Pelunasan KPR 2024 Lebih Cepat, Begini Cara Menghitungnya

Sabtu 24-08-2024,18:19 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Pelunasan kpr 2024 tidak sesuai perjanjian awal bisa mendapatkan tambahan biaya. Termasuk dengan pelunasan yang lebih awal atau dipercepat dari waktu yang seharusnya.

Dalam artikel milik Bank OCBC mengatakan beberapa biaya dalam pelunasan kpr 2024 pasti diperhitungkan. Beberapa hal juga perlu diperhatikan dan dipahami nasabah sebelum melakukan tanda tangan kontrak.

Biasanya dalam pelunasan kpr 2024 yang lebih cepat akan dikenakan penalti. Namun dengan penalty yang ada tetap terhitung menguntungkan dan jauh lebih hemat jika waktu pelunasan tepat.

Biaya yang diperlukan

- Biaya pelunasan yang lebih cepat

Dalam pelunasan yang lebih cepat di bank OCBC normalnya akan dikenai 5% sampai 7% penalty. Di mana biaya itu diambil dan dikalikan dari sisa tagihan yang ada.

BACA JUGA : KPR 2024 Pertama Kali Gak Usah Bingung, Begini Simulasi Pinjaman

BACA JUGA : KPR 2024 Joint Income Solusi Tepat Punya Rumah Bersama

- Ada denda keterlambatan

Termasuk dengan keterlambatan pembayaran angsuran bisa jadi terkena denda. Hal ini bergantung denagn nominal dan perjanjian yang ada waktu pengajuan.

- Biaya provinsi

Biasanya dalam pengajuan kredit sudah otomatis dilakukan pemotongan biaya provinsi dari angsuran. Untuk nominal beban yang ditanggung bergantung dengan plafon kredit, namun normalnya ada di 1% sampai 4%.

- Pembayaran biaya ansuransi

Ansuransi menjadi pilihan yang tidak wajib dalam pengajuan kpr. Tapi menjadi sangat berarti sebagai perlindungan diri di kemudian hari. Sebab semua orang tidak tahu risiko keuangan di hari yang akan datang.

- Biaya tahunan

Kategori :