Bahan Yang Tidak Boleh Masuk Ke Merek Mesin Cuci Terbaik

Jumat 30-08-2024,13:34 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Kehadiran merek m esin cuci terbaik sangat membantu kita dalam mencuci pakaian kotor di dalam rumah tangga yang sudah menumpuk banyak.

Jadinya kita t ida k perlu mengucek  pakaian tersebut  satu per satu dengan menggunakan tangan.   Selain itu, kita juga dapat menyelesaikan pekerjaan yang lain nya  selagi kita mencuci di merek mesin cuci terbaik .

Tetapi , karena kita t ida k ingin repot dan selalu ingin mudah dalam membersihkan pakaian kotor serta beberapa macam barang yang kotor  lainnya dalam merek mesin cuci terbaik .

Jadi, kita dapat tergoda untuk memasukkan sembarang pakaian ataupun barang semuanya ke merek mesin cuci  terbaik sampai lupa bahwa hal itu bisa menjadi masalah .

Padahal, terdapat aturan tertentu yang wajib diikuti untuk menghindari dari kerusakan di pakaian  ka mu dan  merek  mesin cuci  terbaik mu.

BACA JUGA : Tips Hemat Air Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : 9 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Akan Rusak

Berikut ini 6 b ahan yang jangan kamu masukkan ke dalam m esin c uci  :

1 . Apapun yang terkena bulu hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan akan sangat berbahaya jika terl epas dari pakaian.  Namun , meletakkan baju , seprai, dan lainnya yang terkena bulu hewan peliharaan di dalam mesin cuci hanya akan membuat keadaan  buruk .

Bulu hewan peliharaan yang kondisinya basah bisa menggumpal dan menempel di pakaian, menempel pada sisi drum mesin cuci, bahkan bisa menyumbat pipa pembuangan mesin  cuci , sehingga akan membuatnya kurang efisien  seiring berjalannya  waktu.

Bulu hewan peliharaan yang ada di manapun dibuang sebelum kamu memasukkanya ke  dalam  mesin cuci.   Pertama, pakai lint roller atau pun  selotip guna menarik bulu dan melepaskan  bulu  dari apapun yang melekat , baik itu pakaian,   selimut , seprai, dan lain sebagainya.

Jika t idak mempunyai lint roller atau selotip , gunakan  sarung tangan karet, lalu basahi dengan air, kemudian usap   tanga n  yang dipasang sarung tangan karet ke barang yang telah terpapar bulu hewan peliharaan.

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaik Sudah Tidak Layak Pakai

2 . Bantal busa atau memory foam

Gerakan dari mesin cuci bisa mengakibatkan bantal busa yang full memori atau memory foam  jadi  lemah bahkan bisa pecah, alangkah lebih baik bantal busa yang padat jangan dicuci menggunakan mesin.

Bantal busa memori tertentu bisa dicuci di mesin cuci, namun jika itu memang sudah tertulis di label perawatan.  Tetapi , supaya lebih aman lebih baik tidak sama sekali dicuci dalam mesin cuci.

Karena busa memori secara alami memiliki sifat hipoalergenik dan tahan terhadap tungau debu, bantal ini akan tetap bersih lebih lama dibandingkan dengan bantal bulu tradisional.

Sebaiknya kamu  bersihkan bantal busa 1  sampai 2 kali dalam setahun hanya cukup membersihkan noda atau pun  area yang sudah berubah warna.

Apabila label perawatan bantal memberi saran untuk mencuci menggunakan tangan, bersihkan di wastafel  yang  besar atau  di  bak mandi yang  sudah   diisi air dan detergen anti alergi serta bebas dari pewangi.

Setelah kamu membersihkan dan membilas bantal dengan menyeluruh, peras secara lembut untuk membuat air  yang berlebihan hilang, namun sebaiknya kamu hindari perasan untuk mempertahankan bentuknya, kemudian kamu keringkan dengan udara pada tempat yang memiliki ventilasi baik.

