Unit Outdoor Merek AC Terbaikmu Berisik Bergetar, Hal Berikut Bisa Jadi Penyebabnya

Senin 26-08-2024,07:15 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Unit outdoor AC biasanya ada penutup dibagian kipas. Karena biasanya bahannya dari plastik yang terkena panas dan hujan bisa saja garing. Apalagi jika sudah dipakai bertahun-tahun.

Nah, jika kipas tersebut sering dibuka tutup dan pemasangan tidak rapi atau mungkin karena umur sudah lama biasanya bisa mengakibatkan suara getaran.

Karena semburan angin dari fan atau kipas outdoor dan belum lagi getaran dari kompresor itu bisa membuat penutup dari kipas outdoor tersebut juga ikut bergetar dan menghasilkan suara berisik.

4. Pipa Kompresor Bersenggolan Dengan Body

Kamu perlu mengecek apakah ada pipa yang bersenggolan dengan body atau casing dari unit outdoor. Karena hal ini juga bisa menyebabkan suara berisik dan getaran pada unit outdoor AC.

Jika memang bersenggolan, kamu bisa berikan busa dibagian tengahnya atau bisa saja kamu rapikan supaya tidak bersenggolan antara pipa dengan body outdoor.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Dinginnya Lama, Mungkin Hal Berikut Jadi Penyebabnya

BACA JUGA : Mau Beli Merek AC Terbaik, Simak 5 Jenisnya Wajib Kamu Ketahui, Pilih dengan Tepat

5. Karet Dudukan Kompresor Sudah Lama

Penyebab lainnya yang bisa membuat outdoor merek AC terbaik berisik dan bergetar yaitu bisa saja karena karet dudukan kompresor yang usianya mungkin sudah lama.

Ketika kompresor bekerja dan berputar di dalamnya itu tidak bisa diredam dengan baik oleh kaki atau karet dudukan tersebut.

Untuk solusinya kamu bisa mengganti karet dudukan kompresor dengan yang baru. Akan lebih baik saat memasangnya kamu memanggil teknisi.

6. Bilah Kipas

Selanjutnya kamu perlu cek apakah salah satu dari sisi bilah dari kipas utuh tidak ada yang patah atau retak bahkan lepas. Karena yang namanya bilah kipas itu berputar dan putarannya harus seimbang.

Nah, misalkan ada ujung bagian dari bilah kipas tersebut ada yang retak bisa membuat putarannya tidak seimbang sehingga outdoor AC akan menimbulkan suara berisik dan juga getaran.

BACA JUGA : Ingin Membeli Merek AC Terbaik Baru, Simak Istilah Berikut Agar Tidak Salah

Kategori :