Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik 2 Tabung dan Cara Menggunakannya

Kamis 08-08-2024,19:50 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Masyarakat di negara Indonesia se makin mengandalkan teknologi untuk memudahkan dalam aktivitas nya  sehari-hari. Salah satu nya yaitu  penggunaan merek mesin cuci terbaik untuk mencuci pakaian sehari-hari.

M erek m esin cuci terbaik 2 tabung tentu masih banyak digemari berbagai kalangan masyarakat. Karena c ara penggunaan mesin cuci 2 tabung juga te rgolong mudah dan harga nya lebih terjangka u.

Jika kamu masih mencuci pakaian secara manual, kamu b elum terlambat untuk mengandalkan  merek  mesin cuci terbaik supaya aktivitas dalam rumah tangga  jadi  lebih ringan.

P enting bagi kamu untuk mem ahami cara menggunakan  merek  mesin cuci terbaik 2 tabung dengan  cermat agar kamu segera mahir dalam menggunakannya.

BACA JUGA : Cara Ampuh Membersihkan Merek Mesin Cuci Terbaik Dengan Benar

Berikut c ara mudah m enggunakan m esin c uci 2 t abung  :

- Pisah pakaian  yang kotor  sesuai   dengan jenis, warna, atau tingkat kotornya .

-  Masukkan pakaian yang kotor dalam tabung pencuci. Sambungkan  selang air yang salah satu ujungnya telah terhubung dengan keran pada lubang air. Hidupkan keran supaya air mengisi tabung pencuci. Tentukan kuantitas air sesuai dengan  jumlah pakaian yang  di cuci. M akin banyak atau m akin kotor pakaian yang dicuci, maka makin banyak juga air yang diperlukan .

-   Tuang  detergen secukupnya ke tabung pencuci kemudian tentukan durasi dari pencucian.

-   Apabila tabung pencuci telah berhenti berputar, kemudian kamu putar knop drain untuk membuang air cucian nya .

-   P roses pencucian tersebut kamu ulangi sebanyak 3 kali atau lebih. Cara untuk membilas pakaian  pada mesin cuci 2 tabung dilakukan se layaknya mencuci seperti biasa sampai air bilasan nya sudah  tidak berbusa.

-  Pindah cucian yang telah bersih ke tabung pengering kemudian putar knop spin timer untuk t entukan durasi pengeringan nya . Jika tabung pengering pada mesin cuci kamu mengeluarkan suara dan getaran  yang berlebihan, artinya kamu   harus perbaiki posisi cucian yang ada di dalam tabung tersebut. T abung pengering pada mesin cuci pastikan bahwa mengeluarkan suara dan getaran yang halus yang berarti menandakan bahwa proses pengeringan sedang b erlangsung  dengan  lancar.

BACA JUGA : 5 Tips Memilih Merek Mesin Cuci Terbaik Awet Dan Berkualitas

Berikut t ips m erawat merek m esin c uci terbaik 2 t abung  :

1 . Gunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas

Y ang sering membuat mesin cuci cepat rusak salah satunya yaitu penggunaan nya yang  melebihi kapasitas. Jangan isi mesin cuci terlalu penuh sehingga seluruh komponennya mesti bekerja  secara  ekstra keras untuk mencuci pakaian dan   mengeringkan nya .

Sebaiknnya kamu   k elompokkan cucian jadi beberapa bagian sehingga proses mencuci dapat dilakukan dengan bertahap. M esin cuci yang digunakan tidak melebihi kapasitas nya  akan membuat  mesin cuci lebih tahan lama dan tidak mudah untuk rusak.

2 . Taruh mesin cuci di tempat yang aman

Alangkah baiknya kamu taruh mesin cuci pada tempat yang posisinya datar, tidak terpapar sinar matahari secara langsung, dan tidak   dekat dengan elektronik yang lainnya.

Usahakan kamu ganjal di bagian kaki mesin cuci tanpa ter ganggu keseimbangannya.  Pada mesin cuci bagian bawah yang tidak kena air akan  jadi  lebih awet dan kinerja dari tiap komponennya juga selalu  prima.

BACA JUGA : Tips Menggunakan Merek Mesin Cuci Terbaik Masih Baru

3 . Bilas tabung pencuci dan pengering sesudah digunakan

Sisa kotoran dan busa yang ada pada tabung mesin cuci bisa berisiko merusak mesin cuci jika hal itu dibiarkan   saja. Jadi, sebaiknya kamu selalu   bilas tabung pencuci dan pengering nya   setelah dipakai .

Siram   air secukupnya untuk menghilangka kotoran dan busa yang masih nempel di bagian dalam tabung. Lalu , lap tabung dengan memakai kain lap microfiber yang bersih supaya kering.

4 . Pilih jenis detergen yang tepat

D etergen yang digunakan untuk mesin cuci tentunya berbeda  dengan detergen yang digunakan untuk men cuci pakaian menggunakan tangan.

Detergen khusus mesin cuci bukaan atas diformulasikan dengan kandungan busa yang sedikit, sehingga tidak akan berisiko membuat  mesin  rusak .

Sebaiknya kamu pakai detergen khusus  untuk  mesin cuci agar hasil pencucian bisa bersih dengan maksimal sekaligus aman untuk mesin cuci.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Mesin Cuci Terbaik Bukaan Depan

5 . Tentukan takaran detergen secukupnya

M encuci dengan detergen yang berlebihan akan menyebabkan proses pembilasan berlangsung dengan lebih lama dan memerlukan lebih banyak air.

D etergen yang berlebihan juga akan berisiko menghasilkan busa yang terlalu banyak sehingga akan mengganggu kinerja dari mesin cuci.

Oleh sebab itu, kamu harus sesuaikan takaran detergen dengan jumlah pakaian dan tingkat kotor cucian yang akan dibersihkan.

6. Bersihkan filter dengan  rutin

F ilter pada mesin cuci adalah komponen yang gampang untuk dibongkar pasang sehingga dapat dibersihkan dengan rutin. U paya kan filter dicuci minimal 1 bulan 1 kali agar kinerja dari mesin cuci bisa tetap maksimal.

Caranya  membersihkannya yaitu lepas filter secara perlahan-lahan kemudian rendam di dalam campuran soda kue, air, dan sedikit detergen. Sika t   semua bagian filter dengan memakai sikat gigi bekas kemudian bilas hingga bersih. Kemudian , jemur   filter beberapa saat sampai kering sebelum kamu pasang kembali.

BACA JUGA : Penyebab Air Merek Mesin Cuci Terbaik Keluar Terus, Begini Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam merawat merek mesin cuci terbaik 2 tabung dan cara menggunakan mesin cuci 2 tabung dengan benar. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :