Merek AC Terbaik Rumahan Berapa Panjang Pipa Idealnya, Simak Penjelasannya

Senin 19-08-2024,11:04 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Karena fungsi dari pipa secara garis besar adalah untuk pendistribusian dari kondensor ke evaporator. Maka, perlu jarak minimal agar pendistribusiannya dapat dilakukan secara optimal sehingga menghasilkan udara dingin dengan baik.

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Tidak Dingin Maksimal, Simak Faktor Penyebabnya

BACA JUGA : Merek Mesin Cuci Terbaik Buat Pakaian Bau Apek Setelah Dicuci, Kenali Penyebabnya

Berapa Panjang Ideal Untuk Pipa AC Rumahan?

Idealnya, jarak untuk penempatan antar unit AC indoor dan outdoor minimal adalah 3 meter dengan maksimal kurang lebih 10 meter.

Kenapa Harus Ada Minimal Panjang Pipa AC?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pipa berfungsi sebagai jalur pendistribusian dan juga penghubung antara unit indoor AC dan unit outdoor AC.

Nah, jika pipa penghubung jaraknya terlalu dekat, maka bisa membuat freon mengalir jadi kurang lancar serta membuat sirkulasinya jadi kurang baik.

Sehingga bisa mempengaruhi kinerja merek AC terbaik untuk mendinginkan sebuah ruangan. Dan pada dasarnya, setiap AC sudah terisi freon dari pabriknya.

Dan juga biasanya unit AC dengan freon bawaan pabrik tersebut bisa untuk panjang pipa maksimal 5 sampai 10 meter. Hal ini tergantung dari AC-nya. Karena biasanya setiap merek AC bisa beda-beda.

Apa yang Terjadi Jika Memasang Pipa AC Terlalu Panjang?

1. Membuat Pendinginan Tidak Maksimal

Karena freon yang berperan mendinginkan ruangan harus melewati pipa, lalu pipa yang terlalu panjang meningkatkan hambatan aliran, sehingga freon butuh usaha lebih besar untuk bersirkulasi.

Akibatnya, ruangan jadi lebih lama dinginnya. Bahkan, bisa membuat AC tidak dingin sama sekali di dalam ruangan.

2. Kompresor AC Jadi Bekerja Ekstra

Kategori :