Tips Beli Rumah Tanpa Menggunakan Program KPR

Jumat 30-08-2024,17:59 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Adanya program kpr terkadang menjadi solusi ketika hidup tidak bisa menggapai harga yang ada. Tapi sebenarnya beli rumah tanpa kredit bisa di lakukan jika pengalokasian dana tepat.

Harga properti yang terus meningkat membuat semua orang mengandalkan program kpr. Namun, ada cara yang mudah agar pembelian rumah tetap aman tanpa takut beban hutang.

Dengan melakukan tips yang tepat bisa membuat kehidupan jadi lebih tenang. Tanpa mempedulikan program kpr, dan tetap berfokus diri dengan pendapatan yang terus bertambah.

Tips punya rumah tanpa program kpr

- Mulai menabung

Dengan menabung, artinya secara konsisten menyisihkan uang untuk disimpan. Sebisa mungkin simpan uang sebesar 20% dari pendapatan dan mulailah berinvestasi.

Jika memungkinkan, berikan 10% dari pendapatan sebagai dana investasi masa depan. Dengan begitu, total dari pendapatan ada minimal 30% yang untuk di tabung dan juga dana investasi diri.


Menabung menjadi penting dalam kekuatan finansial-freepik-

BACA JUGA : Pengajuan KPR BP Tapera Khusus PNS, Begini Panduan Lengkapnya

BACA JUGA : Tips Membersihkan Nama Pada SLIK OJK Untuk Pengajuan KPR

- Cicil beli tanah yang terjangkau

Karena harga lahan juga terus meningkat, bisa mulai dari investasi lahan kosong. Uang dari tabungan dan dana investasi yang ada, jika dirasa cukup bisa langsung dialokasikan untuk beli tanah.

Jadi nantinya hanya perlu menabung untuk pembangunan rumah dan pembuatan sertifikat. Tapi setidaknya terbebas dari penggunaan program kpr.

- Menyusun semua rencana keuangan dengan matang

Sebisa mungkin mulai memahami pendapatan dan pengeluaran diri. Hal ini akan berpengaruh terhadap target untuk pembelian rumah tanpa kpr. Dengan menyesuakan budget sesuai kebutuhan tanpa mempedulikan keinginan buat hidup jadi lebih nyaman.

Kategori :