BACA JUGA : Tips Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Hemat Listrik

3. Bra

Menjatuhkan bra dengan sembarangan ke  dalam  mesin cuci merupakan cara yang paling cepat untuk membuat nya jadi bra yang cacat, tumpul, dan longgar.

K ait bra yang tidak diikat bisa membuat pakaian lain jadi robek atau  bisa  tersangkut pada silinder atau pun  agitator mesin cuci  ka mu.

Mencuci dengan tangan merupakan standar terbaik untuk mencuci bra.  Pakai air  yang  dingin dan beri sedikit detergen cair ringan yang dibuat khusus untuk bahan  yang  halus.

Setelah keseluruhan sudah di bersihkan dan di bilas, peras air yang berlebih secara hati-hati untuk menghindari  dari  kerusakan kain.

Apabila kamu punya mesin cuci jenis bukaan atas atau bukaan depan tanpa  memiliki agitator, maka kamu bisa manaruh bra dalam tas pakaian dan pilih siklus pencucian yang paling lembut .

4 . Pakaian apa pun yang mempunyai renda atau bordir

Segala jenis pakaian yang halus yang memiliki manik-manik atau pun  bordir tidak boleh dicuci dalam mesin cuci sebab gerakannya bisa merusak detail.

Hal tersebut terutama terjadi di barang yang memiliki hiasan yang direkatkan, bukan yang dijahit ( cek jahitannya), sebab beberapa potongan tersebut kemungkinan akan jatuh ketika dicuci dalam mesin cuci.

Pakaian  yang  lain yang memerlukan perhatian ekstra yaitu item yang  berbahan  renda. Bahan ini bisa robek bahkan  bolong apabila terkena pakaian yang mempunyai kancing,   ritsleting , ataupun kait .

Kamu harus  mencuci pakaian  yang  berenda dan bordir menggunakan tangan, dengan adanya pengecualian.  Apabila label perawatan  pada  item mengatakan "Dry Clean Only"  atau "Dry Clean", bawalah ke pembersih  pakaian yang  terkemuka dan minta lah agar  mereka menutupi hiasan pakaian menggunakan foil atau kain. Dengan cara tersebut maka pakaian tersebut tidak akan rusak sebab pelarut kimia yang dipakai pada proses dry cleaning.

5 . Apapun yang ada noda mudah terbakar

Sebaiknya kamu jauhkan apapun yang mempunyai noda yang gampang untuk terbakar dari mesin cuci  ka mu, seperti noda o li, bensin, pengencer cat,   minyak goreng, dan alkohol.

Namun , dalam hal ini, pengering merupakan musuh sebenarnya. Karena p anas   yang tinggi dari pengering dapat mengakibatkan pakaian jadi terbakar dan dapat memicu  terjadinya   sebuah ledakan.  R esidu yang gampang terbakar juga bisa menumpuk pada mesin cuci  ka mu .

Atasi noda yang gampang terbakar dengan cara membersihkannya menggunakan tangan dengan penghilang noda yang berbasis pelarut, dan biarkan selama 10 menit.

Apabila bau noda sudah mereda, kamu bisa  mencucinya menggunakan merek mesin cuci terbaik di tahap ini, selama kamu mencuci sendiri guna menghindari risiko terjadinya noda berpindah.

Gantung kering setelahnya . Apabila bau noda yang gampang terbakar tidak  bisa  hilang, kamu bisa  mencuci nya   menggunakan tangan dengan air  yang  panas dan detegen yang cair.   Air  yang  panas akan membantu membuat noda  hilang , setelah itu kamu bisa menggantungnya sampai kering.

6. Apapun yang berbahan beludru, wol, atau kasmir

Kain lembut dan alami tidak cocok dengan gerakan mesin cuci yang abrasif.   Hal itu karena bisa mengakibatkan terlihat melar, kusut, atau  bahkan  berubah bentuk hanya dengan satu kali pencucian.

itulah beberapa bahan yang tidak boleh kamu masukkan ke dalam merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :