Tahapan Lengkap Dan Proses Pengajuan KPR 2024

Selasa 13-08-2024,20:12 WIB
Reporter : Tri Diah Aprilia
Editor : Syamsul Falaq

Dalam pengajuan kpr 2024 nasabah perlu menyiapkan identitas diri dengan fotokopi ktp. Kalau saudah menikah bisa melampirkan fotokopi identitas pasangan dan juga fotokopi buku nikah.

Namun jika sudah tidak bersama bisa menyertakann akta cerai, atau fotokopi surat kematian. Selanjutnya harus ada fotokopi kartu keluarga terbaru dengan fotokopi NPWP yang aktif.

Dilengkapi sama foto berwarna untuk suami dan istri. Jika bekerja sebagai pegawai atau karyawan dibuktikan dengan slip gaji. Sedangkan bagi profesional atau wiraswasta melampirkan penghasilan selama 1 tahun terakhir.

Lanjut dengan fotokopi buku tabungan selama 3 bulan terakhir. Dan bisa memberikan surat keterangan kerja bagi pegawai atau karyawan. 

Sedangkan untuk profesional dan wiraswasta bisa melamprkan surat izin praktek atau surat izin usaha. Dalam pengajuan kpr 2024 perlu adanya fotokopi properti yang akan dijadikan jaminan.

BACA JUGA : Punya Rumah Mudah Dengan KPR Bank Jateng 2024

Pengecekan SLIK OJK

Tahapan berikutnya pihak bank akan cek riwayat kredit nasabah apakah baik secara finansial atau buruk. 

Ada appraisal bangunan

Jika lolos dalam tahapan SLIK OJK, selanjutnya ada wawancara lebih lanjut. Bertujuan sebagai pertimbangan pihak bank untuk tahapan berikutnya dan penyesuaian program.

Memikirkan kemampuan nasabah, nantinya pihak bank akan mengurus appraisal rumah. Kalau developer bekerja sama dengan pihak bank tidak akan dikenakan biaya, tapi kalau tidak maka akan dikenakan biaya appraisal.

Penerbitan surat penegasan persetujuan kredit

jika proses kalkulasi sudah selesai, berikutnya adalah tahapan surat penegasan persetujuan kredit atau yang dikenal dengan SP3K. Dengan adanya surat ini buat proses pengajuan jadi lebih mudah.

Selanjutnya biaya notaris, balik nama sertifikat, pajak, sampai akta pemberian hak tanggungan menjadi beban nasabah. Beberpa anggaran yang diperlukan untuk pembiayaan beberapa itu.

Persetujuan pinjaman

Berikutnya ada tanda tangan kontrak yang bisa dilakukan bersama pihak bank dan nasabah. Dalam kontrak ini bisa juga dengan akad untuk pengajuan dengan prinsip Syariah, seperti Bank Mega Syariah.

Kategori :