Cara Mengatasi Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Sabtu 07-09-2024,08:27 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik memiliki kegunaan yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari untuk membersihkan pakaian yang kotor.

Merek mesin cuci terbaik tidak hanya akan bekerja untuk mencuci pakaian, tapi juga untuk mengeringkan pakaian yang dicuci.

Sehingga, kamu dapat menjemur pakaian yang selesai dicuci di dalam merek mesin cuci terbaik dalam kondisi pakaian yang sudah setengah kering.

Namun, terdapat beberapa masalah yang umum muncul pada pengering merek mesin cuci terbaik, salah satu kendalanya adalah pengering yang bocor.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Kerak Deterjen Di Merek Mesin Cuci Terbaik Bagian Dalam

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Sering Error Dan Mengeluarkan Bunyi

Pengering merek mesin cuci terbaik yang sudah bocor bisa jadi disebabkan karena sistem pembuangannya yang sudah tersumbat. Ventilasi yang kondisinya tidak benar juga dapat menyebabkan pengering bocor.

Berbagai masalah yang terjadi di sistem pembuangan ataupun pada  ventilasi dapat memicu terbentuknya kondensasi di tabung atau tetesan air akan muncul dari ventilasi eksternal pengering.

Berikut ini cara mengatasi pengering mesin cuci yang bocor :

1. Bersihkan Sistem Pembuangan Mesin Cuci

Penyumbatan di sistem pembuangan pada mesin cuci dapat memicu terjadinya kebocoran pada pengering. Sehingga penting bagi kamu rutin bersihkan sistem pembuangan pengeringnya. Alangkah lebih baik pembersihan kamu lakukan setidaknya satu kali dalam satu tahun.

2. Cek Selang Air

Periksa selang air yang terhubung pada mesin cuci. Bisa jadi selang tersebut tidak terpasang dengan benar atau telah terjadi kerusakan pada selang.

Pastikan kalau selang air kondisinya tidak sobek ataupun berlubang. Apabila ada masalah yang terjadi di selang, maka segera kamu ganti dengan selang yang baru dan pastikan kalau selang terpasang dengan kencang.

BACA JUGA : Penyebab Listrik Mati Saat Merek Mesin Cuci Terbaik Dinyalakan

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Putaran Indikator Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

3. Inspeksi Pompa Pada Mesin Cuci

Pompa mesin cuci bertugas untuk memompa air agar keluar dari mesin. Apabila pompa mengalami rusak ataupun bocor, maka bisa menyebabkan terjadinya masalah kelembaban.

Cek pompa secara cermat dan pastikan kalau tidak ada yang retak ataupun bocor. Apabila perlu, kamu bisa mengganti pompa tersebut dengan yang baru.

4. Cek Pintu Mesin Cuci

Kebocoran juga bisa terjadi di bagian pintu mesin cuci. Pastikan bahwa pintu mesin cuci kamu sudah terkunci dengan baik ketika mesin cuci sedang bekerja.

Cek seal atau karet yang ada di sekitar pintu mesin cuci untuk memastikan bahwa tidak terdapat kerusakan. Apabila seal tersebut rusak, maka gantilah dengan segera.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Bagian Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Anti Berkarat Tidak Bau

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Yang Getar Dan Goyang

5.  Periksa Filter

Ada banyak merek mesin cuci terbaik yang mempunyai filter penyaring kotoran yang ada di air. Filter tersebut perlu kamu cek secara berkala dan juga perlu untuk dibersihkan dengan rutin.

Apabila filter sudah penuh ataupun terblokir, maka mungkin air akan meluap dan mengakibatkan terjadinya kebocoran. Bersihkan filter atau ganti filter bila diperlukan.

6. Cek Level Mesin Cuci

Pastikan mesin cuci kamu terletak pada permukaan yang sejajar dan datar. Apabila keadaan mesin cuci kamu tidak seimbang, maka bisa menjadi penyebab kebocoran. Pakailah alat pengukur level guna memastikan kalau mesin cuci berada di posisi yang tepat.

7. Hubungi Ahli Servis Mesin Cuci

Apabila kamu sudah mencoba beberapa langkah di atas tapi masih saja mengalami kebocoran, maka sebaiknya kamu segera menghubungi ahli servis.

BACA JUGA : Cara Terbaik Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Bau Apek

BACA JUGA : Cara Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Portable

Masalah pada mesin cuci yang lebih kompleks mungkin membutuhkan penanganan oleh profesional untuk memastikan agar mesin cuci kamu bisa berfungsi dengan baik dan juga aman.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik yang mengalami kebocoran. Semoga bermanfaat.

Kategori :