Cara Efektif Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Menguning

Selasa 03-09-2024,13:50 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu alat untuk mempermudah pekerjaan di dalam rumah tangga yang selalu dipakai setiap hari.

Di zaman sekarang ini merek mesin cuci terbaik sudah dilengkapi berbgaai macam fitur dan teknologi yang mumpuni. Sehingga, bisa memudahkan aktivitas kamu dalam mencuci pakaian  setiap hari di rumah.

Tetapi, supaya merek mesin cuci terbaik bisa tetap bekerja secara optimal, tentu diperlukan perawatan dengan rutin. Tapi, hal ini sering dilupakan oleh kebanyakan ibu rumah tangga.

Masalah umum yang sering muncul salah satunya yaitu warna kuning pada merek mesin cuci terbaik. Penyebabnya bisa beragam, seperti muncul kotoran dan sisa deterjen, air kerak, dan pertumbuhan jamur di dalam mesin cuci.

Sebelum terlambat, kamu bisa langsung segera memulai untuk membersihkannya. Kamu tidak perlu khawatir sebab membersihkan merek mesin cuci terbaik yang menguning adalah hal yang mudah.

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Di Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Wangi Berhari-Hari

BACA JUGA : Penyebab Pakaian Masih Bau Dan Tidak Bersih Setelah Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut cara membersihkan mesin cuci yang sudah menguning :

1. Matikan Listrik Mesin Cuci

Langkah pertama, kamu perlu memastikan supaya aliran listrik mesin cuci kamu dalam keadaan sudah benar-benar mati sebelum kamu mulai membersihkan. Hal ini merupakan langkah yang penting supaya kamu tetap selamat.

2. Siapkan Larutan Pembersih

Kemudian, campurkan larutan pembersih dan air hangat. Apabila menginginkan cara lebih alami, kamu dapat menggunakan cuka putih ataupun cuka sari apel yang telah diencerkan menggunakan air. Cara ini merupakan pilihan yang baik sebab tidak memiliki racun dan efektif untuk membersihkan mesin cuci.

3. Rendam Bagian Dalam Mesin Cuci

Larutan pembersih kamu gunakan ke bagian drum mesin cuci. Pastikan juga kamu untuk menyebarkan larutan dengan merata ke seluruh permukaan drum.

4. Biarkan Larutan Bekerja

Biarkan larutan pembersih tersebut bekerja dalam waktu setidaknya 30 menit. Hal itu akan membantu larutan tersebut melarutkan semua kotoran dan menghilangkan noda yang kuning pada mesin cuci kamu.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Error

BACA JUGA : Cara Efektif Membersihkan Lumut Di Sela-Sela Merek Mesin Cuci Terbaik

5. Gosok Permukaan menggunakan Sikat

Setelah larutan pembersih sudah bekerja, pakai sikat lembut untuk membersihkan permukaan drum secara keseluruhan. Pastikan kammu fokus di area yang tampak paling kotor atau yang menguning.

6. Bersihkan di Bagian Luar Mesin Cuci

Selain di bagian dalamnya, jangan lupa untuk membersihkan di bagian luar mesin cuci juga. Kamu cukup menggunakan kain lembut yang sudah direndam di dalam larutan pembersih untuk membersihkan bagian permukaan luar merek mesin cuci terbaik.

7. Bilas menggunakan Air Bersih

Setelah kamu telah selesai membersihkan mesin cuci, bilas mesin cuci dengan menggunakan air yang bersih untuk menghilangkan seluruh residu pembersih yang masih tersisa di mesin cuci.

8. Keringkan menggunakan Lap

Langkah terakhir, kmau harus mengeringkan mesin cuci dengan menggunakan lap bersih, atau kamu bisa membiarkan mesin cuci kering dengan alami sebelum kamu menghidupkannya lagi.

 BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Rusak

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Air Dari Bawah, Begini Cara Mengatasinya

Itulah panduan lengkap tentang cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan mesin cuci yang sudah menguning.

Kamu juga harus melakukan pembersihan ini secara berkala, paling tidak tiap satu bulan sekali, supaya merek mesin cuci terbaikmu kondisinya tetap bersih dan terbebas dari noda berwarna kuning.

Selain itu, jangan lupa untuk perhatikan juga area lingkungan penyimpanan mesin cuci kamu sendiri.

Pastikan juga mesin cuci kamu disimpan di lingkungan yang kondisinya kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal itu dengan tujuan untuk mencegah adanya pertumbuhan jamur di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

Kategori :