Tips Agar KPR 2024 Cepat Cair, Simak Ulasan Berikut

Minggu 25-08-2024,11:44 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Dalam pemilihan properti usahakan nasabah perlu memahami diri dalam kemampuan yang dipunya. Baik mulai dari dp atau uang muka pinjaman sampai cicilan bulanan yang akan ditangguhkan.

- Alokasikan anggaran yang ada dengan bijak

Waktu pengajuan pinjaman kpr perlu adanya pengalokasian keuangan yang benar. Sebab dengan keuangan yang bijak membantu nasabah dalam proses percepatan pinjaman. Tentunya perlu menyesuaikan diri dengan kemampuan uang muka yang disanggupi nasabah.


perlunya perhitungan yang tepat dalam pengajuan kpr-freepik-

BACA JUGA : Take Over KPR 2024, Berikut Cara Pengajuan Yang Tepat

BACA JUGA : Suku Bunga KPR 2024, Pahami Perbedaannya

Tahapan proses pengajuan kpr 2024 :

- Proses appraisal properti

Menjadi tahapan awal yang dilakukan dalam pengajuan kpr setelah berhasil dalam pengecekan SLIK OJK. Jika nama nasabah bersih dari daftar hitam, berikutnya bisa melakukan appraisal pada jaminan kpr yang diberikan.

- Kalkulasikan pendapatan dan penawaran

Dalam pengajuan perlu memperhatikan pendapatan diri dan juga pengeluaran yang ada. Termasuk dengan beban hutang lainnya yang perlu diperhatikan agar keuangan tetap aman.

Pada tahapan ini, bank akan melakukan kalkulasi berdasarkan data nasabah dan mengonfiirmasinya. Nasabah perlu tahu betul tentang rincian angsuran yang diberikan nantinya sesuai pemilihan tenor yang dipilih.

Hal ini perlu diperhatikan secara detail sebelum pinjaman dilakukan. Sebab, setelah persetujuan kpr terjadi, angka yang dipilih untuk cicilan tidak bisa di ubah lagi.

- Kpr sudah disetujui pihak bank

Jika semua proses sudah dilakukan sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Tahapan berikutnya adalah persetujuan dari pihak bank dengan pemberian surat persetujuan kredit ke nasabah.

Pada tahapan ini perlu adanya notaris dalam pengurusan semua berkas dalam persyaratan. Membuat perjanjian jadi semakin aman di atas hukum yang berlaku, legalnya pinjaman bisa dijaminkan.

Kategori :