Jangan Asal-Asalan, Begini Cara Membawa Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Aman

Jumat 09-08-2024,18:47 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - M erek m esin cuci terbaik merupakan salah satu alat elektronik modern yang memiliki fungsi sangat penting dalam rumah tangga untuk mendukung aktivitas sehari-hari .

Merek mesin cuci terbaik memang harus dilakukan  perawatan   secara telaten supaya mesin cuci kamu bisa tahan lebih lama dan tidak gampang rusak.

Terdapat hal yang penting selain dari proses perawatan  merek mesin cuci  yang tidak boleh kamu remehkan saat menggunakan alat elektronik tersebut , yaitu cara yang tepat untuk membawa mesin cuci.

Membawa merek mesin cuci terbaik ternyata tidak boleh sembarangan karena bisa berisiko mengakibatkan kerusakan.  Maka dari itu, penting bagi kamu untuk tahu cara m embawa m esin c uci yang a man supaya tidak rusak.

BACA JUGA : Cara Mudah Membuang Air Merek Mesin Cuci Terbaik

B erikut cara  membawa m erek m esin cuci terbaik yang aman :

1.  Periksa bagian dalam mesin cuci

Kamu  wajib  p astikan jika laci detergen dan pelembut serta pada bagian filter kondisinya telah benar-benar bersih.  P intu mesin cuci biarkan terbuka selam a  24 jam agar bagian dalam  mesin cuci  kering secara sempurna.

Di  tahap an   ini , kamu harus harus tetap hati-hati supaya tidak terdapat  hewan kecil yang masuk dan terkurung di dalam mesin cuci.

2.  Lepaskan mesin cuci dari sumber air  dan stop kontak

Apabila di  dalam mesin cuci telah kering dengan sempurna, kamu dapat  melepas selang suplai air dan kabel mesin cuci dari stopkontak.

Jangan lupa letakkan kain yang sudah tidak terpakai di bawah sambungan antara sumber air dan selang mesin cuci   untuk menyerap sisa dari air  yang  bocor .

Kemudian , putar ulir sambungan selang searah dengan jarum jam agar cepat terpisah dari sumber air. Jangan lupa juga untuk melepas selang air buangan dengan perlahan.

BACA JUGA : Tips Mengatasi Timer Merek Mesin Cuci Terbaik Yang Rusak

3.  Amankan mesin cuci dengan pengikat yang kuat

Sediakan tali untuk mengikat selang air buangan , selang suplai air , kabel . Proses ini penting dilakukan supaya kamu dapat  mengangkut mesin cuci dengan mudah tanpa terganggu oleh kabel atau pun  selang yang tersangkut.

4.  Siapkan lakban untuk menutup pintu mesin cuci

P intu mesin cuci yang kondisinya dibiarkan   saja akan rentan untuk terbuka bahkan  bisa patah saat mesin cuci sedang dipindahkan. Oleh sebab itu, kamu harus s iapkan lakban untuk menutup pintu   mesin cuci dengan kuat.

Kamu juga dapat memakai lakban tersebut untuk menempelk a n suplai air,   kabel, dan selang air buangan ke bodi mesin cuci sebelum mesin cuci tersebut diangkat.

5.  Lapisi bodi mesin cuci dengan selimut

B odi mesin cuci saat akan dipindahkan jangan kamu abaikan . Lebih baik kamu sediakan selimut untuk membungkus bodi mesin cuci untuk meminimalisir  risiko kerusakan  akibat dari goresan atau pun  benturan.

BACA JUGA : 6 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik 1 Tabung Beserta Keunggulannya

6.  Angkat mesin cuci dengan hati-hati

Pada saat proses mesin cuci  siangkat,   memerlukan minimal 2 orang untuk meminimal isir terjadinya  risiko jatuh. M akin berat bobot dari mesin cuci, maka akan semakin banyak juga jumlah orang yang diperlukan untuk mengangkat  mesin cuci .

Orang  y ang mengangkat mesin cuci langkahnya harus perlaha n , khususnya ketika naik turun tangga atau pun  melewati jalanan  yang  menanjak dan menurun.

7.  Perhatikan rute perjalanan yang akan ditempu h

Jika merek mesin terbaik cuci  yang  akan dibawa menempuh jarak yang jauh dengan menggunakan kendaraan bermotor, berarti kamu perlu perhatikan rute yang nantinya akan dilewati.

Usahakan lewat jalanan yang mulus dan minim adanya polisi tidur untuk menjaga keadaan dari mesin cuci sampai tiba di lokasi tujuan.

8.  Tempatkan di tempat baru yang tepat

Menaruh mesin cuci  di tempat baru, lokasinya harus   kering, bersih, dan datar . Tempat untuk meletakkan mesin cuci yang miring atau basah akan berisiko mengganggu kinerja  dari  mesin cuci bahkan bisa menyebabkan terjadinya kerusakan  yang   lebih parah.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung dan Cara Menggunakannya

Berikut b eberapa h al yang harus kamu hindari saat   akan m embawa merek m esin c uci  terbaik :

1.  Mengangkut mesin cuci yang masih ada muatan cucian tanpa kamu bereskan terlebih dahulu. M esin cuci yang bobotnya sangat berat dan kondisi di  dalam mesin cuci yang lembap akan mengakibatkan proses pengangkutan jadi makin sulit.

2.  Mencabut kabel dan selang air di mesin cuci dengan kasar sampai menyebabkan kerusakan.

3. Membiarkan selang mesin cuci dan kabel menjuntai sehingga akan proses pengangkutan  akan sangat terganggu .

4.   Mesin cuci yang posisi   membawanya miring akan berpotensi merusak komponen di   dalam  mesin cuci .

5.  Mengabaikan terjadinya benturan dan goresan yang mengenai mesin cuci saat sedang dibawa. Jika   m esin cuci dibawa dengan cara yang kasar bisa berpotensi   membuat bodi nya rusak   dan juga   b isa  me rusak komponen yang lain pada  mesin cuci.

BACA JUGA : 7 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Untuk Usaha Laundry

6.   Memakai kendaraan bermotor roda 2 yang membuat  proses pengangkutan mesin cuci  sulit . Jika mesin cuci  kamu posisinya  di atas kendaraan tidak seimbang, tentu hal itu akan membuat  mesin cuci  berisiko jatuh.

Itulah beberapa cara yang aman yang bisa kamu lakukan dalam membawa merek mesin cuci terbaik dan hal-hal yang harus kamu hindari saat hendak membawa mesin cuci. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :