Pembuangan Air Merek Mesin Cuci Terbaikmu Bermasalah, Mungkin Ini Penyebabnya

Senin 12-08-2024,19:11 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Kegiatan mencuci pakaian akan terasa  lebih  ringan dan nyaman jika menggunakan merek mesin cuci  terbaik  yang handal dan berkualitas tinggi.

Tetapi , masalah pada merek mesin cuci terbaik bisa muncul kapan saja jika kamu tidak menggunakannya dengan cara yang tepat dan merawatnya dengan rutin.

Salah satu masalah yang dapat terjadi di merek mesin cuci terbaikmu yaitu pembuangan air pada mesin cuci yang tersumbat. Hal ini memang sering jadi salah satu masalah yang terjadi pada mesin cuci.

Kerusakan tersebut dapat mengganggu proses pencucian pakaian kamu bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap dari merek mesin cuci  terbaikmu .

BACA JUGA : 7 Tanda Merek Mesin Cuci Terbaikmu Rusak

Salah satu tanda bila  terjadi sebuah masalah di pembuangan air merek mesin cuci terbaik yaitu keluar air secara terus   menerus  dari mesin cuci .

Berikut penyebab pembuangan air mesin cuci mampet  :

1 . Distribusi cucian tidak merata

Apabila peletakkan pakaian yang akan kamu cuci di dalam tabung mesin cuci tidak merata,  maka akan membuat  mesin cuci jadi bergetar terlalu sering dan bisa mencegah putaran atau pengeringan berlangsung secara sempurna.

2 . K otoran menumpuk di  klep atau katup

katup atau klep yang terdapat di mesin cuci memiliki fungsi untuk menguras (drain). Oleh sebab itu, di bagian ini kebersihannya  harus selalu terjaga . Apabila ada tumpukan kotoran pada klep atau katup, maka pengurasan tidak dapat berlangsung dengan maksimal dan megakibatkan pembuangan air pada mesin cuci jadi mampet.

3 . Saringan kotoran mesin cuci rusak

Saringan ini memiliki fungsi menyaring kotoran yang ada ketika proses pencucian  berlangsung . Agar bisa berfungsi secara maksimal, kamu harus rajin membersihkan saringan mesin cuci . Jika saringan tidak pernah kamu bersihkan,  maka  kotoran dapat menumpuk dan mengakiabtkan air mampet.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

4 . Selang pembuangan tersumbat

Seiring berjalannya waktu, kotoran yang berasal dari pakaian dapat mengendap di dalam selang. Jika tidak dibersihkan, maka  akan membuat  selang pembuangan pada mesin cuci bisa tersumbat. Selain karena adanya kotoran, kebiasaan menggulung selang juga dapat mengakiabtkan pengeluaran air terhambat.

5 . Ada benda yang menyumbat saluran pembuangan

Sebelum kamu mencuci pakaian dengan merek mesin cuci  terbaik , pastikan tidak terdapat barang yang padat yang belum kamu keluarkan dari  dalam  saku, entah itu saku baju atau pun  saku celana. Barang  yang ukurannya kecil itu bisa membuat saluran pembuangan air  di  mesin cuci  tersumbat .

Berikut cara   m engatasi p embuangan a ir m esin c uci yang m ampet  :

1.   Segera cek jika kamu melihat air keluar dari saluran pembuangan cuma sedikit atau air yang keluar malah mengalir dari mesin cuci. T erlebih dahulu mem utus arus listrik yang menuju ke mesin cuci   demi keamanan.

2. Bersihkan katup  atau klep   pada mesin cuci secara berkala untuk menghindari  dari menumpuknya kotoran . Jika karet klep telah keras, sebaiknya kamu segera ganti yang baru. Hal tersebut penting untuk dilakukan supaya karet bisa menutup saluran air dengan baik.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Bahan Alami

3.   Mengganti per atau pegas klep yang telah berkarat atau  telah  rusak. Dengan demikian , fungsi dari per untuk menekan karet klep untuk menutup saluran air bisa tetap optimal.

4.   S aringan kotoran pada mesin cuci  dibersihkan   dengan rutin

5.  Pastikan pakaian yang hendak dicuci telah bebas dari  berbagai macam benda seperti  koin, struk,  tisu,   pulpen, dan benda kecil lainnya serta  benda  padat lainnya yang dapat berpotensi membuat saluran pembuangan mesin cuci  tersumbat .

6.   Apabila pakaian yang ingin dicuci terlalu kotor, alangkah lebih baik direndam terlebih dahulu untuk membuat kotorannya  terangkat . Sehingga , risiko penyumbatan akibat dari kotoran yang berasal dari pakaian dapat dikurangi.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Itulah beberapa penyebab pembuangan air pada merek emsin cuci terbaikmu bermasalah dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :