Tips Menghemat Daya Listrik Merek Mesin Cuci Terbaik

Senin 19-08-2024,13:52 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Meski telah menjadi bagian di kehidupan sehari-hari, merek mesin cuci terbaik bisa mengkonsumsi  banyak daya listrik.

Pemakaian listrik se tiap merek mesin cuci terbaik berbeda -beda,  karena ada beberapa faktor seperti usia mesin cuci, ukuran mesin cuci, efisiensi  mesin cuci , dan pengaturan pencucian  pada mesin cuci .

M erek m esin cuci terbaik bisa mengkonsumsi 500  watt sampai 2500 watt untuk satu  kali  siklus pencucian.  Namun , pada umumnya listrik yang dipakai sebanyak 1000 watt setiap  kamu  mencuci.

Apabila kamu memakai merek mesin cuci terbaik 3 kali seminggu, maka mesin cuci kamu akan memakai 150 kWh per tahun.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik AQUA Front Loading

BACA JUGA : Perbedaan Merek Mesin Cuci Terbaik 1 dan 2 Tabung Beserta Tips Memilihnya

Rata-rata merek mesin cuci terbaik dirancang dengan menggunakan sirkuit 15Amp 120 Volt, atau dapat memakai listrik sampai 1800 watt.

Model merke mesin cuci yang lebih terbaru dan hemat energi akan jauh bisa lebih hemat dan hanya memakai 150 sampai 500 watt setiap kali kamu mencuci.

Berikut  tips menghemat daya listrik pada mesin cuci  :

1.  Mencuci dengan kapasitas yang Penuh

Mencuci pakaian di dalam mesin cuci dengan kapasitas yang penuh akan lebih meng hemat energi , hal itu   sebab mesin cuci akan mengkonsumsi jumlah watt yang sama untuk penggunaan yang penuh atau  juga  sebagian. M encuci dengan jumlah  yang  besar berarti kamu tidak perlu  terlalu  sering mencuci, sehingga  akan  lebih hemat energi.

Namun kamu  perlu berhati-hati , jangan p aksakan mesin cuci, karena bisa mengurangi efektivitas dan membuat mesin  cepat rusak . Baca lah  buku panduan agar kamu tahu  berat yang tepat untuk se tiap mode pencucian.

2.  Gunakan Jumlah Air Yang Tepat

J ika j umlah air terlalu banyak maka akan membuang energi, dan jika terlalu sedikit air juga akan membuat pencucian jadi tidak efektif.  P roduk merek mesin cuci terbaik otomatis banyak yang punya teknologi yang secara otomatis akan mengatur banyaknya air yang diperlukan sesuai jumlah cucian.

Apabila fitur tersebut tidak ada pada mesin cuci kamu , maka kamu harus tahu jumlah tepat untuk se tiap pencucian. P akaian seluruhnya harus dapat terbenam, namun tidak sampai membuang air  yang banyak .

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Mencuci Bantal di Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

3.  Gunakan Air yang Dingin

Memanaskan air menjadi salah satu bagian dari mencuci yang paling banyak  menggunakan listrik . Mencuci dengan air yang dingin bisa mengurangi pemakaian energi listrik sampai 90%. Air yang dingin lebih baik untuk merawat pakaian  kamu , terutama untuk menjaga kualitas dari warna  dan bahan .

Beberapa noda pada pakaian hanya bisa dibersihkan menggunakan air panas, jadi cek lagi panduan pencucian sebelum kamu mencuci. Apabila terdapat noda yang membandel, alangkah baiknya kamu bersihkan terlebih dahulu sebelum pakaian tersebut dicuci di dalam mesin cuci.

4.  Pilih Mode Eco

Apabila merek mesin cuci terbaikmu mempunyai pilihan mode eco , kamu bisa manfaatkan dengan baik, sebab mode pencucian ini dirancang untuk mengurangi pemakaian tenaga listrik.

M ode eco pada umumnya akan mencuci di suhu lebih rendah. Sehingga penggunaan listrik bisa berkurang sampai 50% dari mode pencucian biasa.

M ode eco juga membuat waktu pencucian jadi lebih pendek, sehingga waktu pemakaian mesin cuci lebih pendek  juga, itu berarti akan meng hemat konsumsi energi listrik.

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

Mode eco akan memaksimalkan proses pen cuci an  dan mengurangi lamanya waktu untuk berhenti sebelum mesin cuci berputar lagi .   Dengan memakai jumlah air  yang  sesuai dengan banyak nya  cucian dan mengurangi banyaknya jumlah bilasan, mode Eco akan memakai air yang lebih sedikit.

B eberapa mode eco sudah dilengkapi  dengan  teknologi sensor untuk mengetahui banyak nya jumlah  cucian dan untuk menyesuaikan siklus pencucian. Sehingga mesin kamu hanya akan memmakai jumlah air dan listrik yang diperlukan .

5.  Gunakan Putaran yang Tercepat

Putaran paling cepat bisa mengurangi air  yang  lebih banyak dari pakaian, sehingga  akan membuat  lebih cepat kering, dan hemat energi.

Telah banyak mesin cuci yang memiliki pengaturan putaran yang dapat dipilih, kamu juga dapat mengatur ini dengan manual sesuai pakaian yang akan di cuci.

Namun , kamu perlu berhati-hati  karena putaran yang cepat justru bisa merusak kain, terutama untuk pakaian yang memiliki bahan  yang  lembut.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

6.  Pilih Pencucian yang cepat

Mode ini dirancang untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk 1 kali proses pencucian. M ode ini dapat membantu kamu dalam menghemat biaya listrik.

Pencucian yang c epat artinya waktu men cuci akan lebih pendek dari biasanya. Artinya mesin cuci akan menyala  dengan  lebih pendek dan akan mengurangi  konsumsi  listrik. Serta bisa  mengurangi waktu pengeringan.

7.  Pilih mesin cuci yang efisien

Mesin cuci yang hemat energi dirancang  untuk mengkonsumsi listrik  dan air   lebih sedikit dibandingkan dengan mesin cuci model lama yang sejenis.

8.  Menjemur pakaian

Menjemur merupakan cara untuk mengeringkan pakaian yang paling meng hemat listrik. Jemur pakaian dengan cara dig antung di tiang jemuran untuk penghematan konsumsi  listrik.

Menjemur juga bisa menjaga kualitas  dari  pakaian, sebab mesin pengering dapat merusak kain. Oleh sebab itu, sebelum kamu menggunakan pengering, cek lagi pengaturan panas yang tepat untuk jenis dari kain pakaian  kamu .

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

9.  Tidak terlalu sering  mencuci

Tidak semua pakaian perlu dicuci  dengan  segera sesudah digunakan . Beberapa jenis pakaian sepeti jaket atau jeans bisa digunakan beberapa kali sebelum nantinya dicuci. Dengan lebih jarang  mencuci , kamu dapat  mengurangi banyaknya jumlah pakaian yang hendak dicuci dan bisa menghemat listrik.

Pisah   pakaian yang bersih untuk menghindari dari mencuci  pakaian  yang tidak pentung. S elalu memisahkan pakaian berdasarkan dengan jenis kain dan warna pakaian untuk memaksimalkan proses pencucian dan untu

Kategori :