Tips Memilih Merek Kulkas Terbaik

Kamis 22-08-2024,12:15 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Merek kulkas terbaik adalah salah satu barang elektronik penting yang biasa ada di dapur  rumah . Dengan  adanya  kulkas, berbagai bahan makanan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama dan awet sebab kesegarannya  terjaga .

Tetapi disamping fungsi utama dan teknologi yang dipakai , memilih merek kulkas terbaik juga perlu memperhatikan   efisien pemakaian energi listrik.

Ada  banyak pilihan merk kulkas terbaik yang dilengkapi dengan fitur-fitur serta berbagai macam keunggulan yang ada di pasaran.

Dengan banyaknya pilihan,   memilih merek kulkas terbaik yang tepat dapat menjadi hal yang cukup sulit . Banyak  hal  yang perlu dipertimbangkan, seperti   teknologi, harga,   material, kapasitas, fitur dan keunggulan yang lainnya .

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Listrik Langsung Jeglek Saat Merek Kulkas Terbaik Dinyalakan, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Tanda-Tanda Thermostat Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasannya Disini

Tips dan trik m emilih merek k ulkas  terbaik :

1 . Fitur dan Fungsi

Hal i ni bisa termasuk juga beberapa fitu r seperti dispenser es  dan air , suhu yang bisa diatur secara manual untuk  di  bagian freezer  kulkas  dan pendingin, rak yang bisa disesuaikan, sistem pencahayaan pada interior dan beberapa f itur tambahan  yang  lain yang mungkin ada di kulkas.

2 . Ukuran Ruangan dan Kapasitas

Pertimbangkan ruangan yang ada di dapur  rumah kamu   dan estimasi volume penyimpanan  bahan  makanan untuk menentukan kapasitas kulkas yang nantinya hendak dibeli.

Ukur ruangan dapur kamu secara cermat, mulai dari sisi peletakannya yang ideal dan lebar serta tinggi dari kulkas. Pertimbangkan juga apakah kamu perlu kulkas 2 pintu yang dilengkapi dengan freezer yang terpisah atau model  kulkas 1 pintu yang memiliki freezer yang menyatu dengan kompartemen.

3 . Desain

Meski sekunder, tetapi kamu perlu juga mempertimbangkan desain kulkas sesuai dengan selera  kamu  dan nilai estetik di dapur yang kamu miliki.

Alangkah baiknya kamu pilih bentuk, warna dan desain kulkas sesuai dengan dekorasi yang terdapat di dapur kamu . Hal itu guna menciptakan tampilan yang harmonis  dan serasi .

BACA JUGA : Panduan Memasang Kabel Kompresor Merek Kulkas Terbaik, Begini Caranya

BACA JUGA : Cara Membuang Air Di Belakang Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar

4 . Harga dan Anggaran

Tentukan juga anggaran sebelum kamu melakukan pembelian  kulkas . Cari merek kulkas terbaik  sesuai dengan dana yang sudah dianggarkan dan  sesuai  kebutuhan.

Perlu diingat bahwa harga  kulkas yang  murah mungkin terkesan menarik, tetapi penting bagi kamu untuk memperhatikan teknologi yang dipakai , garansi , fitur, dan material yang dipakai .

Jangan sampai sebab kamu memiliki niat berhemat dari sisi anggaran, tetapi justru  malah   menyebabkan kerugian karena beli kulkas yang tidak berkualitas.

5 . Efisiensi Energi

K onsumsi listrik kulkas cukup besar. Supaya tagihan listrik bisa tetap aman dalam jangka  waktu yang  panjang, penting bagi kamu untuk pilih kulkas yang hemat energi.

Biasanya ku lkas hemat energi ada label Energy Star pada pintu nya  yang menandakan kulkas itu sudah memenuhi standar efisiensi energi. M akin tinggi peringkat Energy Star, maka kulkas tersebut akan semakin efisien.

BACA JUGA : 4 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Kompresor Panas

BACA JUGA : Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

H ampir seluruh kulkas modern yang sudah dilengkapi dengan teknologi inverter yang jauh lebih efisien dibandingkan kulkas konvensional. Bahkan t eknologi inverter diklaim dapat menghemat listrik mencapai 46%.

Penghematan energi tersebut karena inverter mengatur kompresor supaya kondisinya selalu aktif dengan menyesuaikan kecepatan putaran supaya suhu kulkas  kondisinya bisa  tetap stabil.

B erbeda dengan kompresor konvensional yang masih memakai sistem on-off otomatis, sehingga daya yang diperlukan akan  lebih besar ketika kompresor   nyala  kembali .

6 . Kualitas dan Daya Tahan

Kualitas bahan material  dari kulkas juga  sangat penting untuk memastikan kulkas bisa bertahan dalam waktu yang lama. Kamu bisa cari di berbagai referensi, review atau pun  ulasan di Youtube untuk mencari merek yang terkenal karena kualitas, fitur sampai dengan kekuatannya.  P erhatikan juga garansi yang diberikan produsen untuk memastikan kulkas mempunyai jaminan terhadap potensi kerusakan .

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Ini Penyebabnya

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Banyak Mengeluarkan Air, Periksa Bagian Ini

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dijadikan panduan kamu dalam memilih merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat.

Kategori :