Tips Ampuh Mencegah Baju Luntur Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tetap Awet

Jumat 06-09-2024,16:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu barang elektronik yang berguna untuk mencuci pakaian sehari-hari agar lebih hemat waktu dan tenaga.

Meskipun merek mesin cuci terbaik sering dipakai, kadang - kadang ada saja masalah yang ditemukan saat menggunakan mesin cuci.

Salah satu masalahnya yaitu cucian baju yang luntur ketika dicuci di dalam merek mesin cuci terbaik. Baju luntur tentu akan membuat kamu risih, sebab merusak tampilan asli dari baju.

Hal itu juga membuat baju tidak akan bertahan di waktu yang lama. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa ikuti tips di bawah ini agar warna dan kualitas bahan pakaian tetap awet.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Kerak Deterjen Di Merek Mesin Cuci Terbaik Bagian Dalam

BACA JUGA : Penyebab Listrik Mati Saat Merek Mesin Cuci Terbaik Dinyalakan

Berikut ini beberapa tips mencegah baju luntur ketika dicuci di mesin cuci :

1. Pisahkan Pakaian Putih dan Berwarna

Pertama hal yang penting sekali untuk dilakukan yaitu memisahkan pakaian warna putih dari pakaian yang berwarna. Hal itu karena pakaian yang berwarna apabila dicuci bersamaan dengan pakaian putih bisa berpotensi kelunturan.

Selain itu, pisahkan pula pakaian yang warnanya gelap dan warnanya terang untuk menghindari terjadinya perpindahan warna yang tidak diinginkan.

2. Gunakan Pemisah Warna

Apabila kamu merasa kesusahan dalam memisahkan pakaian secara manual, maka kamu bisa pertimbangkan untuk memakai pemisah warna atau kantong yang khusus.

Kantong tersebut akan membantu mencegah terjadinya kontak langsung antara pakaian yang berwarna dengan pakaian putih selama siklus pencucian. Sehingga kamu bisa mengurangi risiko terjadinya kelunturan warna.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Putaran Indikator Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

BACA JUGA : Cara Mencuci Gorden Berjamur Di Merek Mesin Cuci Terbaik

3. Perhatikan Petunjuk Label Pakaian

Sebelum pakaian dicuci, kamu harus terlebih dahulu baca petunjuk label yang terdapat pada pakaian. Karena, label ini akan memberikan informasi mengenai cara pencucian yang tepat, suhu air yang direkomendasikan, dan instruksi khusus yang lainnya.

Dengan kamu mengikuti petunjuk di label tersebut, maka kamu bisa mencegah terjadinya luntur pada pakaian sehingga membuat pakaian jadi lebih awet lama.

4. Gunakan Pencuci Warna

Kamu harus tahu bahwa produk ini sudah dirancang khusus untuk melindungi warna dari pakaian selama berlangsungnya siklus pencucian. Agar keawetan pakaian bisa terjaga, pilih produk yang telah sesuai dengan warna pakaian dan jenis kain pakaian yang dicuci.

5. Hindari Overloading pada Mesin Cuci

Memasukkan pakaian dengan jumlah yang terlalu banyak dalam mesin cuci bisa membuat efektivitas pencucian jadi berkurang dan membuat risiko luntur jadi meningkat.

Pastikan kamu tidak mengisi mesin cuci lebih dari kapasitasnya yang telah disarankan supaya air dan deterjen bisa beredar dengan baik.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Getar Dan Goyang

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Berputar Bolak Balik Dan Macet

6. Gunakan Air yang Dingin

Air yang dingin justru lebih baik dipakai ketika mencuci pakaian di dalam mesin cuci dibandingkan air yang panas. Sebab, air dingin bisa membantu mencegah terjadinya kelunturan warna di pakaian, sehingga dapat membantu mempertahankan warna asli dari pakaian.

Di sisi lain, air panas akan cenderung lebih mempermudah pigmen warna lepas dari serat kain pakaian, sehingga akan lebih gampang luntur.

7. Tambahkan Pengatur Warna

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan pengatur warna atau color catcher ke dalam merek mesin cuci terbaik. Produk tersebut bisa menyerap pewarna yang terlepas selama proses pencucian. Sehingga, bisa mencegah warna menempel di pakaian yang lain dan menyebabkan luntur.

8. Hindari Pemakaian Terlalu Banyak Deterjen

Pemakaian deterjen yang berlebihan bisa merugikan lingkungan dan meningkatkan risiko warna luntur di pakaian. Tetap ikuti dosis yang tertera di kemasan untuk menjaga warna dari pakaian supaya tidak luntur. Serta untuk menjaga kebersihan dari pakaian secara menyeluruh tanpa ada sisa deterjen yang menempel.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Bagian Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Anti Berkarat Tidak Bau

BACA JUGA : Penyebab Pengisian Air Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mau Mati

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencegah baju luntur saat dicuci di merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :