Wisata Terbaru 2024 Susur Sungai Jadi Ajang Unjuk Adrenalin

Sabtu 17-08-2024,10:01 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com – Wisata terbaru 2024 tidak hanya sekadar pantai, danau, hutan, pegunungan saja. Masih ada pesona alam Indonesia yang patut dibanggakan yaitu sungai.

Sungai-sungai yang terserbar di seluruh penjuru Indonesia, punya daya tarik khas tersendiri. Wisata terbaru 2024 seperti susur sungai jadi salah satu pilihan alternatif untuk mengeksplor Indonesia.

Nah, dibawah ini ada beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 untuk susur sungai yang wajin dicoba ketika liburan. Let’s check this out!

Sungai Musi, Sumatra Selatan

Destinasi wisata terbaru 2024 susur sungai yang pertama adalah Sungai Musi di Sumatera Selatan. Panjang sungai ini mencapai 750 km yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu “ilir” di bagian utara dan "ulu" di bagian selatan.

BACA JUGA : Jadi Destinasi Wisata Terbaru 2024 Andalan Keluarga, Berikut Kebun Raya Indonesia

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Religi Paling Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Melalui wisata susur sungai, pengunjung bisa mencoba speed boat atau kapal ketek yang melayani berbagai destinasi di sepanjang Sungai Musi.

Berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi dengan speed boat, seperti ke Warung Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisional 16 Ilir, Kampung Kapitan, Masjid Ki Muara Ogan, hingga ke Pulau Kemarau.

Cukang Taneuh, Jawa Barat

Di Pulau Jawa sendiri, ada Cukang Taneuh yang ada di Jawa Barat untuk wisata susur sungai. Tempat ini merupakan destinasi andalan kebangaan Priangan Timur yang lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon.

Sungai ini bagaikan surge tersembunyi yang tergambar dalam dunia dongeng, sejuk dan hijaunya kedua tebing tinggi yang mengapit sungai jernih berwarna hijau tosca sangatlah menawan.

Pengunjung yang ingin melakukan susur sungai di Cukang Taneuh, bisa menggunakan perahu kayu atau biasa disebut  “ketinting”.

Jam Buka: Senin-Kamis 08.00 - 16.00 WIB, Jumat 13.00 - 16.00 WIB, Sabtu-Minggu 07.30 - 16.00 WIB

Alamat : Jalan Raya Cijulang, Dusun Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat.

BACA JUGA : Menantang, Wisata Terbaru 2024 Jelajah Goa Di Indonesia, Salah Satunya Goa Es Papua

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Religi Paling Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Sungai Maron, Jawa Timur

Objek wisata terbaru 2024 selanjutnya untuk susur sungai adalah Sungai Maron di Jawa Timur. Pengunjung yang ingin susur sungai di sini bisa langsung menyambangi jasa perahu dengan ditemani pemandu dengan perjalanan sejauh 4,5 km yang berdurasi sekitar 45 menit.

Suguhan pepohonan kelapa, jambu, serta air sungai yang hijau dapat menyejukkan mata. Selain itu, di Sungai Maron juga ada spot foto yang instagramable yaitu ayunan cinta.

Jam Buka : 07.00 - 17.00 WIB

Alamat : Dusun Maron, Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Sungai Ayung, Bali

Di Bali tidak hanya dikenal pantainya yang mempesona, ada satu sungai yang bisa disusuri, Sungai Ayung namanya.

Sungai Ayung memiliki panjang 62 km  dari area utara gunung hingga turun ke selat Badung di Sanur ini biasa menjadi lokasi favorit untuk arung jeram.

Wisatawan bisa mencoba wahana arung jeram untuk memacu adrenalin dengan trek panjang dan penuh rintangan tetapi tetap aman.

Sementara waktu tempuh untuk arung jeram di tempat wisata terbaru 2024 ini selama 2 jam sembari menikmati keindahan alam di Sungai Ayung.

Alamat : Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai terpanjang di Indonesia ada Sungai Kapuas yang panjangnya mencapai 1.143 km. Hulu sungai ini berada di Pegunungan Muller dan hilirnya berada di Selat Karimata.

BACA JUGA : Sederet Pilihan Destinasi Wisata Terbaru 2024 Ekstrem, Memacu Adrenalin di Indonesia

BACA JUGA : Pesona Wisata Terbaru 2024 Pantai Liang Maluku, Permata Tersembunyi di Indonesia Timur

Untuk menyusuri sungai terpanjang ini dengan segala keelokannya, wisatawan bisa menggunakan kapal wisata yang sudah disediakan.

Wisatawan yang ingin menaiki kapal wisata ini bisa langsung datang ke Taman Alun Kapuas. Sementara jam operasionalnya buka mulai dari pukul 6 pagi hingga 8 malam.

Demikian beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 untuk susur sungai dengan berbagi keelokannya.

Kategori :