Cara Mencuci Boneka Dalam Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Sabtu 10-08-2024,18:24 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Perlu kamu ketahui  bahwa mencuci boneka dapat dilakukan sendiri di rumah .  Jadi kamu t id ak perlu keluar biaya untuk membawa boneka   ke laundry. Yang terpenting kamu   paham cara mencuci boneka di dalam merek mesin cuci  terbaik , sehingga kebersihan boneka juga bisa terjaga.

Tetapi , terdapat hal yang harus kamu ingat juga , tidak semua boneka dapat dicuci sendiri, baik menggunakan tangan atau pun merek  mesin cuci  terbaik . Kamu perlu menge cek terlebih dahul u bahan dari boneka  yang akan dicuci .

Boneka yang  isinya  butiran -butiran  styrofoam  dan yang terbuat dari  wol   atau pun yang   ada kancing nya tidak dapat dicuci dalam merek mesin cuci terbaik . Begitu pula boneka yang sudah tua  atau sudah rapuh,  karena akan berisiko terjadi kerusakan .

Selain itu, boneka yang memiliki ukuran yang besar tentu tidak akan muat masuk ke dalam  merek mesin cuci  terbaik , sebaiknya boneka  yang  seperti ini dicuci di laundry saja. B oneka yang dapat dicuci di mesin cuci yaitu boneka yang empuk, seperti boneka beruang, kelinci dan lain nya .

BACA JUGA : Penyebab Merek Mesin Cuci Terbaik Nyetrum, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Berikut c ara aman untuk m encuci b oneka di m esin c uci  :

1.  Cek kondisi boneka

Pastikan boneka yang akan dicuci  kondisi nya  baik. Misal tidak terdapat bagian pada boneka yang sobek atau pun  jahitan nya  lepas. Apabila pada bagian boneka ada yang mengalami sobek atau jahitan  dari boneka ter lepas, maka   akan beresiko terjadi kerusakan apabila dimasukkan ke mesin cuci.

Untuk boneka dengan keadaan seperti itu, sebaiknya di perbaiki d ah ulu jahitannya atau serat yang lepas agar  boneka dalam keadaan yang benar-benar aman ketika dicuci.

2.  Bungkus boneka dengan kantong mesin cuci (laundry  atau washing bag)

Cara  ini bisa dilakukan untuk boneka apa pun sebagai perlindungan  yang  ekstra. Alternatif yang lain nya  dari kantong mesin cuci yaitu sarung bantal yang telah tak digunakan .

3.  Bungkus boneka dengan kain bekas

Langkah ini bisa dilakukan untuk boneka yang bulu nya terbuat dari sutera  atau benang . Pembungkusan ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi tekstur  dari  boneka.

Apabila  boneka sudah dilengkapi  dengan  atribut atau aksesoris, lebih baik dilepas d ah ulu sebelum dicuci. Setelah proses pencucian sudah selesai,  kamu bisa lepas kain pembungkus nya  dan menyikat boneka menggunakan sisir dalam keadaan boneka masih basah untuk mengembalikannya pada bentuk semula.

BACA JUGA : Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

4.  Atur mode pencucian dengan mode lembut

G unakan deterjen cair berkualitas ketika mencuci boneka dalam merek mesin cuci terbaik dengan pengaturan mode lembut atau delicate biasanya ditandai dengan logo baju bayi   atau handwash yang ditandai dengan logo tangan. Pakai air yang hangat atau air yang dingin dan jangan pakai air  yang  panas.

Setelah sudah  selesai  dicuci , boneka tidak harus dikeringkan dalam mesin pengering. Kamu hanya cukup men ekan atau mem eras secara lembut boneka dan keringkan menggunakan handuk. Kemudian , boneka dijemur di bawah sinar matahari langsung hingga boneka benar-benar kering.

Berikut tips menjaga boneka  agar  tetap bersih :

1.  Simpan boneka di dalam lemari

Terdapat 2  manfaat menyimpan boneka dalam lemari,  yaitu untuk  mencegah boneka  agar tidak gampang berdebu  dan meminimalis ir i dari boneka untuk disentuh orang lain yang kemungkinan tidak bersih.

2.  Cuci tangan sebelum menyentuh boneka

Ketika menyentuh boneka, terdapat risiko kotoran  yang berpindah  dari tangan ke boneka. Oleh sebab itu, usahakan kamu selalu cuci tangan tiap kali ingin menyentuh boneka untuk menghindari  risiko transfer nya  kotoran ke boneka.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Dinamo Merek Mesin Cuci Terbaik Lemah Dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara yang aman yang bisa kamu lakukan untuk mencuci boneka di dalam merek mesin cuci terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :