Cara Mengatasi Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar

Senin 12-08-2024,20:33 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek m esin cuci  terbaik   adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang sering digunakan  untuk memudahkan pekerjaan di dalam rumah .

Sehingga t idak jarang jika tiba-tiba merek mesin cuci  terbaik milik kamu terkadang  mengalami beberapa gangguan  yang ringan  ataupun berat .

Misalnya s eperti merek mesin cuci terbaik tidak bisa berputar atau mesin pengering pakaian tidak dapat berfungsi  dengan seharusnya .

Masalah pada merek mesin cuci terbaik yang tidak mau berputar  biasanya akan terjadi  karena  beberapa hal .   Berikut ini cara untuk mengatasi penyebab mesin cuci tidak berputar atau mesin cuci yang sering mengalami masalah.

BACA JUGA : Cara Praktis Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Menggunakan Sitrun

1.  Getaran Bising Pada Mesin Cuci

Getaran yang sering terjadi pada mesin cuci akan cukup mengganggu. Hal ini dapat terjadi dikarenakan posisi mesin cuci tidak sejajar sehingga mesin cuci   jadi tidak seimbang dan saat pencucian sering terjadi getaran yang menimbulkan suara bising.

Selain itu ,  muatan yang berlebihan  juga bisa membuat mesin cuci menimbulkan suara  yang  bising. Cara mengatasinya yaitu dengan   meletakkan mesin cuci di  permukaan yang datar dan atur volume pakaian yang hendak dicuci sehingga suara bising bisa hilang .

2.  Mesin Cuci Mati Total dan Tidak N yala

Pertama kamu harus  mengidentifikasi mesin cuci kamu apakah benar-benar tidak bisa dinyalakan . Terdapat  3 cara yang mudah yang dapat dilakukan, y aitu  dengan memeriksa aliran listrik di stop kontak, lalu periksa juga kabel power mesin cuci apakah sudah tersambung pada stop kontak dan pastikan tombol power telah diaktifkan sebelum kamu memakai mesin cuci.

3.  Suara Mesin Tidak Normal

Hal ini penyebabnya  mulai dari mesin cuci itu sendiri dan bisa juga karena  ada material lain yang tercampur dan mengakibatkan mesin cuci jadi mengeluarkan suara aneh. Kebiasaan menaruh barang seperti jam atau uang di kantong celana yang tertinggal juga bisa menjadi penyebab mesin cuci keluar suara aneh. Pastikan kamu cek semua kant o ng agar terhindari dari  barang lain selain baju  yang  ikut tercuci dalam mesin.

BACA JUGA : Tips Mencuci Celana Jeans Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Agar Tidak Mudah Lusuh

4.  Proses Pengeringan Bermasalah

Pada merek  mesin cuci terbaik 2 tabung, proses pencucian dan pengeringan  pada umumnya  terjadi di 2  tabung yang berbeda. Kerusakan yang terjadi pada tabung pengeringan lumayan sering terjadi. Cara mengetahuinya kamu bisa memeriksa fung s i tombol proses pengeringan apakah masih berfungsi atau tidak  berfungsi .

Jika mesin diisi terlalu penuh , maka m esin pengering tidak bisa berfungsi seperti biasanya , dan bisa menyebabkan tutup mesin cuci akan terbuka  sedikit .

Jadi, pastikan saat kamu hendak melakukan pengeringan baju   di dalam tabung  jangan sampai terisi terlalu penuh supaya bisa memutar secara sempurna.

Pastikan  juga  tutup tabung telah tertutup  dengan  rapat. Kalau tidak ditutup rapat , maka tabung mesin cuci tidak akan mampu untuk berputar.

5.  Mesin Cuci Tidak Berputar

Biasanya mesin cuci tidak akan beroperasi kecuali mesin cuci mempunyai air dengan ketinggian volume air tertentu. Pa stikan kamu perhatikan batas volume pengisian air,  agar  mesin cuci bisa dijalankan dengan maksimal.

Tetapi  perlu kamu ketahui, bahwa mesin cuci tidak berputar juga dapat disebabkan karena kerusakan dinamo mesin cuci. Biasanya kerusakan tersebut dikarenakan dinamo mesin cuci sudah kotor atau tersumbat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu lakukan pembersihan  pada  mesin cuci secara berkala.

BACA JUGA : Pembuangan Air Merek Mesin Cuci Terbaikmu Bermasalah, Mungkin Ini Penyebabnya

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah merek mesin cuci terbaik kamu yang tidak berputar, sehingga mesin cuci kamu bisa berfungsi kembali dengan baik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :