Cara Menghilangkan Kerak Deterjen Di Merek Mesin Cuci Terbaik Bagian Dalam

Jumat 06-09-2024,10:35 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Cara untuk menghilangkan kerak deterjen di bagian dalam merek mesin cuci terbaik dapat kamu lakukan dengan berbagai langkah yang mudah.

Merek mesin cuci terbaik menjadi salah satu perangkat elektronik di rumah tangga yang sangat membantu untuk menjaga kebersihan dari pakaian kita sehari-hari.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, kerak deterjen bisa mengakumulasi pada bagian dalam merek mesin cuci terbaik yang bisa membuat kinerja jadi terganggu dan merugikan mesin cuci tersebut.

Belum lagi, jika residu deterjen yang masih tertinggal di merek mesin cuci terbaik bagian dalam membuat hasil pencucian pakaian jadi kurang sempurna.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Bagian Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Anti Berkarat Tidak Bau

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Yang Getar Dan Goyang

Berikut ini cara menghilangkan kerak deterjen di mesin cuci bagian dalam :

1. Pembersihan Secara Rutin

Langkah pertama yang dilakukan dan paling penting untuk menjaga mesin cuci agar tetap bersih dari kerak deterjen yaitu dengan melakukan pembersihan secara rutin. Lebih baik kamu lakukan pembersihan ini paling tidak 1 kali dalam satu bulan atau lebih sering bila kamu menggunakan mesin cuci dengan intensif.

Pakai siklus pencucian panas tanpa ada pakaian di dalamnya, dan berikan cuka atau baking soda ke dalam drum. Bahan-bahan tersebut akan membantu melarutkan kerak deterjen dan menghempaskan bakteri yang kemungkinan berkembang di dalam mesin cuci.

2. Gunakan Cuka Putih Sebagai Pembersih Alami

Sifat asam dari cuka bisa melarutkan residu deterjen dan mineral yang numpuk dalam mesin cuci. Caranya, tambahkan 1 cangkir cuka putih dalam drum mesin cuci lalu kamu jalankan siklus pencucian panas.

Pastikan kamu tidak mencampur cuka dan deterjen atau bahan kimia yang lain, sebab ini bisa menghasilkan reaksi kimia yang bahaya.

BACA JUGA : Cara Mencuci Selimut Tebal Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Bersih, Tidak Cepat Rusak

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Bisa Berputar Bolak Balik Dan Macet

3. Gunakan Baking Soda sebagai Penghilang Bau dan Kerak

Baking soda bermanfaat sebagai pembersih, dan juga sebagai penghilang bau yang sangat efektif. Cara membersihkannya, taruh baking soda 1/2 cangkir  ke dalam drum, kemudian siklus pencucian panas dijalankan.

Baking soda akan membantu dalam melarutkan kerak deterjen dan menetralkan bau tak sedap yang kemungkinan muncul akibat dari adanya kelembaban di dalam mesin.

4. Cek Saringan dan Saluran Pembuangan

Kerak deterjen seringkali tidak hanya menumpuk dalam drum mesin, tapi juga bisa ditemukan di saluran pembuangan dan saringan.

Merek mesin cuci terbaik dimatikan terlebih dahulu, kemudian cek saringan yang terletak di bawah mesin cuci. Bersihkan saringan tersebut dari kerak dan kotoran yang mungkin terakumulasi.

Selain itu, pastikan kalau saluran pembuangan tersebut tidak tersumbat, sebab kerak deterjen bisa mengakibatkan penyumbatan dan membuat aliran air yang keluar dari mesin jadi terhambat.

BACA JUGA : Efek Menaruh Pakaian Basah Di Merek Mesin Cuci Terbaik Dalam Waktu Lama

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Tanpa Dibongkar

5. Ganti Deterjen

Deterjen cair akan lebih gampang untuk larut di dalam air, sehingga mempunyai kemungkinan yang lebih kecil untuk meninggalkan residu dalam mesin.

Tetapi, apabila kamu lebih suka memakai deterjen bubuk, pastikan kamu memilih jenis yang dibuat untuk larut dengan baik di air.

Dengan membaca petunjuk yang ada di kemasan deterjen juga bisa membantu kmau dalam memakai jumlah deterjen yang sesuai agar tercegah dari penumpukan residu.

6. Hindari Overload pada Mesin Cuci

Overload bisa membuat deterjen tidak bisa larut sepenuhnya dan residunya akan menumpuk di mesin cuci. Ikuti panduan kapasitas mesin cuci dan jangan menaruh baju kotor terlalu banyak untuk satu siklus cucian.

7. Gunakan Air Panas Secara Berkala

Sifat air panas bisa membantu membuat kerak deterjen larut dengan lebih efektif. Sesekali, jalankan siklus pencucian menggunakan air yang panas tanpa meletakkan pakaian di dalam mesin cuci. Hal itu akan membantu untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci dan membuat larut residu yang menumpuk.

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menguning

BACA JUGA : Penyebab Pengisian Air Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Mau Mati

8. Jangan Biarkan Pakaian Basah berada di dalam Mesin Cuci

Meninggalkan pakaian di dalam mesin cuci dalam waktu yang lama setelah siklus pencucian telah selesai bisa menciptakan lingkungan ideal untuk penumpukan kerak dari deterjen dan pertumbuhan bakteri.

Segera untuk memindahkan pakaian setelah siklus selesai dan pastikan kamu meninggalkan pintu mesin cuci dalam keadaan terbuka setelah pemakaian mesin cuci supaya udara bisa bersirkulasi dan mencegah adanya kelembaban yang berlebihan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan kerak deterjen di bagian dalam merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :