Jangan Penasaran Lagi, Begini Simulasi KPR Tapera 2024

Rabu 14-08-2024,08:19 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Pak Heru menegaskan jika nominal itu bukan jadi patokan utama, namun peserta tapera bisa lebih ringan dalam cicilan. Menggunakan bunga flat sebesar 5% dalam angsuran. 

Sudah jelas menggunakan program kpr Tapera 2024 jaduh lebih ringan. Tentunya dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

Dalam pengajuan, nasabah minimal sudah menabung dalam 1 tahun teakhir. Bisa menyisihkan dana setiap bulannya, dan merasakan mudahnya punya property dengan cicilan yang murah.

BACA JUGA : Simulasi KPR BCA Syariah 2024 Take Over Properti

Seperti ilustrasi pada cover foto pada artikel ini, jika rumah tapak senilai 175 juta dan uang muka 1%. Cicilan beban yang diberikan hanya 1.1 jutaan saja dengan waktu selama 20 tahun.

Jika digabungkan dengan beban iyuran tapera perbulan senilai 120 ribu untu penghasilan 4 juta. Maka nominal yang perlu disisihkan per bulanhanya 1.2 jutaan saja.

Jangan bandingkan dengan kpr komersil, sebab sudah jelas beda. Kpr komersil menggunakan bunga bisa lebih dari 10% atau bersifat floating menyesuaikan suku bunga yang ada.

Bahkan, dalam pinjaman jika sudah lunas selama 20 tahun nasabah bisa mendapatkan kembalian tabungan. Nasabah akan mendapatkan uang kembalian senilai 12.7 jutaan setelah rumah lunas.

Estimasi itu didapat dari 45 imbal hasil pada deposito bank Himbara untuk counter rate. Pak Heru memaparkan akan banyak manfaat dengan adanya program tapera, baik itu investasi diri dan rumah layak huni.

BACA JUGA : FLPP Merupakan Program Tapera Layaknya KPR Subsidi 2024

Adanya fasilitas program kpr Tapera 2024 memudahkan semua orang untuk punya rumah yang layak. Bunga cicilan yang lebih rendah dan menggunakan suku bunga tetap buat angsuran tidak memberatkan. (*)

Kategori :