5 Objek Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul Tawarkan Spot Healing

Jumat 16-08-2024,07:07 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul, menjadi salah satu andalan di Yogyakarta. Sebab, selain dikenal dengan destinasi pantai pasir putih. Pemandangan laut dikelilingi tebing karang berbagai bentuk dan ukuran.

Bahkan saking cantiknya, wisata terbaru 2024 hampir semua pantai yang ada di Gunungkidul selalu dipadati oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Padahal, Gunungkidul tidak hanya menyimpan pesona pantainya yang elok saja, masih banyak destinasi wisata terbaru 2024 yang menyuguhkan keunikan tersendiri dan wajib dikunjungi saat berada di daerah ini.

Nah, oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata terbaru 2024 selain pantai yang ada di Gunungkidul. Let’s check this out!

BACA JUGA : Healing Sambil Glamping, Berikut Spot Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul

BACA JUGA : Jelajahi Keindahan Pantai: 6 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Gunungkidul

1. Telaga Jonge

Destinasi wisata pertama di Gunungkidul yang wajib disambangi adalah Telaga Jonge. Tempat wisata ini menyuguhkan suasana dan pemandangan yang asri dengan telaga yang berwarna kehijauan dikelelingi pepohonan yang rindang.

Saat berada di tempat ini, pengunjung tidak hanya duduk santai saja, tetapi juga bisa melakukan berbagai aktivitas. Misalnya seperti memancing atau mengelilingi telaga dengan perahu yang disewakan.

Telaga Jonge adalah salah satu wisata di Gunungkidul yang sarat akan legenda dan sejarah. Dulunya, Telaga Jonge ini merupakan tempat pelarian punggawa Kerajaan Majapahit, Ki Sidik, yang menyamar menjadi Kiai Jonge.

Kiai Jonge adalah sosok yang disegani oleh warga sekitar dan menghabiskan sisa hidupnya di tempat ini serta dimakamkan pula di tengah-tengah Telaga Jonge ini.

HTM: Gratis, retribusi parkir Rp 5.000
Lokasi: Telaga Jonge, Jelok, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.  

2. Pawon Purba

Destinasi wisata terbaru 2024 yang ada di Gunungkidul selanjutnya adalah Pawon Purba. Ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk Anda yang sedang berburu kuliner.

Saat berada di Pawon Purba, pengunjung bisa menikmati lanskap hamparawan sawah hijau dan Gunung Api Purba. Sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan, pengunjung juga bisa mencicipi beragam masakan tradisional khas Gunungkidul.

BACA JUGA : Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Populer Gunungkidul, Bisa Jelajahi Goa Hingga Pantai

BACA JUGA : Jelajahi Keindahan Jungwok Blue Ocean, Wisata Terbaru 2024 Ala Santorini di Gunungkidul Cek Lokasi dan HTM-nya

Berada di area persawahan, sangat memungkinkan pengunjung yang datang untuk mengeksplorasi lokasi yang ada di sekitarnya meskipun hanya sekadar berfoto untuk mengabadikan momen.

Tidak hanya menyajikan berbagai hidangan kuliner saja, Pawon Purba juga menyediakan fasilitas berupa homestay untuk yang ingin stay lebih lama di tempat ini.

Harga: mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 20.000
Lokasi: Nglanggeran Kulon, Desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Embung Nglanggeran

Selain dikenal dengan pantai berpasir putih, Gunungkidul juga dikenal dengan wisata perbukitan dan embung atau telaga buatannya. Sebut saja, Embung Nglanggeran yang dulu hanya digunakan untuk mengairi lahan persawahan miliki warga, saat ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Di tempat wisata yang satu ini, pengunjungi bisa duduk santai sambil memandangi panorama alam yang disuguhkan. Selain itu, pengunjung yang datang kesini juga bisa mengadakan camping bersama teman-teman.

Berada di atas bukit, menjadikannya suasana yang ada di sini memiliki udara sejuk. Embung Nglanggeran sendiri langsung berhadapan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran yang ditumbuhi dengan pepohonan rindang.

Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

BACA JUGA : Sayang Untuk Dilewatkan, Simak Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Pantai Watulawang di Gunungkidul Cek Infonya

4. Watu Paris

Rekomendasi wisata terbaru 2024 selanjutnya di Gunungkidul adalah Watu Paris. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan senja Pantai Parangtritis dengan ditemati berbagai menu makanan dan minuman.

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa menemukan banyak spot foto menarik dan pastinya instagramable. Selain spot foto yang menarik, di sini juga disediakan beberapa wahana permainan anak sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Beberapaa fasilitas lainnya yang tersedia di Watu Paris diantaranya area parkir yang luas, musala, restoran, toilet, meeting room, dan beragam area untuk bersantai.

HTM: Rp 10.000
Lokasi: Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

BACA JUGA : Surga Tersembunyi Gunungkidul, Wisata Terbaru 2024 Pantai Wediombo Dengan Pesona Laguna yang Memukau

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Kampung Flory: Pesona, Tiket Masuk, Fasilitas hingga Rute Perjalanan

5. Embung Batara Sriten

Tempat wisata terakhir yang ada di Gunungkidul adalah Embung Batara Sriten, yang merupakan telaga buatan tertinggi di Gunungkidul. Pasalnya, embung yang satu ini berada di perbukitan Baturagung Utara, tepatnya berada di ketinggian 950 mdpl.

Dengan ketinggian terssebut, membuat Embung Batara Sriten memiliki udara yang sejuk dan tenang. Untuk mencapai ke tempat wisata ini, pengunjung harus membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Wonosari dengan perjalanan yang cukup curam.

Meski harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan, semuanya akan terbayar dengan keindahan dan suasana asri. Bahkan, di tempat wisata ini pun pengunjung bisa camping bersama teman-teman.

Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 selain pantai yang bisa dikunjungi saat berada di Gunungkidul. Pesona yang ditawarkan objek wisata tersebut tidak kalah menarik dengan pantai pasir putihnya.

Kategori :