mesin cuci dan siklus pencucian pendek dijalankan guna memastikan semuanya sudah bisa berfungsi dengan baik. Perhatikan apakah terdapat kebocoran atau ada masalah lain yang kemungkinan muncul.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Busa, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengisi Air Terus Menerus, Ini Solusinya

10. Lakukan Pembersihan secara Rutin

Lakukan pembersihan dengan rutin paling tidak setahun sekali ntuk mencegah menumpuknya kotoran di selang pembuangan di masa yang akan datang.

Hal itu akan membantu dalam menjaga kinerja mesin cuci kamu dan agar terhindar dari masalah yang kemungkinan akan timbul akibat selang tersumbat ataupun kotor.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan selang pembuangan merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :