Tips Hemat Air Dengan Merek Mesin Cuci Terbaik

Kamis 29-08-2024,11:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - D engan menggunakan merek mesin cuci terbaik tidak pasti akan membuat boros air dibanding kan dengan  mencuci menggunakan tanga n.  

Hal ini karena  cucian biasanya perlu semuanya terendam air saat dicuci dengan tangan, sedangkan dengan merek mesin cuci terbaik bukaan depan cucian nya  tidak perlu terendam sepenuhnya .

Teknik mencuci yang mengandalkan putaran dari tabung dan gravitasi adalah kelebihan dari menggunakan merek mesin cuci terbaik model bukaan depan.

Oleh sebab itu, merek mesin cuci terbaik bukaan depan dapat menghemat air mencapai separuh air yang diperlukan oleh mesin cuci model bukaan atas.

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Di Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tepat

BACA JUGA : Tips Memilih Deterjen Untuk Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Tepat

Sama seperti metode cuci menggunakan tangan, merek mesin cuci terbaik bukaan atas perlu merendam cucian semuanya sehingga akan mengonsumsi  air yang  lebih  banyak .

Pilih siklus pencucian sesuai dengan jumlah cucian dan gunakan detergen khusus merek mesin cuci  terbaik dengan takaran yang tepat guna menghindari busa  yang  berlebih an  sehingga kamu tidak perlu memakai fitur bilas ulang dan mesin cuci juga akan lebih awet.

Berikut ini t ips menghemat air ketika menggunakan mesin cuci   :

1.  Tunggu hingga mesin cuci penuh

Kumpulkan pakaian yang akan dicuci sampai memenuhi tabung mesin cuci. Apabila kamu memanfaatkan kapasitas mesin cuci secara maksimal,  maka   kamu tidak perlu lagi untuk membuang air yang dibutuhkan untuk satu siklus men cuci. Meski pun   demikian , jangan menjejali mesin cuci sampai melebihi kapasitasnya.

2.  Sesuaikan siklus cuci

Apabila terpaksa harus memakai mesin cuci sebelum tabung mesin cuci terisi penuh, sesuaikan siklus mencuci untuk separuh tabung atau siklus yang singkat untuk penghematan air.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Harga Rp2 Jutaan

BACA JUGA : Tips Mencegah Tikus Masuk Ke Merek Mesin Cuci Terbaik

3.  Gunakan detergen khusus untuk mesin cuci

D etergen untuk mesin cuci busanya lebih sedikit sehingga tidak harus dibilas secara berulang   dan kamu tidak perlu menambah siklus bilas ulang.   Dengan busa cucian yang lebih sedikit, maka akan membuat mesin cuci jadi lebih awet.

Pilih lah  detergen  yang  berkualitas yang dapat larut secara sempurna di berbagai macam keadaan air, entah itu air keras atau pun air lunak, serta dapat mengangkat kotoran dan noda dengan efisien . Ikuti takaran yang  sudah  dianjurkan guna menghindari adanya busa berlebih.

4.  Kucek noda bandel terlebih dulu

Apabil a kamu menemukan noda, segera kucek di bagian tersebut tanpa kamu tunggu sampai jadwal pencucian berikutnya. Perlu diingat kalau semakin lama noda pada pakaian dibiarkan, maka akan semakin sulit juga noda tersebut untuk dihilangkan.

Olesi di bagian pakaian yang bernoda menggunakan detergen cair, beri sedikit air, kemudian kucek atau sikat sampai noda nya  hilang.

K emudian kamu mencucinya dengan menggunakan mesin cuci bersama dengan cucian yang lain nya . S ebaiknya kamu tidak membiarkan pakaian yang kotor tertumpuk dalam keadaan lembap untuk mencegah terjadinya perkembangbiakan jamur  dan bakteri.

Dengan mengucek noda sebelum kamu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci ini juga  akan menghindarkan kamu dari mengulang siklus mencuci .

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaik Sudah Tidak Layak Pakai

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

5.  Pilih mesin cuci dengan efisiensi tinggi

Apabila kamu berkesempatan  untuk  membeli merek mesin cuci terbaik yang baru, pilih lah mesin cuci  yang paling efisien dalam penggunaan air dan listrik. Biasanya kamu bisa menjumpai peringkat pemakaian energi listrik dan air di label atau buku manual mesin cuci.

Mesin cuci mempunyai takaran air sesuai pilihan siklus mencuci dan muatan, sedangkan  apabila kamu  mencuci menggunakan tangan justru  kamu akan  cenderung memakai air yang lebih banyak sebab tidak terdapat takaran yang pasti.

Berikut ini  tips mengirit listrik saat kamu menggunakan mesin cuci yang pasti nya  mesin cuci akan sangat membantu kamu dalam menghemat waktu  dan tenaga .

1.   Jika memungkinkan kamu perlu penuhi idi mesin cuci dengan cucian sebelum  kamu  memulai siklus mencuci

2.  Pilih lah  siklus yang singkat apabila cucian  kamu  tidak banyak

BACA JUGA : Ciri-Ciri Merek Mesin Cuci Terbaikmu Sudah Konslet, Begini Cara Mengatasinya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

3.   Menggunakan detergen yang khusus mesin cuci

4.  Pilih lah  mesin cuci bukaan depan yang memiliki efisiensi  yang  tinggi

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghemat air saat kamu menggunakan merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :