Pahami Fraud Yang Bisa Terjadi Pada Pengambilan KPR

Minggu 08-09-2024,11:57 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

– Perusahaan mengalami kerugian

Jika ada fraud yang terjadi, perusahaan sudah pasti mengalami penurunan. Kerugian yang ada bisa membuat perusahaan menjadi kesulitan karena oknum tertentu.

Dari sana pengelolaan keuangan kurang baik dan permasalahan kurang bisa diatasi. Bahkan perusahaan tidak bisa dipastikan untuk masa depan yang lebih baik.

Deteksi fraud sejak dini :

– Lakukan audit secara berkala

Kecurangan terjadi karena adanya kesempatan dan kejahatan dari pihak internal maupun eksternal. Dengan adanya pengawasan secara intens membuat fraud tidak akan terjadi.

Ketelitian yang ada bisa menjadi kendali internal dan eksternal yang lebih baik. Melibatkan tindakan dengan perkataan menjadi seimbang dan tidak merugikan pihak manapun.

– Periksa laporan keuangan

Pendeteksian kecurangan bisa dilihat dari pemasukan yang tidak seimbang. Dan hal ini bisa seperti pemasukan, pengeluaran, aset perusahaan, piutang, sampai ekuitas yang ada.

Adanya laporan bisa menjasi bahan acu untuk menghindari kecurangan yang terjadi. Seperti ketidakwajaran penjualan dan manipulasi data.


cegah terjadinya fraud agar perusahaan tetap aman dan dipercaya-disdikkbb.org-

– Mengevaluasi manager

Jika sudah terjadi kesalahan fatal perlu adanya pengecekan yang melibatkan pihak manajerial. Evaluasi ini bisa mengurangi tindakan fraus sekaligus meminimalisir kejadian.

Mencegah sekaligus menjadi wawasan baik dalam berbisnis dan berhati hati. Adanya evaluasi bertahap menjadi penting dalam sebuah perusahaan.

BACA JUGA : Pentingnya Investasi Jangka Panjang Dalam Pengambilan KPR 2024

BACA JUGA : Manfaat Penerapan Frugal Living : Solusi Keberhasilan KPR 2024

Kategori :