Pinjaman KPR Cepat Lunas, Berikut Strategi Lengkap Panduannya

Sabtu 31-08-2024,09:42 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

- Memberikan uang muka dengan jumlah yang cukup besar

Uang muka atau dp properti yang lebih besar akan berpengaruh dengan angsuran hutang pokok. Dengan begitu angsuran akan terasa mudah jika hutang pokok lebih sedikit.

- Bayar angsuran melebihi limit

Jika bisa melakukan penyisihan uang lebih untuk pelunasan lebih cepat. Penyimpanan dana yang baik bantu angsuran jauh lebih ringan dan terasa nyaman.

Cukup dengan melakukan pembayaran tepat waktu sesuai perjanjian yang ada. Dan juga menyisihkan dana untuk tabungan agar angsuran bisa dulunasi lebih cepat.

- Melakukan refinancing

Refinancing merpakan pembayaran angsuran yang lebih cepat. Dengan metode ini beragam keuntungan bisa dirasakan. Mulai dari bunga yang lebih rendah, menambah jumlah cicilan dan mempersingkat wakru angsungan.


melakukan konsultasi keuangan yang bijak sebelum pengajuan kpr-freepik-

- Adakan konsolidasi hutang

Ngobrol dengan ahli keuanan agar finansial tetap aman. Ada rumus yang bisa digunakan yaitu 50% digunakan sebagai kebutuhan. Sedangkan 30% untuk pembayaran hutang, dan 20% sebagai investasi diri.

Agar keuangan tetap aman, usahakan angsuran yang ada tidak melebihi 30% dari penghasilan. Hal ini akan berdampak baik bagi kesehatan finansial pribadi.

BACA JUGA : Tips KPR 2024, Pertimbangkan Pengambilan Tenornya

BACA JUGA : Pendaftaran KPR FLPP 2024, Berikut Panduan Lengkapnya

Simulasi Angsuran dengan suku bunga fixed

Jika pembelian rumah senilai 400 Juta dengan uang muka sebesar 20%, artinya perlu ada dp senilai 80 Juta. Dan pengambilan suku bunga fixed sebesar 5% selama 15 tahun.

Perhitungannya hutang pokok = harga rumah - uang muka yang dibayarkan.

Kategori :