Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Terkena Banjir

Selasa 10-09-2024,08:07 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Ketika banjir melanda di rumah kamu, kamu harus perhatikan perawatan pada alat-alat elektronik yang ada di rumah kamu, salah satunya yaitu merek mesin cuci terbaik.

Penting bagi kamu untuk segera melakukan pembersihan pada merek mesin cuci terbaik kamu di rumah kamu yang terkena banjir.

Hal itu dikarenakan air banjir yang masuk ke merek mesin cuci terbaik dapat membuat komponen-komponen yang ada pada mesin cuci jadi rusak.

Bahkan dapat meninggalkan residu di merek mesin cuci terbaik yang justru akan menambah kotor pakaian yang kamu cuci di dalam mesin cuci.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Pulsator Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Mengganti Dinamo Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

Berikut ini tips membersihkan mesin cuci yang kena banjir :

1. Matikan Listrik dan Air

Kamu perlu memastikan kalau sumber listrik dan air di mesin cuci sudah dimatikan sebelum mesin cuci mulai dibersihkan . Tujuan hal itu dilakukan yaitu untuk menghindari dari risiko kecelakaan dan untuk memastikan keselamatan kamu selama dilakukan proses pembersihan.

2. Keringkan Bagian Luar Mesin Cuci

Untuk menghilangkan air yang tersisa yang kemungkinan masih melekat di mesin cuci bagian luar, kamu bisa memakai kain yang bersih dan kering . Pastikan keadaan mesin cuci kamu sudah benar-benar kering sebelum kamu melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Bersihkan Filter dan Selang

Mesin cuci tutupnya dibuka, lalu kamu cek filter dan selangnya. Kamu bersihkan filter tersebut dari serpihan serta kotoran yang mungkin ikut terbawa air saat banjir. Berikutnya, selang dilepaskan dan bilas dengan air yang bersih agar residu lumpur ataupun kotorannya hilang.

4. Periksa Bagian dalam Mesin Cuci

Cek pada bagian dalam drum merek mesin cuci terbaik untuk memastikan bahwa di dalamnya tidak ada lumpur yang tersisa ataupun sisa kotoran.

Kamu bisa pakai sikat yang lembut untuk membersihkan di permukaan drum dan kamu pastikan untuk menghilangkan seluruh residu yang mungkin melekat.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berguncang

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Bau Karet Terbakar, Ini Solusinya

5. Bersihkan Pemutar dan Saringan

Seringkali pemutar dan saringan mesin cuci jadi tempat untuk berkumpulnya kotoran. Kamu bisa lepaskan pemutar, lalu kamu bersihkan secara hati-hati. Kamu cek saringan mesin cuci, kemudian kamu bersihkan saringan tersebut dari kotoran ataupun serpihan yang mungkin bisa membuat kinerja mesin cuci jadi terganggu.

6. Pakai Pembersih Khusus Mesin Cuci

Pakai pembersih yang dirancang khusus untuk mesin cuci yang biasanya ada di pasaran untuk memastikan bahwa kebersihan mesin cuci bisa maksimal. Ikutilah petunjuk pemakaian yang ada di kemasan untuk hasil optimal.

7. Lakukan Siklus Pembersihan yang Kosong

Setelah kamu selesai membersihkan di bagian-bagian dari mesin cuci, lalau kamu jalankan siklus pembersihan kosong dengan memakai deterjen yang khusus digunakan untuk mesin cuci. Hal itu akan membantu kamu dalam menghilangkan bau dan bakteri yang mungkin terbawa oleh air yang berasal dari banjir.

8. Cek Kembali Bagian-bagian yang Penting

Kamu pastikan kalau semua bagian pada mesin cuci telah kembali dengan benar pada tempatnya sesudah selesai proses pembersihan. Cek juga keadaan konektor dan kabel untuk memastikan kalau tidak ada yang mengalami kerusakan yang mungkin muncul selama banjir melanda.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Filter Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Karatan

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

9. Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar Mesin Cuci

Untuk mencegah masalah yang serupa kembali terulang, kamu harus pastikan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar merek mesin cuci terbaik.

Kamu jangan menyimpan bahan kimia ataupun benda-benda yang berbahaya di sekitar area mesin cuci yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan apabila terkena air.

10. Lakukan Pemeliharaan dengan Rutin

Supaya mesin cuci kamu tetap berfungsi secara optimal, kamu harus melakukan pemeliharaan secara rutin seperti filter pada mesin cuci dibersihkan secara berkala dan mengecek keadaan mesin cuci kamu secara berkala.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan merek mesin cuci terbaik yang terkena banjir. Semoga bermanfaat.

Kategori :