Cara Memperbaiki Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Berdengung

Minggu 08-09-2024,17:42 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Mempunyai merek mesin cuci terbaik maka kamu harus siap dengan semua bentuk perawatannya agar mesin cuci dapat bekerja dengan baik dan bisa tahan lama.

Masalah pada mesin cuci yang banyak dikeluhkan oleh pengguna merek mesin cuci terbaik salah satunya yaitu saat mesin cuci berdengung.

Suara dengung yang dihasilkan dari merek mesin cuci terbaik asalnya bisa dari dinamo mesin cuci yang sedang bermasalah.

Untuk kamu yang belum tahu, dinamo adalah komponen di merek mesin cuci terbaik yang memiliki peran kunci di dalam siklus pencucian.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Sering Error Dan Mengeluarkan Bunyi

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Tiba-Tiba Berhenti

Berikut cara memperbaiki dinamo mesin cuci yang berdengung :

1. Mengecek Level Mesin Cuci

Sebelum kamu mengecek dinamo, pastikan terlebih dahulu kalau mesin cuci kamu ada di level yang tepat. Posiis mesin cuci yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab munculnya getaran yang bisa membuat dinamo jadi rusak. Untuk memastikan kalau mesin cuci terletak di lantai secara tepat, kamu bisa pakai level atau alat pengukur tingkat.

2. Pemeriksaan Keadaan Bantalan dan Per Paku

Dengungan di mesin cuci dapat disebabkan karena ada kerusakan pada bantalan atau pada per paku yang ada di bagian bawah drum. Bantalan yang sudah rusak atau aus bisa menyebabkan gesekan yang berlebihan dan akan menghasilkan suara berdengung. Gantiper paku atau bantalan yang sudah rusak dengan yang baru.

3. Pemeriksaan Belt (Sabuk) Penggerak

Dinamo mesin cuci dihubungkan ke drum lewat sabuk penggerak. Sabuk yang sudah longgar atau aus bisa menyebabkan mesin berdengun yang tidak diinginkan.

Cek sabuk secara berkala dan pastikan kamu menggantinya bila ditemukan sebuah tanda-tanda keausan ataupun ketegangan yang tidak cukup.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Manfaat Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Air Hangat

4. Pembersihan atau Penggantian Koper Dinamo

Koper dinamo merupakan bagian pada dinamo yang memegang gulungan kawat. Apabila koper ini rusak atau kotor, maka bisa menyebabkan keluar suara berdengung.

Bersihkan koper dengan memakai sikat yang kecil dan cek dengungan tersebut apakah berkurang. Apabila tidak berkurang, kamu harus mengganti koper yang sudah rusak tersebut.

5. Cek dan Atur Keseimbangan Drum

Drum mesin cuci yang kondisinya tidak seimbang bisa menyebabkan dengungan. Pastikan kalau drum diletakkan secara simetris dan juga seimbang.

Apabila tidak demikian, maka sesuaikan keseimbangan drum dengan memakai bantuan alat keseimbangan yang seringnya disertakan bersama mesin cuci.

BACA JUGA : Penyebab Listrik Mati Saat Merek Mesin Cuci Terbaik Dinyalakan

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Kerak Deterjen Di Merek Mesin Cuci Terbaik Bagian Dalam

6. Pengecekan dan Pelumasan Bagian-Bagian Bergerak

Dinamo mesin cuci memiliki berbagai macam komponen yang bergerak. Pengecekan dan pelumasan secara rutin di beberapa bagian seperti roda gigi, bantalan, dan poros bisa membantu untuk mengurangi gesekan yang mengakibatkan dengungan.

7. Cek Kebocoran Minyak pada Dinamo

Apabila dinamo menghasilkan suara berdengung yang khas, hal tersebut bisa jadi tanda adanya kebocoran minyak yang terjadi pada dinamo. Pemeriksaan secara rutin dan penggantian minyak bisa membantu dalam menjaga dinamo agar beroperasi secara lancar.

8. Pemeriksaan Kondisi Motor dan Kapasitor

Motor dan kapasitor yang ada di dinamo mesin cuci memiliki peran penting untuk kinerja yang optimal. Cek kondisi motor guna memastikan tidak terdapat kawat yang lepas ataupun putus.

Selain itu, pastikan kalau kapasitornya berfungsi dengan baik, sebab kapasitor yang sudah rusak dapat mengakibatkan masalah di dinamo.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Getar Dan Goyang

BACA JUGA : Cara Mencuci Gorden Berjamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

9. Panggilan Ahli Teknik Bila Perlu

Apabila setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas tapi masalah dengungan di dinamo mesin cuci masih belum bisa teratasi, disarankan kamu hubungi ahli teknik atau layanan perbaikan mesin cuci.

Untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih mendalam dan mengatasi masalah yang mungkin membutuhkan keahlian yang khusus.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips memperbaiki merek mesin cuci terbaik yang berdengung akibat masalah dinamo. Semoga bermanfaat.

Kategori :