Tips Mencuci Baju Bayi di Merek Mesin Cuci Terbaik

Sabtu 17-08-2024,18:08 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Apabila  dahulu mencuci baju bayi tergolong rumit karena harus dilakukan dengan cara manual, saat ini ada merek mesin cuci terbaik yang senantiasa  membantu kamu dalam mencuci baju .

Beberapa orang   menganggap bahwa baju bayi tidak boleh dicuci menggunakan merek mesin cuci  terbaik  karena kehigienisan nya jadi  kurang terjaga.

Namun, ada juga orang yang berpendapat kalau baju bayi akan tetap aman jika dicuci dengan merek mesin cuci  terbaik . Mencuci baju bayi dengan mesin cuci akan sangat aman jika dilakukan dengan cara yang benar .

Perlu diingat kalau   keadaan kulit bayi  akan  lebih sensitif pada zat aditif berupa pewangi, pewarna, dan pembersih yang memiliki konsentrasi sangat kuat.

BACA JUGA : Tips Mencuci Tas pada Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Memasang Kapasitor Merek Mesin Cuci Terbaik Sendiri

Sehingga kamu  harus ekstra cermat saat mencuci baju bayi dalam merek mesin cuci terbaik untuk memastikan kalau hasil akhir  pencuciannya  benar-benar higienis.

Tips m encuci b aju b a yi   di m esin c uci  dengan efektif :

1.  Pisah baju yang terkena muntah an  atau kotora n

Baju bayi yang terkena kotoran  atau muntahan akan  berisiko memicu timbulnya mikroorganisme dan penyakit jika baju bayi dicuci bersama  dengan  baju  yang  lainnya. Jadi, sebaiknya kamu cuci baju yang terkena muntah atau pun  kotoran secara terpisah.

Jika kotoran yang menempel pada baju bayi sudah bersih, maka kamu baru   bisa mencampurkannya dengan baju  yang  lain yang akan dibersihkan di  dalam  mesin cuci.

2.  Cermati instruksi pencucian di label baj u

S etiap pakaian pasti dilengkapi dengan label yang isinya instruksi perawatan, termasuk juga pada baju bayi. Kamu harus mencermati instruksi tersebut supaya dapat mencuci baju dengan cara yang paling tepat.

Biasanya terdapat baju bayi yang tidak boleh dicuci menggunakan air hangat, tidak boleh disetrika, dan tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari  langsung . Kamu harus mem ahami setiap instruksi perawatan secara benar agar baju bayi jadi awet.

BACA JUGA : Cara Menyambung Selang Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Kurang Panjang

BACA JUGA : Tips Merendam Baju pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Apek

3.  Rendam baju yang terkena noda yang membandel

B aju bayi yang terkena noda yang membandel bisa direndam terlebih dahulu beberapa saat di air yang hangat yang memiliki suhu 300C sampai 400C yang sudah dicampur  dengan  sedikit detergen bayi.

Pemakaian air hangat tersebut fungsinya untuk membantu mengangkat kotoran yang ada di serat-serat kain agar noda  bisa  berangsur-angsur meng hilang. Jika proses perendaman telah selesai, kamu bisa melanjutkan proses pencucian seperti biasa nya .

4.  Gunakan detergen khusus untuk baju bayi

Produk detergen yang digunakan khusus  untuk mencuci  baju bayi diformulasikan khusus tanpa adanya zat aditif yang berlebihan dan memiliki sifat hypoallergenic atau tidak memicu alergi ,  sehingga aman untuk bayi.

Kamu  hanya perlu memakai detergen dengan takaran secukupnya agar baju bayi bisa bersih dan t id ak ada sisa   detergen yang tertinggal.

Sebaiknya p ilih lah  detergen yang cair sebab akan lebih cepat diserap oleh serat kain dan lebih mudah juga untuk dibersihkan daripada detergen  yang  bubuk.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

BACA JUGA : Cara Praktis Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Sitrun

5.  Jangan mencuci baju bayi bersama dengan baju orang dewasa

B aju orang dewasa biasanya jauh lebih kotor sehingga  akan   be risiko ter kontaminasi penyakit dan kotoran pada baju bayi se makin besar jika dicuci secara bersamaan.

B aju orang dewasa perlu detergen merek mesin cuci terbaik yang khusus yang memiliki kemampuan membersihkan   lebih maksimal dibandingkan d engan d etergen untuk baju bayi.

6.  B aju bayi dibilas sebanyak 2 kali

Pembilasan  adalah proses penting yang perlu perhatian ekstra saat kamu mencuci baju bayi dalam mesin cuci. Sebaiknya baju bayi dibilas 2 kali untuk memastikan bahwa sudah t id ak ada detergen yang masih tersisa yang menempel  di baju .

La kukan proses penjemuran dengan segera jika baju bayi telah selesai dibilas. Jangan sampai membiarkan  baju bayi yang masih lembap menumpuk dalam waktu yang sangat lama , karena hal itu malah akan berisiko mengakibatkan jamur  tumbuh .

BACA JUGA : 7 Kebiasaan Keliru Ketika Mencuci Pakaian pada Merek Mesin Cuci Terbaik

BACA JUGA : Cara Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Untuk Hasil Maksimal

7.  Menj emur baju bayi langsung di bawah sinar matahari

P aparan sinar matahari mampu membasmi mikroorganisme yang menyebabkan penyakit yang kemungkinan melekat di baju bayi yang kondisinya masih basah.

Jadi, sinar matahari  kamu manfaatkan dengan  semaksimal mungkin untuk menjemur baju bayi hingga kering apabila hal itu sejalan dengan instruksi perawatan yang ada di label baju.  Lalu , segera angkat baju bayi yang sudah kering agar tidak kotor lagi akibat dari polusi udara.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mencuci baju bayi di merek mesin cuci terbaik dengan efektif. Semoga bermanfaat.

Kategori :