Tips Merendam Baju pada Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Apek

Jumat 16-08-2024,17:58 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

diswayjogja.com - Cermati cara merendam baju dan pakaian, saat mencuci menggunakan merek mesin cuci terbaik. Sebab, k ebanyakan rumah tangga saat ini biasanya telah dilengkapi alat modern itu   untuk mempermudah proses mencuci pakaian. Tetapi  pada keadaan tertentu seperti pakaian  yang  terkena lumpur atau pun  kotoran yang sulit untuk dihilangkan.

M erendam baju di merek mesin cuci terbaik pada dasarnya diperbolehkan. Proses perendaman pakaian di mesin cuci dapat membantu merontokkan kotoran dan membuat proses pencucian  jadi lebih mudah . Apalagi  sekarang  beberapa mesin cuci terbaru telah dilengkapi opsi perendaman sebelum proses pencucian utama.

Tetapi kamu harus tetap memperhatikan waktu perendaman. Merendam pakaian dalam waktu yang terlalu lama akan menimbulkan masalah baru. Sehingga alangkah lebih baik kamu hindari hal tersebut .

Waktu perendaman pakaian di merek mesin cuci terbaik sebaiknya kamu sesuaikan dengan tingkat kekotoran pakaian dan jenis bahan pakaian yang kamu miliki, di 15 sampai 30 menit sebagai panduan yang umum.

BACA JUGA : Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung Terbaik, Hemat Dan Awet

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Bahan pakaian yang sensitif seperti sutra atau pun  wol mungkin tidak akan cocok untuk direndam dalam merek emsin cuci terbaik dengan waktu terlalu lama karena bisa merusak seratnya, sedangkan bahan pakaian yang lebih kuat seperti katun atau pun  polyester ke mungkin an   dapat direndam dalam waktu yang lebih lama.

Pastikan juga kamu baca label perawatan pakaian dan ikuti petunjuk pemakaian bahan kimia rendaman agar hasil nya  terbaik, serta lakukan percobaan kecil dahulu apabila kamu perlu tahu hasil yang nantinya akan diperoleh .

Akibat   m erendam b aju di m esin c uci t erlalu l ama  :

1 . Mesin cuci rentan  mengalami ke rusak an

2. Merusak bahan baju

3. Warna pakaian jadi lebih gampang luntur

4 . Menimbulkan bau apek

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung, Kinerja Optimal Dan Awet

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik LG

Tips m erendam pakaian di dalam m esin c uci agar t idak a pek  :

1. G unakan deterjen yang tepat

Pastikan deterjen yang kamu pilih cocok digunakan untuk jenis bahan pakaian yang akan kamu rendam. Misal, bahan yang sensitif seperti wol atau sutra membutuhkan deterjen yang lembut, sedangkan bahan yang lebih kuat seperti polyester  atau katun  bis a pakai deterjen yang lebih kuat.

Jangan lupa untuk memp erhatikan juga label perawatan di pakaian kamu untuk mengetahui instruksi pencucian dan jenis deterjen yang harus dipakai .

Hal itu akan membantu kamu dalam memilih deterjen yang sesuai dengan kebutuhan pakaian kamu , serta agar pakaian kamu tetap terawat dengan baik.

Selain itu, pastikan kamu gunakan deterjen yang efektif untuk menghilangkan noda, terutama apabila pakaian kamu punya noda yang sulit untuk dihilangkan.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Cepat Rusak, Berikut Tips Merawatnya Agar Awet

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Terus, Begini Cara Mengatasinya

2. Manfaatkan opsi perendaman dan fitur lain  di mesin cuci kamu

Arti soak di mesin cuci adalah perendaman, dimana saat kamu mengatur dengan pilihan ini maka mesin cuci kamu akan mengisi air, tabung akan bergerak sebentar untuk membuat deterjen  larut   lalu akan kembali diam untuk proses merendam selama waktu yang telah ditentukan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur lain yang ada di mesin cuci untuk memaksimalkan siklus perendaman.

3. Patuhi aturan umum waktu perendaman

Dengan mematuhi aturan umum waktu perendaman  akan membuat baju di mesin cuci kamu tetap wangi dan tidak timbul masalah di   kemudian hari.  Umumnya waktu proses perendaman sekitar 10 - 30 menit tergantung   tingkat kotor yang menempel dipakaian kamu dan jenis kain .

Jangan merendam lebih lama dari  waktu tersebut karena dapat membuat serat kain rusak, warna pakaian luntur, bau yang apek dan kerusakan mesin cuci apabila dilakukan terus menerus.

4. Segera selesaikan proses pencucian

Setelah waktu perendaman  sudah selesai,  segera buang air kemudian lanjutkan dengan proses pencucian sampai dengan tahap pengeringan pakaian.  Setelah itu, segera j emur pakaian agar pewangi yang terdapat pada deterjen dapat bekerja dengan maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam merendam baji di dalam merek mesin cuci terbaik agar tidak menimbulkan bau yang apek. Semoga bermanfaat!.

Kategori :