Cara Memperpanjang Usia Pakai Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah

Jumat 30-08-2024,08:16 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Adanya merek m esin cuci terbaik sangat membantu banyak ibu  rumah tangga  di dunia.  Sebab, sekarang untuk mencuci pakaian yang kotor yang menumpuk tidak  perlu capek me ngucek satu  per satu  lagi.

Kamu bisa masukkan seluruh pakaian  yang  kotor di  dalam  keranjang cucian kemudian biarkan merek mesin cuci terbaik bekerja untuk menghilangkan kotoran dan baunya.

Meskipun  memudahkan, tetapi penggunaan merek mesin cuci terbaik juga perlu diperhatikan.  Dibutuhkan perawatan dan proses pembersihan yang tepat apbila kamu ingin usi pakainya lebih lama.

Salah satu di bagian merek mesin cuci terbaik yang tidak boleh terlewat yaitu di bagian tabung, karena pada bagian ini selalu langsung bersentuhan dengan pakaian.  Maka , penting untuk selalu memastikan  kondisinya bersih ter bebas dari kuman sekaligus agar awet.

BACA JUGA : Tips Hemat Air Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tepat

Berikut c ara merawat mesin cuci untuk memperpanjang u sia p akai nya :

1 . Pastikan Pembuangan Air Lancar

P astikan juga pembuangan air nya lancar agar tidak mempengaruhi proses pencucian.  P embuangan air yang bebas sumbatan dapat membantu mesin cuci supaya bisa bekerja dengan optimal.

Salah satu hal yang sering memicu terjadinya sumbatan  yaitu  bulu-bulu hewan yang menempel di pakaian lalu tertinggal di dalam tabung  mesin cuci .   Tentu saja hal itu akan membuat kinerja mesin cuci jadi sangat terhambat dan juga tabung jadi kotor.

2 . Selalu Bilas Tabung Usai Mencuci

Setiap kali mesin cuci digunakan, tentu saja akan ada noda atau sisa kotoran akan tertinggal atau mengendap di mesin cuci  yang berasal dari pakaian.

Apabila hal itu dibiarkan secara terus menerus, maka dapat menimbulkan penumpukan noda yang semakin banyak, bahkan dapat memicu tumbuhnya kuman dan bakteri di dalamnya.

Maka dari itu , penting bagi kamu untuk melakukan pembersihan dengan rutin setelah digunakan.  B ilas tabung mesin cuci setiap selesai digunakan.

BACA JUGA : Penggunaan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Merusak Pakaian

BACA JUGA : Tips Mencuci Baju pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Bersih Dan Wangi

Caranya kamu  hanya perlu memasukkan air yang bersih ke dalam tabung, kemudian lanjut untuk mengatur  meisn cuci   pada mode cleaning.   Cara ini dapat membuat sisa kotoran dan detergen bisa terbilas hingga bersih tanpa khawatir ada yang masih tersisa.

3 . Gunakan Deterjen Dengan Tepat

Pemakaian deterjen ternyata bisa berpengaruh di kondisi tabung dan mesin cuci  ka mu.   Pastikan kamu tidak menggunakan deterjen   berlebihan karena dapat memicu pengendapan sisa residu di dalam  mesin cuci  dan membua tnya  jadi kotor.

Hal ini dapat membuat tabung mesin cuci jadi apek, keadaan ini juga daapt mempengaruhi  hasil cuci an  pakaian yang tidak menutup kemungkinan akan jadi apek juga.   Sisa sabun yang melekat di tabung dan tersangkut di bagian filter dapat memicu timbulnya kuman dan bakteri.

Selain memakai deterjen dengan takaran yang tepat, pastikan kamu juga p ilih detergen yang mempunyai bau yang harum, gampang larut, dan cocok digunakan pada jenis mesin cuci yang kamu pakai .

BACA JUGA : Tips Mencegah Tikus Masuk Ke Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

4 . Lap lalu Keringkan Mesin Cuci bagian dalam

Selain rajin melakukan p embersihan usai digunakan agar terbebas dari sisa endapan kotoran, kamu juga harus menjaga tabung mesin cuci agar kondisinya tetap kering.

Ketika  tidak dipakai usahakan mesin cuci keadaannya tetap kering untuk menghindari dari kelembapan dan b ebas risiko tumbuhnya jamur.

Kamu bisa  gunakan  kain lembut untuk mengelapnya secara menyeluruh.  B iarkan di bagian atas mesin cuci agar tetap terbuka sehingga proses pengeringan  bisa lebih cepat .

5 . Hindari Pembersihan Barang yang Berbahan Karet

Mesin pengering akan menghasilkan uap yang dikhawatirkan dapat merusak dan melelehkan barang ber bahan karet , seperti sepatu kets.   Selain itu, pastikan tidak terdapat bagian yang terbuat dari bahan plastik karena dapat meleleh.  Karena lelehan ini dapat merusak merek mesin cuci  terbaik .

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Mengatasinya

6 . Pastikan Tidak Terdapat Logam atau Benda Keras Ketika Proses Pencucian

Ketika kamu mencuci pakaian, kadang kamu lupa untuk mengambil barang yang masih tertinggal di dalam saku pakaian , seperti  koin logam .   S ebaiknya  benda ini   dihindari dari mesin cuci agar tabung mesin cuci kamu tidak cepat rusak.

Benda yang cukup keras dapat merusak tabung mesin cuc i .  K amu dapat membersihkan pompa pembuangan apabila kamu memakai mesin cuci bukaan depan.   Bagian itu memang dibuat untuk menampung barang-barang ini.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat usia pakai merek mesin cuci terbaikmu lebih lama. Semoga bermanfaat.

Kategori :