Tips Mencuci Baju Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Front Load

Sabtu 10-08-2024,18:33 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Beberapa tahun ini, pemakaiaan merek mesin cuci terbaik bukaan depan atau front load   semakin populer di Indonesia . Jenis dari mesin cuci ini tidak lagi identik dengan harga nya yang  selangit.

Selain harga nya  yang semakin bersahabat dan merek mesin cuci front load juga dilengkapi  dengan  banyak fitur yang canggih . Pada dasarnya  mencuci baju di mesin cuci jenis pintu buk a an depa n caranya sama dengan mesin cuci jenis lain nya .

Jika kamu  berencana pindah menggunakan merek mesin cuci terbaik  ke tipe front load dalam waktu  yang  dekat namun kamu masih ragu dengan cara penggunaannya, kamu tid ak perlu bingung apabila ingin menggunakannya.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh merek mesin cuci terbaik front load ini kemungkinan besar akan membuat kamu tergugah untuk memilikinya dan menggunakannya.

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Kelebihan m esin c uci f ront l oad   :

1 . Teknik pencucian lebih halus

Hal ini  karena drum  mesin cuci berputar secara vertikal. Kelebihan ini tentu akan cocok digunakan untuk membersihkan pakaian yang memiliki bahan  yang  lembut supaya tidak gampang rusak.

2 . Tidak memakan kapasitas ruangan yang berlebihan

Berbeda dengan mesin cuci jenis bukaan atas yang memerlukan kapasitas ruangan yang lebih besar, kamu dapat   meletakkan tipe front load pada tempat yang lebih sempit  sekalipun , bahkan  bisa juga diletakkan  di bawah rak gantung. Mencuci baju juga tergolong lebih praktis karena komponen pintunya ada di bagian depan.

3 . Hemat air dan energi

Jenis merek mesin cuci terbaik bukaan depan tidak mempunyai komponen agitator eksternal yang berguna untuk mengaduk pakaian yang dicuci, sehingga bisa  lebih meng hemat energi.

Lalu dari penggunaan air nya  juga bisa hemat sampai setengah dari jumlah total air dibandingkan denagn mesin cuci bukaan atas  atau top load.

4 . Penggunaan detergen lebih irit

Sama juga seperti pemakaian air dan energi, penggunaan detergennya umumnya  hanya setengah dari jenis mesin cuci top load.

Karena , memerlukan detergen khusus yang formulanya  lebih  hemat busa namun efisiensiny  akan  lebih tinggi dibandingkan dengan detergen biasa.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Berikut c ara m encuci b aju di m esin c uci b ukaan d epan  :

1. Letakkan di tempat yang tepat

Meletakkannya pada  tempat yang tepat   yaitu  dengan posisi  datar dengan tujuan supaya saluran pembuangan airnya tidak membuat bagian bawah mesin  tergenang air .

Jika terendam air atau diletakkan di posisi  yang  miring, maka dikhawatirkan  akan  lebih gampang rusak di bagian bawah  mesin cucinya .

Meski  hal itu   kesannya sepele,  tapi  hal detail pada proses instalasi ini penting dilakukan untuk mendukung kinerja dari mesin cuci  dan agar mesin cuci  lebih tahan lama.

2. Siapkan saluran air dan detergen khusus

Mesin cuci satu tabung  atau  front load memelrukan saluran air khusus sebab pada pengaturannya berlangsung dengan otomatis. Jadi, kamu wajib memastikannya sudah terhubung pada saluran air khusus.

Jangan lupa juga untuk s iapkan detergen yang khusus untuk tipe front load yang efektif untuk membersihkan baju hingga tuntas tanpa menghasilkan busa yang berlebihan.

BACA JUGA : Cara Mudah Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik

3. Perhatikan kapasitas

Usahakan  kamu  tidak memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci melebihi kapasitas nya   karena hal itu berisiko akan membuat hasil dari pencucian nya  kurang bersih dan mesin  juga akan  rentan rusak.

4. Pisah pakaian berdasarkan dengan jenis dan warnanya

Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya pakaian rusak atau pun  luntur. Misal, kamu p isahkan pakaian jadi beberapa kelompok, seperti pakaian putih,   pakaian batik, dan pakaian yang memiliki warna cerah atau pakaian  berbahan  sutra.

Dengan begitu , kamu bisa menentukan mode pencucian yang tepat supaya hasilnya bisa bersih  dengan  maksimal.

5. Lakukan proses pencucian hingga selesai

Jika seluruh  persiapan nya  sudah selesai , maka kamu tinggal p ilih mode pencucian dan tunggu proses tersebut hingga selesai.  Kamu juga dapat memanfaatkan mode perendaman otomatis jika pakaian yang dicuci sangat kotor.

Pastikan pintu  mesin cuci  sudah tertutup  dengan  sempurna agar tidak mengganggu tahapan  proses  pencucian.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Timer Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

Semua rangkaian proses pencucian sampai pengeringan harus berlangsung  dengan  sempurna sampai mesin berhenti dengan otomatis. Usahakan pintu mesin cuci tidak di buka dan dit utup  dengan sembarangan selama proses pencucian sedang berlangsung.

Itulah beberapa kelebihan dari mesin cuci front load dan tips yang bisa kamu lakukan untuk mencuci baju di merek mesin cuci terbaik front load (bukaan depan). Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :