Pengajuan KPR 2024 Ditolak, Berikut Penyebabnya

Minggu 01-09-2024,11:49 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Jika sudah melebihi dari 2 bulan, namun belum ada kabar atau telfon dari pihak bank. Ini menjadi tanda jika pengajuan pinjaman gagal.

Sebab, idealnya masa pengajuan hanya membutuhkan waktu selama 2 minggu sampai 1 bulanan saja. Dalam tahapan itu, bank akan mencari informasi mendetail tentang data dan berkas yang diberikan.


Isi data dan berkas pengajuan kpr dengan benar dan jelas-freepik-

Kalau pengajuan sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlangsung, nasabah akan dihubungi via email maupun telfon. Namun jika melebihi batas dari 2 bulan pengajuan, tidak usah berharap lebih.

BACA JUGA : Berkas Pengajuan KPR, Perhatikan Surat Keterangan Kerja Yang Benar

BACA JUGA : Pinjaman KPR Cepat Lunas, Berikut Strategi Lengkap Panduannya

- Calon nasabah harus menjawab inteview dengan tegas

Dalam pengajuan kpr sudah padti ada tahapan wawancara setelah pemeriksaan berkas dan data yang ada. Dalam tahapan wawancara usahakan menjawab pertanyaan dengan baik.

Bisa dengan mengingat masa wawancara dengan pihak bank, kira kira ada keraguan atau tidak. Sebisa mungkin jawab pertanyaan sesuai fakta agar pengajuan lebih mudah cair.

Jika jawaban yang diberikan jauh dari fakta yang ada, sudah jelas kebohongan menjadi penghambat keberhasilan. Dengan cara yang salah bisa jadi pengajuan kpr gagal di dapatkan.

- Waktu pengajuan nama nasabah masuk ke daftar hitam 

Waktu pengajuan kpr usahakan mengerti status diri pada SLIK OJK. Hal ini mempermudah kehidupan agar tetap aman dalam pengajuan.

Sebab, riwayat kredit yang buruk menyebabkan daftar hitam pada SLIK OJK. Tentunya itu akan berpengaruh terhadap proses pengajuan kpr.

Pasalnya pihak bank atau lembaga keuangan lain berpatok dengan riwayat kredit nasabah. Jika sudah masuk daftar hitam, atrinya nasabah tidak bisa bertanggung jawab.

Pastinya pihak bank tidak mau mengambil risiko berlebih dalam pinjaman. Maka dari itu, kebanyakan orang yang jelek di SLIK OJK, akan sulit maju untuk pinjaman kpr.

- Pihak bank akan menganalisa kemampuan calon nasabah

Kategori :