KPR 2024 Pertama Kali Gak Usah Bingung, Begini Simulasi Pinjaman

Rabu 21-08-2024,10:28 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Dari sana akan terlihat jumlah angsuran per bulan untuk kpr selama tenor cicilan yang dipilih. Dalam total cicilan sudah termasuk dengan suku bunga dan pokok pinjaman.

BACA JUGA : Take Over KPR 2024, Berikut Cara Pengajuan Yang Tepat

BACA JUGA : Suku Bunga KPR 2024, Pahami Perbedaannya

Pengajuan suku bunga fixed

Adanya fluktuasi ekonomi bisa mempengaruhi ekonomi sampai cicilan yang berlangsung. Namun dengan menggunakan suku bunga fixed semua tetap aman dalam jangka waktu lama.

Jika pembelian properti dengan menggunakan suku bunga fixed senilai 300 juta dan bunga per bulan sebesar 5%. Dalam pinjaman selama 120 bulan atau 10 tahun angsuran, berikut perhitungannya.

Total angsuran yang perlu dibayarkan dalam sebulan sebesar 3.7 jutaan. Hal ini didapat dari cicilan pokok senilai 2.5 juta dan bunga 1.2 jutaan. Perhitungan cicilan pokok 300 juta : 120, dan suku bunga didapat dari 300 juta x 5% x 10 : 120.

Jadinya, untuk perngambilan kpr selama 10 tahun dengan nominal 300 juta. Artinya nasabah perlu menyisakan uang perbulan sebesar 3.7 jutaan selama 120 bulan.

Perhitungan suku bunga floating

Pada suku bunga floating akan mengikuti fulktuatif ekonomi yang ada. Bisa menjadi keuntungan jika bunga mengalami penurunan, tapi bisa juga menjadi kerugian. 

Jika perhitungan bunga fixed ditahun pertama sebesar 5%, dengan contoh pinjaman 300 juta. Artinya cicilan berkisar 3.7 jutaan dalam 1 tahun atau 12 bulan angsuran.

Namun pada tahun ke 2 bunga berubah menjadi 8%, angsuran ikut berubah menjadi 4.5 juta. Hal ini didapat dari pinjaman pokok senilai 2..5 juta, dan bunga sebesar 2 juta.

Cara perhitungan sama seperti suku bunga fixed, tapi pada bagian suku bunga angkanya diganti. Dan cicilan 4.5 juta hanya berlaku pada tahun ke dua, tahun tahun berikutnya sampai lunas mengikuti suku bunga yang ada.

Perhitungan suku bunga kpr capped rate

Menjadi keseimbangan dan stabilitas serta fleksibiliras untuk kpr floating rate. Mengikuti fluktuasi pasar, tapi juga ditentukan pihak bank. Jika pinjaman sama sebesar 300 juta dengan masa angsuran selama 10 tahun.

Artinya pada tahun pertama akan dikenakan 3.7 jutaan dengan suku bunga tetap sebesar 5%. Setelahnya tahun ke 2 bunga naik menjadi 12% dengan cicilan pokok tetap 2.5 juta.

Kategori :