Jangan Keliru, Berikut Perbedaaan Penggunaan Merek Kulkas Terbaik Freezer VS Cold Storage

Selasa 13-08-2024,08:44 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Ketika akan menyimpan bahan makanan dan minuman agar tahan lebih lama, merek kulkas terbaik freezer dan cold storage adalah pilihan perangkat yang paling sering digunakan.

Akan tetapi, sebagian pengguna merek kulkas terbaik seringkali merasa kebingungan dengan kedua jenis lemari pendingin ini dan kapan sebaiknya digunakan.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman ke dalam salah satu dari kedua pilihan merek kulkas terbaik tersebut, ketahui apa yang menjadi perbedaan mendasar diantara keduanya dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Supaya tidak semakin penasaran dengan kedua jenis merek kulkas terbaik tersebut, yuk simak informasi selengkapnya dibawah ini.

BACA JUGA : Kenali Kelebihan Merek Kulkas Terbaik Smeg, Desain Retro Nan Stylish

Freezer

Jenis kulkas yang pertama adalah freezer, yang merupakan salah satu lemari pendingin untuk menyimpan bahan makanan dan minuman pada suhu yang rendah, biasanya dibawah 0 derajat Celcius.

Dengan suhu ini, dapat membekukan makanan dan minuman serta menghentikan petumbuhan bakteri. Hal ini memastikan bahan makanan tersebut dapat terjaga kesegarannya meski dalam waktu yang lama.

Umumnya, kulkas jenis freezer ini digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti daging, makanan beku, dan makanan siap saji. Dengan freezer, penggunanya tidak perlu khawatir akan kerusakan makanan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan freezer? Anda bisa menggunakan merek kulkas terbaik jenis ini ketika ingin mnyimpan bahan makanan dan minuman dalam jangka waktu yang lebih lama. Atau jika makanan tersebut memerlukan pembekuan untuk menjaga kualitasnya.

Misalnya, ketika kamu membeli daging atau ikan dalam jumlah besar, lebih baik segera membaginnya untuk digunakan di kemudian hari.

BACA JUGA : 5 Kelebihan Merek Kulkas Terbaik Inverter Buat Penyimpanan Makanan jadi Lebih Efisien

Selain itu, freezer juga dapat menyimpan makanan siap saji yang akan dibuat dalam jumlah besar. Dengan memasukkan makanan dalam wadah atau kantong yang sesuai, Anda bisa mengatur persediaan bahan makanan siap saji untuk beberapa minggu ke depan.

Dengan menggunakan freezer untuk menyimpan makanan siap saja, ini akan sangat membantu saat Anda yang memiliki jadwal padat dan malas memasak setiap hari.

Cold Storage

Sementara merek kulkas terbaik jenis cold storage dirancang khusus untuk menyimpan bahan makanan pada suhu rendah, berkisar di angka 0˚C-4 ˚C. Suhu ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan freezer tetapi cukup dingin untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Dengan rentang suhu tersebut sangat ideal untuk menjaga kesegaran buah, daging, dan produk susu lebih lama tanpa membekukannya. Selain itu, cold storage cocok untuk menyimpan saus dan minuman serta produk lain yang tidak memerlukan suhu sangat rendah.

BACA JUGA : Panduan Memasang Kabel Kompresor Merek Kulkas Terbaik, Begini Caranya

Lalu, kapan harus menggunakan cold storage? Jenis kulkas ini dapat digunakan ketika Anda ingin mempertahankan kesegarn makanan dalam jangka watku yang pendek.

Misalnya, Anda baru saja membeli produk segar dari pasar atau supermarket maka lebih baik langsung disimpan ke dalam cold storage agar tidak membusuk dengan cepat.

Tidak hanya itu, jenis kulkas ini juga berguna jika Anda ingin memperlambat proses pematangan pada bahan makanan, seperti buah-buahan atau sayuran.

Dengan suhu yang rendah dan stabil, cold storage akan membantu menjaga tekstur serta rasa buah dan sayuran lebih lama, membuatnya tetap segar dan lezat.

BACA JUGA : Kotor dan Ganggu Kesehatan, Simak Cara Bersihkan Merek Kulkas Terbaik dari Jamur

Nah, itulah tadi ulasan mengenai merek kulkas terbaik jenis freezer dan col storage. Keduanya memiliki peran dan kegunaannya masing-masing dalam hal menyimpan bahan makanan dan minuman. Dengan memahami perbedaan diantara keduanya, Anda bisa menggunakannya secara efektif. (*)

Kategori :