Cara Membersihkan Lumut Dan Jamur di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Awet Efisien

Senin 09-09-2024,07:44 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik adalah salah satu barang elektronika yang berperan penting di rumah tangga modern, sebab fungsinya akan memudahkan kita untuk mencuci pakaian.

Tetapi, seringkali merek mesin cuci terbaik menjadi sarang untuk lumut dan jamur akibat adanya kelembaban dan deterjen yang masih tersisa di dalamnya.

Masalah ini bisa mengganggu merek mesin cuci terbaik secara visual, dan juga bisa merusak mesin cuci dan serta membuat efisiensinya jadi berkurang.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memahami cara mengatasi lumut dan jamur yang ada di merek mesin cuci terbaik agar kondisinya tetap bersih dan bisa berfungsi dengan baik.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berguncang

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Mengeluarkan Bau Karet Terbakar, Ini Solusinya

Berikut cara mengatasi lumut dan jamur yang ada di mesin cuci :

1. Rutin Membersihkan Mesin Cuci

Langkah pertama yang dilakukan kamu untuk mencegah lumut dan jamur yaitu bersihkan mesin cuci dengan rutin. Matikan mesin, lalu bersihkan di bagian dalam dan di bagian luar drum dengan menggunakan kain yang lembut dan air yang hangat. Pastikan kamu mengakses seluruh bagian, termasuk di bagian lipatan dan juga beberapa celah kecil yang ada di dalam mesin.

2. Jangan Menutup Pintu Mesin Cuci Setelah Selesai Digunakan

Setelah kamu selesai mencuci, kamu biarkan pintu mesin cuci agar terbuka dalam beberapa waktu supaya kelembaban yanga da di dalam mesin bisa menguap.

Lumut dan jamur akan cenderung berkembang biak pada lingkungan yang kondisinya lembap, oleh sebab itu memberikan sirkulasi udara bisa membantu mengurangi risiko terjadinya pertumbuhan jamur.

3. Gunakan Deterjen yang Sesuai dan Sesuai Dosinya

Pilihlah deterjen yang khusus dirancang untuk mesin cuci dan jangan lupa untuk sesuaikan dosisnya sesuai dengan petunjuk. Pemakaian deterjen berlebihan bisa meninggalkan residu yang bisa menjadi tempat untuk tumbuhnya lumut dan jamur.

Pakailah deterjen yang cair bila memungkinkan, sebab akan lebih mudah untuk larut dan tidak akan meninggalkan residu secara berlebihan.

BACA JUGA : Beberapa Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diservis

BACA JUGA : Tips Agar Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berpindah Tempat Ketika Digunakan

4. Cuci Mesin Secara Berkala Tanpa Pakaian

Lakukan siklus pencucian kosong dengan teratur pakai cuka putih dan air panas. Air panas bisa membantu untuk membersihkan residu serta bisa membunuh bakteri, sedangkan cuka putih bisa membantu untuk menghempaskan lumut dan jamur.

Pastikan kamu membaca panduan mesin cuci kamu agar kamu tahu cara melakukan siklus pencucian tanpa ada pakaian di dalamnya dengan benar.

5. Perhatikan Keadaan Saringan Dan Karet Pintu Mesin cuci

Saringan dan Karet pintu mesin cuci merupakan tempat yang sering dilupakan tetapi rentan terhadap tumbuhnya lumut dan jamur.

Cek secara berkala dan saringan bersihkan dari kotoran ataupun serpihan yang kemungkinan menumpuk di mesin cuci. Pastikan karet pintu kondisinya kering setelah setiap selesai penggunaan untuk mencegah terjadinya kelembaban yang berlebih.

6. Jangan Menunda Pengeringan Pakaian

Setelah kamu selesai mencuci pakaian, segera kamu pindahkan pakaian pada pengering atau bisa langsung kamu jemur di lokasi yang cukup terpapar sinar matahari. Menunda pengeringan pakaian di mesin cuci bisa menciptakan keadaan yang lembap yang ideal bagi jamur bertumbuh.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berdengung

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

7. Gunakan Pembersih Khusus Mesin Cuci

Di pasar, ada tersedia pembersih yang dirancang khusus untuk digunakan membersihkan merek mesin cuci terbaik. Pakai pembersih tersebut sesuai dengan petunjuk di kemasannya guna membantu menangani lumut dan jamur serta agar kinerja mesin cuci terjaga.

8. Periksa Sistem Saluran Pembuangan

Pastikan kalau keadaan dari saluran pembuangan di mesin cuci kamu tidak terhalang ataupun tersumbat. Seringnya serpihan dan kotoran bisa mengumpul dalam saluran pembuangan, membuat lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur.

Jangan lupa untuk selalu bersihkan merek mesin cuci terbaik bersihkan saluran secara berkala untuk mencegah terjadinya masalah ini.

Itulah dia penjelasan mengenai cara membersihkan merek mesin cuci terbaik dari jamur dan lumut. Semoga bermanfaat.

Kategori :