Suku Bunga KPR 2024, Pahami Perbedaannya

Minggu 18-08-2024,15:19 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Perhitungan dalam suku bunga flat berfokus pada pokok pnjaman dengan suku bunga per tahun dan juga lamanya kredit.

Rumusnya (pokok pinjaman awal x suku bunga pertahun x lamanya kredit) : jumlah bulan dalam jangka waktu kredit. Perincian lengkap ada di tabel berikut :


simulasi suku bunga flat-OJK-

BACA JUGA : Berikut Tips Jitu Tanda Pengajuan KPR 2024 Akan Lolos

BACA JUGA : Tahapan Lengkap Dan Proses Pengajuan KPR 2024

Suku bunga efektif

Menggunakan suku bunga efketif artinya suku bunga berubah bergantung dengan berkurangnya nominal pinjaman. Semakin kecil sisa pokok pinjaman, artinya semakin kecil pula suku bunga yang diberikan.

Dengan suku bunga efektif, dengan rumus perhitungan yang ada menggunakan sisa pokok pinjaman. Sisa pokok pinjaman x suku bunga dalam 1 tahun x (30:360).

Cicilan tetap sama, namun pengurangan hutang dan suku bunga yang akan berbeda. Dalam rincian lengkap perhitungan bisa dipelajari pada tabel berikut :


simulasi suku bunga efektif-OJK-

Suku bunga annuitas

Dalam suku bunga annuotas porsi pembayaran angsuran di awal akan berbeda dengan cicilan mendekati lunas. Hal itu terjadi karena ada perbedaan bunga dan juka pokok yang berkurang.

Sangat cocok digunakan dalam program perbankan yang perlu waktu jangka panjang. Bisa jadi pengambilan kredit investasi atau kpr dengan perhitungan yang lebih enak.

Perhitungan hampr mirip dengan suku bunga efektif, namun ada tambahan dari totalan angsuran. Perhitungannya angsuran pokok + angsuran buga atau pokok pinjaman x suku bunga tahunan : (1-1 : (1-bunga tahunan) x tempo pinjaman).

Perhitungan lengkap bisa dilihat dari tabel berikut :


simulasi suku bunga annuitas-OJK-

Kategori :