Pengajuan KPR Subsidi 2024, Perhatikan Untung Ruginya

Kamis 22-08-2024,10:42 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Keuntungan kpr subsidi

Dalam pengajuan rumah subsidi pastinya harga lebih terjangkau dan nyaman waktu cicilan. Harga rumah berkisar 160 juta sampai 230 jutaan, cicilan bulanan hanya berkisar 1.3 jutaan.

Selain itu tenor pinjaman lumayan lama sampai 30 tahun bagi PNS, dan orang biasa mencapai 20 tahun angsuran. Bagi PNS yang bisa mengajukan pinjaman maksimal gaji di angka 8 juta.

Keuntungan berikutnya adalah uang muka atau dp rumah yang relative rendah. Uang muka yang terjangkau, 1% dari plafon kredit, atrinya jika harga rumah 200 juta uang muka yang dibayarkan hanya 2 juta.


kpr subsidi sangat membantu rakyat-freepik-

Enaknya lagi dalam kpr subsidi sudah bebas PPN sesuai PMK no. 60 tahun 2023. Pembebasan PPN khusus rumah dengan harga 162 juta sampai 234 jutaan saja.

Dalam pembelian rumah dengan kpr subsidi usahakan beli dari developer terpercaya. Tujuannya biat kualitas bangunan propperti yang didapat tetap bagus. Walau harga lebih murah, tapi kenyamanan bangunan tetap terjaga dengan struktur yang kokoh dan lain sebagainya.

Bahkan waktu pengajuan kpr subsidi 2024 termasuk mudah dengan persyaratan yang ringan. Kalau penghasilan sesuai dengan ketentuan yang ada, sudah punya NPWP aktif.

Bisa buktikan dengan fotokopi SPT dan PPh waktu pengajuan. Diusahakan tambahkan keterangan kalau belum punya rumah pribadi san belum pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Kekurangan pengajuan kpr subsidi 2024

Rumah yang didapat dalam pengajuan kpr bersubsidi biasanya ada di daerah pinggiran. Sedikit jauh dari kota, mengingat harga tanah yang lebih miring jad masuk sesuai harga tanpa mengurangi kuaitas bangunan. 

Selain itu, bisanya luas rumah standar berkisar 60 sampai 200 meteran dengan bangunan 21 sampai 36 mete persegi. Ukutan ini terasuk ke dalam kategori hunian standar.

Daftar harga rumah subsidi 2024

Merangkum dari Rumah 123, harga rumah subsidi wilayah Jawa dan Sumatera berkisar 166 juta. Sedangkan daerah Kalimantan ada diangka 177 juta.

Ke arah Sulawesi harga dipatok 173 jutaan. Bagian Maluku sekitar ada diangka 185 jutaan. Dan untuk wilayah Papua dan sekitar harga kpr subsidi mencapai 240 jutaan.

BACA JUGA : Take Over KPR 2024, Berikut Cara Pengajuan Yang Tepat

Kategori :