8 Penyebab Pengering Merek Mesin Cuci Terbaik Tidak Berputar, Begini Cara Mengatasinya

Senin 12-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Pengering merek mesin cuci terbaik yang tidak  bisa  berputar memang men jadi salah satu tanda dari mesin cuci yang sedang mengalami ke rusak an .

Tetapi apabila kamu  mengalami masalah pada pengering merek emsin cuci terbaik , kamu tidak perlu khawatir karena masalah itu masih dapat diperbaiki oleh  seorang  teknisi ahli yang tepat.

Sehingga penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai hal penyeba bnya supaya dapat menentukan cara  yang tepat untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik tidak berputar atau sebagai langkah dalam pencegahan nya .

Sebenarnya, kerusaka n pada pengering merek mesin cuci terbaik merupakan masalah yang umum terjadi pada mesin cuci 2 tabung. Sebelum kamu memahami cara memperbaikinya, cari tahu d ah ulu penyebabnya  berikut  ini .

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung dan 2 Tabung Agar Awet

Penyebab p engering m esin c uci t idak b erputar  :

1 . Dinamo mesin rusak

Cara mengatasinya yaitu dengan perbaiki atau ganti dinamo atau komponen pendukung yang rusak.  Sambungkan komponen kabel yang ada di sekitar dinamo yang putus  atau terpisah .

2 . Kabel putus

Biasanya  hal  ini sering terjadi dikarenakan gigitan tikus atau kebiasaan kamu menarik kabel secara kuat-kuat ketika kabel menempel pada stop kontak.

3 . Tali rem putus

Komponen rem memiliki fungsi untuk membuat dinamo berputar atau berhenti dengan konstan saat pintunya dibuka. Jika tali rem ter putus, maka dinamo akan membuat putaran pengering  mesin cuci   berhenti, akibatnya tidak dapat bekerja sama sekali.

4 . K omponen pegas timer  rusak

K erusakan yang terjadi pada pegas biasanya akibat dari kondisi nya yang sudah aus di karena kan  sudah lama dipakai atau ada gangguan serangga seperti   kecoa  dan semut .

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Rusak, Ini Penyebabnya

5 . Beban pakaian berlebihan

Sebaiknya kamu   c ari tahu kapasitas maksimal  dari mesin cuci   agar kamu dapat menggunakannya dengan optimal.

6 . Tenaga kapasitor melemah

T enaga kapasitor bisa  lemah karena seiring bertambahnya usia penggunaan merek mesin cuci  terbaik  yang bisa berimbas secara menyeluruh , termasuk juga pada rotasi pengeringnya.

7 . Door switch  (saklar pintu)

Saklar pintu atau door switch merupakan komponen yang paling rentan mengalami kerusakan saat terkena air.  Jika s ensor door switch  terkena air, maka akan membuatnya rusak dan membuat  pengering jadi gagal  untuk  berputar.

8 . Kapasitor terbakar

Cek kapasitor mesin cuci ,   apabila pengeringnya tidak mau berputar bisa berimbas pada kinerjanya  dan  bahkan bisa membuatnya tidak berfungsi. Biasanya kapasitor  akan  mengalami penurunan fungsi nya  seiring bertambahnya usia mesin cuci yang disertai juga dengan pemakaian pengering terus   menerus.

BACA JUGA : Cara Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Benar

Cara perbaiki p engering merek m esin c uci terbaik   t idak b erputar  :

1.  Matikan mesin cuci kemudian cabut kabel listriknya dari stop   kontak.

2.   taruh kain yang bertekstur lembut dan tebal di samping mesin cuci sebagai alas saat mesin tersebut direbahkan. Cek t iap komponen mesin cuci dengan cermat, seperti tali rem, kapasitor, dinamo, door switch, dan timer.

3.   Apabila  penyebab kerusakan  sudah ditemukan , kamu bisa segera ganti komponen pengering yang rusak denga n   yang baru.

4.  Sebelum menyelesaikan  proses perbaikan, bersihkan saluran pembuangan air d ulu. Lepas   pengunci di saluran pembuangan lalu tarik   selang karet pengering yang warna nya  hitam. Keluarkan seluruh kotoran yang menyumbat pada saluran tersebut. Apabila kondisi saluran pembuangan telah bersih, kamu sudah dapat memasangnya kembali.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengering merek mesin cuci terbaik tidak bisa berputar. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :