Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Satu Arah

Jumat 23-08-2024,10:27 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - M erek m esin cuci  terbaik  yang berputar hanya satu arah kemungkinan karena sedang mengalami beberapa masalah teknis yang harus diperbaiki.

Apabila merek mesin cuci terbaik kamu hanya berputar satu arah, sebaiknya kamu periksa dan mengidentifikasi penyebab dari masalah tersebut.

Tetapi , apabila kamu tidak mempunyai pengetahuan atau pengalaman dalam hal perbaikan merek mesin cuci  terbaik , alangkah lebih baik kamu hubungi teknisi profesional.

Karena m encoba memperbaiki masalah pada merek mesin cuci terbaikmu ini tanpa pengetahuan yang cukup bisa memperburuk kerusakan atau bahkan membahayakan bagi keselamatan kamu .

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

Dengan  adanya  diagnosis yang tepat dan perbaikan yang efektif, merek mesin cuci terbaik kamu bisa berfungsi  kembali  dengan baik.

Meski penyebab pasti dapat bervariasi tergantung model dan merek dari mesin cuci, berikut ini merupakan  beberapa penyebab umum merek mesin cuci terbaik hanya berputar satu arah .

1 . Saklar Pintu Rusak

Beberapa mesin cuci sudah  dilengkapi saklar pintu yang bertugas menghentikan putaran drum ketika pintu dibuka.  Apabila saklar pintu rusak atau pun  terjebak, maka mesin cuci mungkin akan berputar hanya ke satu arah.   Pastikan kalau saklar pintu nya   dapat bekerja dengan normal dan tidak terdapat hambatan yang mengganggu nya .

2 . Kerusakan Motor

Motor bertugas  menggerakkan mesin cuci . Apabila  motor ber masalah, seperti kabel putus atau komponen rusak, dapat membuat mesin cuci berputar hanya dalam satu arah . Hal itu mungkin membutuhkan perbaikan atau mengganti  motor.

BACA JUGA : Tabung Merek Mesin Cuci Terbaik Bau, Begini Cara Menghilangkannya

BACA JUGA : Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Air Tidak Keluar, Begini Solusinya

3 . Sensor Overload atau Thermal Fuse

Beberapa mesin cuci mempunyai sensor overload atau thermal fuse yang fungsinya untuk melindungi motor dan komponen elektrik dari panas  yang  berlebih an .  Apabila sensor ini mengalami kerusakan atau terpicu, maka mesin cuci mungkin tidak akan bisa berfungsi dengan benar.

4 . Kerusakan Timer atau Kontrol Elektronik

Timer atau kontrol elektronik bertanggung jawab mengatur berbagai fungsi pada mesin cuci, termasuk mengatur arah putaran drum.  Apabila ada masalah di komponen ini, maka mesin cuci mungkin tidak bisa berputar ke arah yang berlawanan.  Cek apakah terdapat kerusakan fisik atau ada masalah pada kelistrikan di komponen ini.

5 . Kerusakan Clutch

Beberapa dari mesin cuci mempunyai kopling yang tugasnya mengatur putaran pada drum.  Apabila clutch rusak atau aus, maka dapat menyebabkan mesin cuci hanya bisa berputar  ke  satu arah.  Cek apakah terdapat tanda-tanda aus atau kerusakan clutch.

6 . Kerusakan Belt

Mesin cuci bisa memakai belt atau sabuk guna menghubungkan motor dengan drum yang berputar.  Apabila sabuk ini sudah longgar, putus  atau rusak , maka kemungkinan mesin cuci hanya akan berputar satu arah. Cek keadaan belt dan pastikan diletakkan dengan benar.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

BACA JUGA : Tips Dan Trik Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah Dan Efektif

7 . Kotoran atau Benda Asing

Kadang  kotoran, serpihan kain , ataupun benda asing bisa terjebak di dalam mesin cuci dan akan mengganggu mekanisme putaran drum.   Pastikan kamu bersihkan dan mengecek drum serta komponen  yang  lain nya   dengan teratur.

8 . Kerusakan Gearbox

Gearbox atau kotak gigi yang ada di dalam mesin cuci b ertugas mengatur arah putaran drum.  Apabila terdapat kerusakan gearbox, misal gigi   aus atau komponen rusak, maka mesin cuci mungkin akan berputar hanya satu arah.

9 . Masalah Elektrikal

Koneksi kabel yang  konsisinya sudah  longgar atau masalah pada listrik yang lainnya bisa berpengaruh pada fungsi mesin cuci.  Apabila komponen elektrikal sedang terganggu, maka mesin cuci kemungkinan tidak bisa berputar ke arah berlawanan.

10 . Permasalahan Mekanis Lainnya

Terdapat banyak komponen mekanis yang ada dalam mesin cuci yang bisa mempengaruhi putaran drum.   Kerusakan atau masalah mekanis yang lainnya seperti bantalan aus atau komponen terjebak bisa menjadi penyebab mesin cuci hanya bisa berputar ke satu arah.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Robek

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Itulah beberapa penyebab merek mesin cuci terbaik berputar satu arah. Semoga bermanfaat.

Kategori :