Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Berputar Tapi Air Tidak Keluar, Begini Solusinya

Kamis 22-08-2024,20:40 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - M erek m esin cuci terbaik menjadi salah satu alat elektronik dalam rumah tangga yang sangat membantu untuk mencuci pakaian kotor dengan efisien.

Tetapi , kadang- kadang kita mengalami  beberapa  masalah di mana merek mesin cuci terbaik berputar tetapi air tidak mau keluar.

Hal tersebut dapat menjadi sebuah situasi yang cukup membingungkan dan sangat mengganggu.  Sebab kita jadi tidak bisa melanjutkan proses pencucian dengan semestinya.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu ketahui  beberapa penyebab yang umum terjadi dan solusi yang dapat kamu coba  lakukan untuk mengatasinya .

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Air Panas

BACA JUGA : Tips Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Di Rumah Kecil Agar Terlihat Bersih Rapi

1. Saluran Pembuangan Tersumbat

Saluran pembuangan yang tersumbat merupakan salah satu hal yang jadi penyebab air tidak bisa keluar dari dalam mesin cuci.

Apabila saluran pembuangan  tersebut  tersumbat, maka air yang semestinya keluar dari mesin cuci tidak bisa mengalir secara lancar.

Hal itu bisa disebabkan oleh kotoran  yang menumpuk , serpihan kain, atau pun ada benda asing yang lainnya di dalam saluran  tersebut .

Cara mengatasinya : cek  saluran pembuangan dan bersihkan apabila terdapat penyumbatan.  Pakai sarung tangan karet dan tang untuk menghilangkan kotoran atau pun  benda asing yang kemungkinan ada dalam saluran.

Apabila  penyumbatan  di pipa terjadi lebih jauh, maka ke mungkin an kamu  perlu memakai alat pembersih khusus pipa atau  bisa juga   p anggil tukang ledeng untuk membantu melakukan pembersihan .

BACA JUGA : Cara Membersihkan Segel Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

BACA JUGA : Tanda-Tanda Merek Mesin Cuci Terbaik Harus Diganti

2. Filter Penyaring Tersumbat

Fileter p enyaring mesin cuci bertugas menangkap serpihan kecil  dan kotoran  yang terbawa ketika mencuci pakaian.

Apabila filter penyaring tersebut sudah tersumbat, maka akan membuat aliran air jadi terhambat dan tidak bisa keluar dengan lancar.

Cara mengatasinya : cek  filter penyaring dan bersihkan apabila ditemukan penyumbatan.   Biasanya, filter penyaring bisa ditemukan pada bagian belakang mesin cuci atau ada di dalam saluran pembuangan.   Lepas filter nya , lalu bersihkan  filter  dari kotoran, kemudian pasang lagi dengan tepat .

3. Pompa Air Rusak

Pompa air bertanggung jawab untuk memompa air keluar dari mesin.  Apabila kondisinya pompa air sedang rusak atau tidak bisa berfungsi dengan baik, maka air tidak akan bisa dikeluarkan meski mesin cuci bisa berputar.

Cara mengatasinya : cek pompa air dan cek apakah terdapat kerusakan atau  ada  tanda-tanda keausan.  Apabila  pompa air  mengalami ke rusak an ,  maka   harus kamu ganti dengan yang baru.

Kamu bisa menghubungi teknisi mesin cuci yang sudah berpengalaman atau menghubungi pusat layanan  yang  mesin cuci resmi untuk memperoleh bantuan  yang  lebih lanjut.

BACA JUGA : Trik Meletakkan Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar Agar Tidak Bergeser

BACA JUGA : Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung

4. Masalah Klep Pengisian

Klep pengisian merupakan bagian dari merek mesin cuci terbaik yang bertugas mengontrol aliran air yang masuk ke mesin.  Apabila klep pengisian tidak dapat berfungsi dengan baik, maka air tidak akan bisa keluar ketika mesin cuci berputar.

Cara menagtasinya : cek  klep pengisian dan pastikan bahwa tidak terdapat kerusakan atau pun  penyumbatan.  Apabila terdapat  masalah pada klep pengisian, maka kamu perlu menggantinya dengan klep baru.

Alangkah lebih baik , kamu minta  bantuan teknisi mesin cuci yang telah berpengalaman atau bantuan dari pusat layanan resmi mesin cuci.

5. Masalah Timer atau Kontrol Elektronik

Komponen ini bertugas untuk mengatur berbagai macam fungsi dari merek mesin cuci  terbaik , termasuk juga aliran air.  Apabila terdapat kerusakan timer atau kontrol elektronik, maka aliran air bisa terganggu.

Cara mengatasinya : Apabila kamu  mencurigai ada nya  masalah pada timer atau kontrol elektronik, lebih baik kamu segera hubungi teknisi mesin cuci yang berpengalaman untuk mengecek dan memperbaikinya.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Body Merek Mesin Cuci Terbaik Yang kusam Dengan Bahan Alami

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Karet Pintu Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Robek

Selain beberapa penyebab yang disebutkan di atas, masalah ini juga bisa disebabkan oleh  beberapa faktor  yang  lain dianataranya seperti :

- Masalah pada katup air

- Masalah  pada listrik

- K omponen yang lain  dalam  mesin cuci  mengalami kerusakan

Kalau kamu  tidak yakin dengan penyebab dari masalah  ini , maka lebih baik kamu konsultasikan pada teknisi berpengalaman.

Untuk mengatasi masalah pengering mesin cuci yang berputar namun air tidak keluar, penting bagi kamu untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin pada mesin cuci.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Dari Kotoran

BACA JUGA : Cara Mengecek Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

Bersihkan filter dengan teratur, jangan sampai kamu memasukkan benda   asing ke mesin cuci, dan perhatikan adanya tanda-tanda kerusakan komponen utama.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik berputar tapi air tidak keluar. Semoga bermanfaat.

Kategori :