Begini Cara Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Jenis 2 Tabung, Dijamin Awet

Senin 26-08-2024,10:56 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Merek mesin cuci terbaik tipe 2 tabung masih menjadi favorit di kalangan masyarakat meski sudah ada tipe 1 tabung top loading yang lebih canggih.

Hal tersebut dikarenakan merek mesin cuci tipe 2 tabung menawarkan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan mesin cuci 1 tabung

Selain itu, konsumsi daya listrik merek mesin cuci tipe 2 tabung ini juga cenderung lebih hemat jika dibanding dengan tipe lainnya. Namun, agar unit mesin cuci 2 tabung ini lebih tahan lama harus dilakukan perawatan.

Lalu, bagaimana cara perawatan untuk merek mesin cuci terbaik tipe 2 tabung? Langsung saja cek tips merawat mesin cuci 2 tabung di bawah ini.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berjalan Sendiri

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Bau Tikus, Begini Cara Menghilangkan Baunya

Tempatkan Mesin Cuci 2 Tabung di Lantai yang Kering

Tips pertama agar mesin cuci 2 tabung lebih tahan lama adalah dengan menempatkan di lokasi yang tepat. Penempatan mesin cuci 2 tabung ini harus pada lokasi yang datar dan kering.

Mesin cuci sangat disarankan untuk tidak diletakkan pada kamar mandi, karena lantai kamar mandi sering. Dengan begitu bodinya akan tetao kering dan tidak mudah rusak.

Selain itu, meletakkan mesin cuci pada lantai yang kering juga menghindari terjadinya korsleting listrik. Pasalnya, jika terjadi korsleting listring sangat berbahaya dan bisa langsung merusak mesin cuci.

Bilas Mesin Cuci Tiap Selesai Mencuci

Saat proses mengeringkan cucian, biasanya tabung mulai mengering. Sering kali penggunanya langsung meninggalkan mesin cuci tanpa membilasnya lagi. 

BACA JUGA : Apa Yang Dimaksud Mode Soak Merek Mesin Cuci Terbaik, Simak Ulasan Lengkapnya

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Satu Arah

Walaupun terlihat bersih, tapi mungkin masih ada sisa detergen di dalam tabungnya. Karena itu, sebaiknya bilas mesin cuci setelah selesai mencuci. 

Cara membilas mesin cuci cukup dengan masukkan air ke dalam tabung cuci lalu putar kenop pencucian dan pilih waktu yang paling singkat.

Setelah itu, aktifkan mode pengeringan supaya airnya keluar. Membilas mesin cuci seperti ini juga dapat menjaga mesin cuci dari aroma tidak sedap.

Bersihkan Residu Detergen

Residu detergen yang bisa kita lihat adalah di tabung cuci dan tabung pengeringan, tapi sebenarnya residu detergen mungkin ada di komponen lain pada mesin cuci.

BACA JUGA : 5 Pilihan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Electrolux, Fiturnya Mudahkan Penggunanya

BACA JUGA : Arti Kode Eror Pada Merek Mesin Cuci Terbaik Electrolux dan Solusi Mengatasinya

Adanya sisa residu deterjen yabg menumpuk di dalam deterjen dapat mempengaruhi sistem kerja mesin cuci. Oleh karena itu, penggunanya harus teliti dalam membersihkannya.

Untuk membersihkan resdu deterjen ini, bisa dengan mengisi tabung dengan air putih dan tambahkan cuka lutih sebanyak 2-4 cangkir. Setelah itu, campurkan penggunanya dapat mengaktifkan mode pencucian.

Setelah selesai, keluarkan air dari tabung hingga tuntas dan benar-benar terbuang, jangan lupa lap tabung dengan lap yang kering dan bersih.

Cukup lakukan selama 1 bulan sekali saja untuk menghilangkan residu detergen di seluruh komponen mesin cuci. Cara ini juga ampuh untuk membersihkan kerak di tabung cuci.

BACA JUGA : Trik Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar Agar Tidak Bergeser

BACA JUGA : Kelebihan dan Kekurangan Merek Mesin Cuci Terbaik Electrolux

Cek Selang & Kabel Mesin Cuci

Selain kondisi tabung, Anda juga harus mengecek selang dan kabel mesing cuci. Pastikan kedua komponen tersebut dalam kondisi yabg baik dan aman ketika di pakai.

Pertama, kabel merek mesin cuci terbaik hatus dalam keadaan lurus dan tidam terlilit ketika dipakai atau disimpan. Kebel yabg terlilit ini bisa merusak produk mesn cuci.

Selain itu, ketika menggunakan mesin cuci sebaiknya kabel tidak sampai terkena air. Selain menyebabkan korsleting, kabel yang terendam air juga membahayakan pengguna mesin cuci. 

Selang mesin cuci juga tidak boleh luput dadi pengecekan.  Selama proses mencuci, selang bisa terkena dan terendam air, tapi setelah dipakai sebaiknya selang disimpan dengan baik.

Pastika selang mesin cuci tidak tertindih, terlipat, atau menekuk yang dapat mengakibatkan selang mengalami kebocoran.

Lap Tabung Pengeringan 

Selain tabung cuci, tabung pengeringan juga perlu dibersihkan. Di dalam tabung pengeringan, mungkin saja ada air tersisa yang dapat menyebabkan kuman atau lumut tummbu di dalamnya.

Oleh karena itu, setelah mengeringkan pakaian di dalam tabung pegering Anda bisa mengelap dengan lap kering sampai bersih. Pastikan semua bagian benar-benar kering dan kemudian tutup tabung.

BACA JUGA : Penyebab Air Pembuangan Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Kecil

BACA JUGA : Bahaya Meletakkan Barang Di Atas Merek Mesin Cuci Terbaik

Pilih Deterjen yang Tepat

Pemilihan deterjen juga berpengaruh pada daya tahan mesin cuci 2 tabung. Di pasaran sekarang tersedia beragam varian deterjen yang bisa dipilih.

Pastikan Anda menggunakan verian deterjen top load khusus untuk merek mesin cuci terbaik tipe 2 tabung.

Selain itu, pilihlah detergen sesuai dengan kebutuhan, misalnya deterjen yang lembut agar tidak merusak pakaian dan material mesin cuci.

Hindari memilih detergen dengan bahan yang kasar dan berisiko merusak bahan pakaian atau material mesin cuci. 

Demikian tips merawat merek meisn cuci terbaik tipe 2 tabung. Semoga bermanfaat.

Kategori :