Cara Efektif Membersihkan Lumut Di Sela-Sela Merek Mesin Cuci Terbaik

Senin 02-09-2024,07:52 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Sangat penting mengetahui cara membersihkan lumut di merek mesin cuci terbaik untuk menjaga kebersihan dari pakaian yang dicuci didalamnya.

Merek mesin cuci terbaik merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang paling sering dipakai untuk mencuci baju kotor di setiap rumah.

Tetapi, kadang-kadang sela-sela merek mesin cuci terbaik bisa menjadi tempat untuk lumut, jamur, dan kotoran lain berkembang biak.

Hal itu tidak hanya akan mengganggu secara estetika, tapi juga bisa berpengaruh pada kinerja merek mesin cuci terbaik.

Dalam jangka waktu yang panjang, kondisi tersebut akan menyebabkan masalah kesehatan bila merek mesin cuci terbaik yang berlumut dibiarkan tidak terurus.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk teratur membersihkan sela-sela merek mesin cuci terbaik agar kebersihan dan fungsionalitasnya bisa terjaga.

BACA JUGA : Masalah Kerusakan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Sering Terjadi Dan Solusi Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Pakaian Jadi Kotor Di Merek Mesin Cuci Terbaik

Berikut ini cara ampuh membersihkan lumut di mesin cuci :

1. Matikan mesin cuci

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membersihkan sela-sela mesin cuci yaitu matikan daya mesin cuci dan bersihkan secara umum. Pakai lap yang bersih yang sudah direndam ke dalam campuran air dan deterjen untuk membersihkan di bagian luar mesin cuci.

2. Bersihkan bagian sela-sela  mesin cuci

Setelah mesin cuci kondisinya sudah bersih, cek sela-sela di area pintu, bak cuci, dan di bagian yang lainnya. Pakai sikat yang kecil atau sikat gigi bekas yang telah tak terpakai untuk membersihkan sela-selanya. Pastikan kamu membersihkan secara lembut supaya tidak merusak komponen mesin.

3. Gunakan pembersih

Campurlah larutan pembersih yang efektif untuk bersihkan jamur dan lumut. Kamu bisa memakain campuran air dengan cuka atau larutan pemutih encer. Oleskan larutan ini pada sela-sela mesin cuci dengan memakai spons atau kuas.

4. Tunggu hingga pembersih bekerja

Setelah kamu mengoleskan larutan pembersih tersebut, biarkan beberapa saat supaya larutan tersebut bisa menghilangkan kotoran dan lumut dengan baik. Pastikan kamu baca petunjuk di label larutan pembersih untuk waktu yang pas.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Otomatis Yang Rusak

BACA JUGA : Tips Hemat Listrik Saat Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Optimal

5. Bilas

Setelah larutan pembersih sudah bekerja, kemudian kamu bilas sela-sela mesin cuci menggunakan air bersih. Pakai kain bersih atau spons yang basah untuk membersihkan sisa dari larutan pembersih dan sisa kotoran.

6. Keringkan menggunakan lap

Keringkan sela-sela mesin cuci menggunakan lap yang bersih dan kering. Pastikan sudah tidak terdapat kelembaban yang masih tersisa, sebab kelembaban yang kondisinya berlebihan bisa menjadi tempat untuk berkembangnya jamur.

7. Lakukan dengan rutin

Penting bagi kamu untuk melakukan proses pembersihan secara berkala, idealnya tiap bulan atau 2 bulan satu kali, tergantung seberapa sering mesin cuci kamu digunakan.

Dengan kamu melakukan pembersihan dengan rutin, kamu bisa mencegah pertumbuhan lumut dan mesin cuci dalam keadaan tetap bersih dan fungsional.

Membersihkan lumut yang ada di sela-sela mesin cuci merupakan langkah yang penting untuk membuat kebersihan mesin cuci tetap terjaga dengan baik, sehingga mesin cuci bisa bekerja dengan optimal.

BACA JUGA : Bahaya Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Nyetrum, Begini Cara Pencegahannya

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Tombol Pembuangan Air Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Patah

Dengan mengikuti beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas dengan teratur, kamu bisa mencegah tumbuhnya lumut dan memastikan agar mesin cuci kamu kodnisinya tetap dalam baik.

Selain itu, jika kamu melakukan langkah pencegahan maka akan membantu dalam mengurangi risiko terjadinya pertumbuhan lumut di masa yang akan datang.

Jadi, jangan sampai kamu mengabaikan kebersihan pada sela-sela mesin cuci sebab itu merupakan investasi bagi kesehatan dan kenyamanan dalam rumah tangga.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk membersihkan lumut di sela-sela merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :