Cara Membersihkan Karet Pintu Merek Mesin Terbaik Yang Kotor

Senin 19-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Membersihkan merek mesin cuci terbaik merupakan langkah  yang  penting untuk memastikan  kalau  mesin berfungsi dengan normal dan pakaian bisa dicuci dengan efisien.

Dengan melakukan pemeliharaan yang teratur  akan membuat merek mesin cuci terbaik kamu bisa bertahan lebih lama dan dapat bekerja secara efisien.  

Pakaian yang dicuci di dalam merek mesin cuci terbaik juga hasilnya akan lebih bersih dan ter bebas dari risiko kuman yang kemungkinan terakumulasi di dalam mesin  cuci .   Hal itu tidak hanya ada kaitan nya  dengan kebersihan, namun juga kesehatan bagi pengguna nya .

K aret pintu merek mesin cuci terbaik juga harus diperhatikan.   Coba kamu lihat di  dalam karet pintu mesin cuci  kamu , maka kamu akan menemukan kotoran  yang sudah menumpuk yang asalnya dari kotoran yang terakumulasi dari p akaian kotor yang kamu cuci .

BACA JUGA : Sebelum Membeli Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung, Perhatikan 4 Fitur Berikut

BACA JUGA : Pakaian Yang Tidak Boleh Dicuci Merek Mesin Cuci Terbaik

Untuk membersihkan karet pintu merek mesin cuci terbaik yang menumpukkan kotoran dan jamur ada beberapa opsi pembersihan. Karet pintu mesin cuci bisa dibersihkan tanpa perlus dilepas.

Berikut c ara m embersihkan k aret p intu m esin c uci  dengan 2 metode :

1 . Menggunakan pemutih

Memakai pemutih merupakan metode pembersihan yang lebih cepat.   Tidak perlu waktu  yang  lama untuk menghilangkan jamur, namun cara ini memerlukan lebih banyak usaha.

Apabila kamu hendak memakai pemutih untuk menghilangkan jamur yang ada pada  karet pintu mesin cuci model front loading, berikut ini beberapa langkah yang harus kamu ikuti :

- Pakai sarung tangan dan kacamata goggle. Campurkan 4 bagian air  dengan 1 bagian pemutih , misal 400 ml air  dan 100 ml pemutih .

- Masukkan campuran pemutih dengan air tersebut ke dalam botol semprot. Lalu s emprot kan   pada jamur yang menempel di karet pintu  mesin cuci kamu.  Biarkan dalam waktu selama 15 menit. Kikis jamur pakai kuas.

- Bilas karet pintu mesin cuci front loading menggunakan air. Kemudian kamu biarkan p intu nya terbuka sampai karet  pintunya   kering .

BACA JUGA : Bisa Dilakukan Sendiri, Berikut Cara Memperbaiki Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Bocor

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Mesin Cuci Terbaik AQUA Front Loading

2 . Menggunakan cuka

Metode ini cukup  sederhana dan aman digunakan untuk membasmi jamur, namun juga butuh waktu.  Ikuti langkah-langkah berikut  ini:

- Yang paling penting yaitu gunakan kacamata goggle  dan sarung tangan . Masukkan cuka ke botol semprot.

- Semprot  jamur yang ada pada karet pintu mesin cuci model bukaan depan dengan cuka dan biarkan selama 2 sampai 4 jam.

- Setelah itu , karet pintu mesin cuci dibilas dengan air. P intu mesin cuci dibiarkan terbuka dan karet pintu tersebut dibiarkan sampai mengering.

BACA JUGA : Cara Mengecek Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Mudah

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Terbaik, Hemat Dan Awet

Tips   menjaga mesin cuci agar tetap bersih :

Apabila mesin cuci punya kamu model bukaan atas  atau bukaan depan , cara  yang   paling mudah untuk mencegah bau yang busuk yaitu dengan membiarkan pintu nya  atau tutupnya terbuka dalam waktu beberapa jam sesudah kamu mencuci pakaian .

Hal itu akan memberikan waktu untuk kelembapan yang  masih  tertinggal di dalam nya  atau paking pintu agar mengering.  Karena kelembapan lebih suka bersarang di dalam laci detergen, tarik sedikit keluar laci detergen untuk mengeringkan noda yang basah yang masih tertinggal.

Alangkah baiknya , kamu keluarkan pakaian dari dalam mesin cuci sesegera mungkin sesudah siklus pencuian selesai.   Pakaian yang basah bisa memicu pertumbuhan lumut dan jamur jika  lingkungan tersebut lembap.  Sehingga mengeringkan pakaian dari dalam mesin cuci secara cepat bisa membantu mencegah munculnya bau.

Itulah beberapa cara karet pintu merek mesin cuci terbaik yang kondisinya sudah kotor. Semoga bermanfaat.

Kategori :